Preloader
Thumbnail Nubia Artikel

Simak Strategi Nubia, Brand Teknologi dari China yang Berhasil Meningkatkan Brand Awareness dan Engagement di Tengah Tantangan Persepsi dan Persaingan yang Kompetitif

Saat ini, penggunaan teknologi semakin mendominasi di berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan hingga strategi pemasaran produk atau bisnis. Menurut data statistik, tercatat bahwa 63.7 persen dari populasi global telah menggunakan media sosial dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan angka yang terus meningkat ini, apakah Anda masih ragu untuk mengoptimalkan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda?

Social media marketing adalah salah satu strategi dengan peluang besar untuk meningkatkan brand awareness, engagement, dan konversi penjualan. Nubia, sebagai perusahaan teknologi yang ekspansi bisnis di Indonesia, telah membuktikannya. 

Di tengah market yang kompetitif dan brand yang belum dikenal luas,  Nubia telah berhasil meningkatkan brand awareness sebesar xxx dan engagement rate sebesar xxx melalui optimalisasi social media

Artikel ini akan membahas keseluruhan strategi yang dilakukan oleh Nubia. Simak pembahasan lengkapnya untuk memperoleh insight yang bermanfaat dalam pengembangan bisnis maupun karier profesional Anda. 

Sekilas Tentang Nubia

Nubia adalah brand smartphone asal Tiongkok, China yang didirikan pada tahun 2012. Awal didirikan, Nubia fokus pada produksi perangkat premium dengan desain unik dan inovasi kamera yang canggih.

Brand Nubia mulai dikenal luas setelah memperkenalkan ponsel dengan fitur kamera profesional dan mode manual yang canggih, ini membuatnya menarik bagi user yang gemar fotografi. 

Nubia juga mulai memperkenalkan lini gaming, yaitu Nubia Red Magic yang dirancang untuk penggemar game mobile. Produk ini fokus memberikan performa tinggi dan fitur khusus gaming, seperti sistem cooling yang optimal. Ini yang membuat Nubia semakin populer di kalangan generasi muda terutama yang memiliki minat dalam game mobile. 

Secara keseluruhan, keunggulan utama Nubia terletak pada inovasi teknologi yang belum banyak diterapkan oleh brand lain, terutama di sektor gaming dan desain. 

Produk-produk Nubia ini dapat diakses melalui berbagai platform, seperti website, marketplace, dan jaringan retail Eraspace.

Business Challenges

Meskipun memiliki daya tarik tersendiri, namun popularitas Nubia masih belum sebesar brand global lainnya. Dalam ekspansi bisnis di Indonesia, Nubia menghadapi tantangan untuk unggul di tengah persaingan brand-brand yang kompetitif. Nubia belum dikenal luas di kalangan konsumen Indonesia sedangkan brand kompetitor telah lebih dulu menguasai pasar dan telah memiliki basis user yang kuat, strategi pemasaran yang efektif, reputasi baik, dan loyalitas pengguna yang tinggi.

Tidak hanya itu, sebagai brand dari China, Nubia menghadapi tantangan dari persepsi konsumen bahwa brand asal China sering kali dipandang sebagai produk yang affordable namun dengan kualitas yang standar. Nubia dihadapkan dengan pandangan “just another Chinese brand” yang sering kali dianggap hanya memiliki spesifikasi rata-rata dan harga terjangkau. 

Karenanya, untuk menghadapi tantangan ini, Nubia harus membuat strategi marketing yang efektif terutama untuk membangun brand awareness dan engagement serta mengedukasi pasar dan menunjukkan keunikan serta kualitas dari produknya. 

Untuk mencapai target yang diinginkan, Nubia memilih IDEOWORKS, marketing agency terbaik di Indonesia untuk membantu merancang strategi marketing yang efektif serta eksekusi yang optimal untuk mencapai target bisnis Nubia di Indonesia. 

What We Do

Analisis Target Audiens

Sebagai brand teknologi, adapun target audiens Nubia adalah generasi muda yang tertarik dengan teknologi, yaitu usia 18–35 tahun, baik seorang employee maupun entrepreneur yang ingin selalu up-to-date dalam tren teknologi dan lifestyle. Target audiens ini umumnya menyukai platform media sosial Instagram dan TikTok. 

Berdasarkan hasil riset, bagi target audiens ini, smartphone adalah bagian dari hidup mereka. Teknologi yang canggih dan fitur unggul adalah hal yang diinginkan audiens ini untuk mendukung aktivitas produktif maupun hiburan. Dengan memahami bahwa kualitas smartphone dapat memengaruhi keseharian pengguna, Nubia bertujuan memberikan produk yang bukan hanya sesuai tren tetapi juga andal dalam performa.

Dengan mengetahui preferensi dan kebutuhan audiens ini, IDEOWORKS membantu Nubia untuk merancang strategi yang relevan dan menarik bagi target audiens.

