Dalam memasarkan bisnis, memiliki content marketing manager sangat penting. Sebab, bisnis butuh strategi content marketing yang tepat untuk maju. Content marketing sendiri bermanfaat membantu bisnis membangun kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan, serta meningkatkan konversi. Konten yang berkualitas akan sangat berdampak pada branding bisnis Anda secara keseluruhan.
Untuk membantu bisnis Anda berkembang lewat konten, Anda bisa mengandalkan jasa content marketing manager. Professional content marketing manager dapat mengambil langkah tepat untuk memasarkan bisnis Anda. Lantas, skill apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi content marketing manager yang ideal? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kenalan dulu dengan profesi manajer content marketing.
Apa itu content marketing manager?
Content marketing manager bertanggung jawab untuk mengembangkan, merencanakan, dan menerapkan strategi konten bisnis secara keseluruhan. Tanggung jawab utama content marketing manager adalah mengelola pembuatan dan produksi konten pemasaran online maupun offline. Berikut beberapa tugas yang diemban oleh content marketing manager:
- Memandu strategi pemasaran konten
- Memfasilitasi perencanaan konten yang sedang berlangsung
- Mengedit konten dan melakukan promosi
- Mengelola pembuatan konten sehari-hari
- Melaporkan hasil dari setiap inisiatif pemasaran konten
Skill apa saja yang harus dimiliki seorang content marketing manager?
Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, seorang content marketing manager dituntut memiliki beberapa skill, di antaranya:
1.Kemampuan riset yang mendalam
Skill pertama yang harus dimiliki seorang content marketing manager adalah kemampuan riset mendalam. Kini, bisnis bisa menentukan secara kuantitatif topik dan jenis konten seperti apa yang memberikan hasil terbaik. Berbekal kemampuan riset yang mendalam, content marketing manager bisa mengetahui jenis data yang harus dikumpulkan dan di mana menemukan jenis data tersebut.
Dengan menerapkan temuan yang diperoleh dari riset, bisnis secara efektif dan efisien dapat menghasilkan kampanye pemasaran konten berbasis data. Seorang content marketing manager juga harus tahu cara mempresentasikan hasil kampanye pemasaran konten kepada pengambil keputusan utama bisnis, tujuannya untuk menentukan langkah proaktif ke depannya.
2. Pemahaman mengenai sales funnel
Seorang content marketing manager harus familier dengan konsep sales funnel. Pada dasarnya, sales funnel mencakup semua strategi yang dijalankan sebelum seseorang menjadi pelanggan. Sales funnel fokus pada perjalanan pelanggan, mulai dari saat pelanggan pertama kali mengenal brand Anda, mengunjungi website bisnis Anda, hingga melakukan pembelian produk atau jasa.
Punya pemahaman mengenai sales funnel sangat penting karena berguna untuk memvisualisasikan perjalanan pelanggan. Kerangka kerja sales funnel berguna bagi content marketing manager untuk menganalisis bisnis dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.
3. Skill perencanaan yang detail
Skill perencanaan yang detail akan membantu content marketing manager dalam membuat strategi pemasaran konten terbaik. Berdasarkan keunikan branding, content marketing manager dapat mengetahui siapa target audiens bisnis dan menentukan jenis konten yang sesuai. Dengan skill ini, bisnis dapat membuat konten yang secara efektif menarik audiens.
4. Kemampuan menganalisis data
Bisnis perlu membuat konten yang tidak hanya kreatif, namun juga berdasarkan data. Sebab, konten yang kreatif saja tidak cukup untuk mewujudkan kesuksesan pemasaran konten. Itu sebabnya content marketing manager harus memiliki kemampuan menganalisis data.
Dengan skill ini, bisnis bisa menentukan apakah, dan sejauh mana, konten yang dibuat menjangkau audiens. Data juga bisa memandu proses pembuatan konten di awal. Tujuan keseluruhan konten adalah untuk memberikan nilai kepada audiens dan membangun hubungan. Ini hanya bisa dilakukan jika bisnis mampu menganalisis data yang tepat sebagai pedoman pembuatan konten.
5. Skill teknis lainnya
Ada sejumlah skill teknis lainnya yang juga perlu dimiliki content marketing manager, misalnya desain grafis. Audiens mampu mengingat 65% lebih banyak detail jika konten tulisan diikuti gambar yang relevan. Tidak perlu harus menjadi desainer grafis ahli, kok. Skill menggunakan alat seperti Canva saja sudah cukup. Canva memiliki beberapa template yang dapat disesuaikan untuk membuat gambar yang dapat digunakan di blog, akun media sosial, dan konten bisnis lainnya.
Dengan memiliki beberapa skill di atas, content marketing manager akan mampu membantu bisnis untuk membuat konten yang sukses. Nah, jika Anda butuh jasa content marketing manager, gunakan layanan dari IDEOWORKS.
Sebagai content marketing manager agency, IDEOWORKS mampu membantu bisnis membuat perencanaan komunikasi strategis, mengembangkan konten kreatif, dan rencana kampanye yang berdampak bagi brand. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya!
Reference:
https://divvyhq.com/content-marketing/what-does-a-content-marketing-manager-do-exactly/