Analisis Kompetitor

Salah satu langkah penting yang dilakukan adalah analisis kompetitor, yaitu untuk memahami strategi dan kekuatan kompetitor serta posisi brand di pasar. Kompetitor utama Nubia di Indonesia adalah Infinix, OPPO, Vivo, dan Xiaomi. Brand-brand ini telah menggunakan Instagram dan TikTok secara optimal untuk menarik perhatian audiens dengan konten engaging serta membangun komunitas pengguna yang solid.

Kompetitor-kompetitor ini tidak hanya memanfaatkan media sosial tetapi juga memiliki jaringan distribusi dan layanan purna jual yang luas. Mereka berhasil membentuk persepsi positif di pasar sebagai brand yang berkualitas dan memiliki komunitas pengguna aktif.

Audit Channel

Sebelum membuat strategi campaign, perlu untuk mengaudit channel yang telah digunakan Nubia. Sejak ekspansi bisnisnya di Indonesia, Nubia telah menggunakan channel Instagram, Facebook, dan Linkedin untuk optimasi bisnisnya. Berdasarkan data September 2022 hingga Februari 2023, engagement rate Instagram Nubia tercatat sebesar 4,3%, dengan 20.893 interaksi dan total 4.183 pengikut.

Dari hasil audit ini, terlihat bahwa top konten Nubia didominasi oleh konten produk dan giveaway. Namun, ada peluang untuk memperkaya konten dengan strategi yang lebih menarik dan engaging serta edukasi produk agar lebih dekat dengan audiens.

Membangun Strategi komunikasi yang Kuat

Setelah menganalisis data di atas, selanjutnya bagaimana strategi komunikasi yang akan digunakan sehingga engage dengan target audiens? 

IDEOWORKS membantu Nubia membentuk persepsi baru di pasar Indonesia. Dari persepsi awal sebagai “brand China yang affordable,” menjadi “the innovative enabler,” yang berarti “penggerak inovasi” untuk audiensnya.

Strategi ini diwujudkan melalui campaign #ZtartNow, yang memiliki manifesto untuk menginspirasi dan mendukung target audiens dalam mewujudkan mimpi mereka. Campaign ini membawa pesan bahwa “Kita semua punya mimpi; menjadi kaya, fotografer, influencer, gamer profesional, atau pemimpin. Dalam mewujudkan mimpi ini target audiens dapat menggunakan produk teknologi canggih dari Nubia alat untuk mewujudkan tujuan dan ambisi mereka.

Lalu, Bagaimana Strateginya?

Setelah menganalisis keseluruhan data di atas, berikut strategi yang dilakukan IDEOWORKS untuk membantu Nubia mencapai tujuan bisnisnya : 

 

  1. Optimasi Media Sosial (Instagram, Facebook dan TikTok)

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun brand awareness, Nubia fokus mengoptimalkan Instagram, Facebook, dan TikTok. Media Sosial ini dipilih karena target audiens yang dituju populer dan dominan menggunakan sosial media tersebut. Strategi optimasi yang digunakan adalah strategi 4C, yaitu Create, Collab, Convert, dan Community.

  • Create: Pembuatan Konten yang Menarik dan Engaging

Nubia fokus membuat konten visual yang menarik baik dalam bentuk gambar maupun video. Konten ini dibuat sesuai dengan persona dan minat audiens. Dalam mengedukasi audiens, Nubia juga men-deliver konten yang memberikan informasi tentang produk (spesifikasi, fitur, dan keunggulan). Ini tepat untuk membangun persepsi baru tentang brand Nubia yang berkualitas.

Di sisi lain, Nubia juga tidak lupa mebangun brand trust dengan membagikan pengalaman audiens atau influencer yang telah menggunakan produk Nubia. 

Berikut konten yang telah di-deliver

Konten IG Nubia 2  Konten IG Nubia 1

  • Collab: Kolaborasi dengan Key Opinion Leaders (KOL)

KOL atau Key Opinion Leader adalah individu yang memiliki pengaruh besar dalam suatu komunitas atau industri tertentu dan dianggap sebagai ahli atau panutan dalam bidangnya. 

Kolaborasi dengan KOL merupakan salah satu strategi marketing yang  efektif untuk meningkatkan brand awareness dan membangun kredibilitas brand. Keberhasilan strategi ini dipengaruhi pada pemilihan KOL yang relevan dengan target audiens brand. Karenanya, sebelum berkolaborasi dengan KOL, brand harus melakukan riset mendalam audiens serta bagaimana KOL berinteraksi dengan audiensnya. 

Dalam hal ini, IDEOWORKS melakukan riset mendalam untuk menemukan KOL yang tepat untuk mendukung strategi marketing Nubia. Pertimbangan utama dalam memilih KOL untuk Nubia adalah memilih yang memiliki ketertarikan pada teknologi dan game mobile serta memiliki pengaruh yang signifikan di platform media sosial terutama Instagram dan TikTok. 

Berdasarkan hasil riset, KOL dari Bigetron Esport merupakan pilihan yang sesuai dengan preferensi target audiens Nubia. Umumnya, followers atau audiens Bigetron Esport didominasi generasi muda yang memiliki minat dengan game mobile. Bentuk dukungan yang diberikan Nubia kepada Bigetron Esport secara tidak langsung membangun citra Nubia sebagai brand dengan produk yang andal dalam mendukung game mobile

Konten IG Nubia 3 Konten IG Nubia 4

Selain itu, Nubia juga berkolaborasi dengan KOL lain yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi, khususnya smartphone. Nubia berkolaborasi dengan KOL jagat.review, Teddy Kho, Herry SW, Bangjoe Review, Bestindo Tech, Gonta Gani HP, DW Gadgets, Droitlime, K2Gadgets, Nyantech, M.A Tech, Teknozza, Gamebrott, Taufik Nobo, JKT Info, JKT Go, Volix, Pricebook_ID, dhiarcom, Kevin Luthfi, Sulaiman Ginting. Kolaborasi ini meningkatkan trust dan nilai lebih bagi Nubia karena pesan-pesan yang disampaikan oleh influencer cenderung lebih dipercaya oleh audiens.

Konten IG Nubia 5

  • Convert: Mendorong Konversi

Salah satu tujuan utama dari konten yang dipublish oleh Nubia adalah mendorong konversi, baik berupa peningkatan jumlah klik ke website Nubia maupun peningkatan jumlah followers serta engagement di media sosial. Konten yang dihasilkan tidak hanya sekadar menarik perhatian, tetapi juga dirancang secara strategis agar dapat membawa audiens untuk berinteraksi lebih dalam dengan brand. Setiap konten dilengkapi dengan call to action (CTA) yang jelas dan terarah. Dengan pendekatan ini, Nubia tidak hanya berfokus pada jumlah reach atau tayangan, tetapi juga pada bagaimana konten dapat berfungsi sebagai jembatan untuk mengubah audiens menjadi pengguna produk.

Konten IG Nubia 6

  • Community: Membangun Nubia Community

Nubia berkomitmen untuk membangun komunitas pengguna yang aktif dan saling terhubung. Komunitas ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi pengguna Nubia agar dapat berbagi pengalaman, tips, dan trik terkait penggunaan produk Nubia. Nubia Community bukan sekadar platform pemasaran, melainkan sebuah ekosistem yang mendukung pengguna untuk merasa terhubung satu sama lain. Dengan menyediakan ruang untuk diskusi dan interaksi yang konsisten, Nubia menciptakan suasana yang memungkinkan pengguna merasa dihargai dan diakui, bukan hanya sebagai konsumen, tetapi sebagai bagian dari sebuah komunitas yang memiliki visi yang sama.

Nubia Community menjadi bagian penting dalam strategi untuk mengoptimalkan loyalitas dan membangun interaksi berkelanjutan dengan pengguna.

Konten IG Nubia 7

  1. Digital Activation Support Product Launch

Digital Activation adalah strategi yang memanfaatkan berbagai platform digital untuk mendukung launching produk baru, dengan tujuan menarik perhatian dan interaksi dari target audiens.

Dalam hal ini, Nubia menggunakan social media untuk mempromosikan produk terbaru serta mengedukasi audiens mengenai fitur dan teknologi terbaru dari setiap produknya. Adapun strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan live streaming di Instagram dan Youtube.

Result 

Setelah merancang strategi dan mengoptimalkan eksekusi campaign, berikut hasil yang diperoleh :

  • Dengan optimasi media sosial, Nubia berhasil menjangkau audiens yang lebih luas dan berhasil membangun interaksi dengan audiens tersebut. Di Instagram, .followers Nubia mengalami peningkatan menjadi 26.7K dengan total impresi 6.7k dan engagement rate 2.77%. Sedangkan di Tiktok, IDEOWORKS berhasil mengoptimalkan dari 0 hingga 36.8K followers dengan total impresi 56k dan engagement rate 0,2%

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Nubia berhasil meningkatkan brand awareness dan engagement menggunakan media sosial. 

Ingin Ekspansi Bisnis di Market Indonesia? IDEOWORKS Siap Membantu Merancang Strategi yang Tepat Untuk Mencapai Target Bisnis Anda!

Kita sudah melihat bagaimana Nubia, brand teknologi smartphone dari Tiongkok China berhasil meningkatkan brand awareness dan engagement dengan media sosial.

Apakah Anda juga tertarik untuk ekspansi bisnis ke Indonesia namun belum memiliki strategi yang tepat? Atau apakah Anda sudah mulai ekspansi tapi belum mendapat hasil yang maksimal?

Jika Anda mengalami situasi tersebut silahkan berkonsultasi dengan kami, IDEOWORKS Agency. Mengapa IDEOWORKS pilihan yang tepat untuk Anda? Tentunya karena IDEOWORKS top marketing agency di Indonesia yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas di bidang marketing dan branding di Indonesia.

Dengan profesionalisme dan komitmen yang kuat, IDEOWORKS telah berhasil membantu berbagai klien dari perusahaan nasional dan multinasional untuk mencapai target bisnisnya di Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda di Indonesia, urusan strateginya percayakan pada IDEOWORKS. Silakan isi data berikut dan bersiaplah untuk berkonsultasi langsung dengan para ahli. 

Tags

Further Reading: