TikTok merupakan salah satu social media yang paling banyak digunakan oleh audiens di Indonesia. Karena banyaknya pengguna TikTok, platform media tersebut kini tidak hanya dapat digunakan mempromosikan brand saja, namun juga sebagai marketplace untuk menjual produk dan jasa.
Dalam TikTok marketing, brand dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan visibilitas dan engagement. Tidak hanya untuk menciptakan brand awareness, TikTok juga dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk menjual produk serta jasa dari suatu brand. Salah satu brand yang telah sukses menjadikan TikTok channel penjualan adalah JD Sports Indonesia. Seperti apa strategi mereka? Simak ulasannya berikut.
Tentang JD Sports Indonesia
JD Sports didirikan pada tahun 1983 oleh John Wardle dan David Makin. JD Sports merupakan perusahaan retail terkemuka untuk training footwear atau sepatu olahraga di Inggris. Sebagai King Of Trainers, JD Sports terus melebarkan sayapnya ke ranah global, salah satunya Indonesia.
JD Sports Indonesia menyediakan koleksi produk terkini dan paling modern, meliputi adidas, Nike, Puma, The North Face, dan brand streetwear internasional, di antaranya Supply & Demand dan Pink Soda Sport.
Untuk memasarkan produknya, JD Sports Indonesia memilih TikTok sebagai platform media promosi. JD Sports pun mengawali branding di TikTok dari nol bersama IDEOWORKS dengan mengimplementasikan strategi content marketing yang kreatif dan konsisten.
Target Market JD Sports Indonesia
JD Sports Indonesia memasang target market untuk konsumen berusia 16-24 tahun. Untuk mencapai sasaran target market tersebut, JD Sports pun membuka toko-toko retailnya untuk memberikan kemudahan akses kepada konsumen untuk berbelanja.
JD Sports menciptakan lifestyle belanja yang sama dan berkesinambungan di semua marketnya, untuk semua konsumen. Dengan begitu, JD Sports dapat mengarahkan fokus sepenuhnya kepada target brand. Di samping itu, JD Sports menerapkan value brand untuk owner, brand partner, karyawan, komunitas dan pelanggannya.
Tantangan Awal di TikTok
Sebagai brand global yang memasarkan produknya di Indonesia, JD Sports Indonesia menghadapi tantangan tersendiri. Tantangan terutama karena JD Sports Indonesia memulai dari awal sehingga harus membangun nama brand agar dikenal di TikTok, baru kemudian bisa mulai mengumpulkan audiens hingga membuat komunitas, serta mencapai target penjualan.
Untuk itu, JD Sports berkolaborasi dengan IDEOWORKS dalam membuat strategi content marketing yang efektif, melalui social media TikTok yang paling banyak memiliki audiens di Indonesia. Seperti apa strateginya? Lihat cara pendekatannya berikut ini.
Strategi TikTok yang Dijalankan
JD Sports Indonesia bersama dengan IDEOWORKS menjalankan strategi TikTok marketing yang berhasil meningkatkan penjualan. Salah satu elemen kunci dari strategi ini adalah penggunaan short videos yang menarik untuk menarik perhatian audiens. Lihat strategi video TikTok berikut:
Jenis Konten
1. Product Highlight
Menjelaskan produk sepatu yang baru saja dirilis atau sedang menjadi item yang terlaris. Penjelasan dibuat menarik termasuk tentang sejarah brand sepatu dan fakta-fakta uniknya.
2. Styling Tips
Banyak audiens menyukai tips untuk styling dengan sepatu, terutama jika tips-nya mengedukasi dan bermanfaat, serta dikemas dalam bentuk konten yang menarik, dengan model yang memperagakan tips tersebut secara langsung.
3. Unboxing
Video unboxing selalu memiliki daya tarik tersendiri. Audiens selalu penasaran dengan visual produk sepatu, mulai dari kemasan boksnya hingga bagian dalamnya, seperti apa feel-nya saat pertama kali membuka boks kemasan, hingga memegang sepatunya di tangan dan mencobanya di kaki.
4. TikTok Live
Video TikTok Live menjadi salah satu cara paling sederhana tapi efektif, untuk berinteraksi dengan audiens. Cara komunikasi langsung ini juga dapat membantu meningkatkan engagement, seperti menambah follower dan meningkatkan jumlah share postingan video JD Sports.
Cara Membangun Engagement
1. Mengikuti Tren
TikTok adalah platform yang menjadi tempat pusat tren social media. JD Sports juga mengikuti tren yang selalu muncul di TikTok, sehingga terlihat bahwa mereka selalu update dengan tren terbaru.
2. Membuat Challenge
Challenge di TikTok selalu dapat mencuri perhatian audiens. JD Sports juga ikut membuat challenge natural yang dibedakan menurut sejumlah kategori, dengan tujuan meningkatkan interaksi dengan komunitas, dan menaikkan views secara organik dan melalui iklan.
3. Siaran TikTok Live
Dalam video TikTok Live, audiens yang bergabung dapat meninggalkan komentar dan suka dan berbagai reaksi, membuat konten interaktif ini makin efektif dalam meningkatkan interaksi dan engagement.
Hasil Berdasarkan Laporan Data
Berdasarkan laporan data, JD Sports berhasil memaksimalkan TikTok marketing bersama IDEOWORKS. Berikut data-datanya:
Report JD Add to Cart
Hasil ini merupakan konversi yang didapat dari ads TikTok. Berdasarkan data yang diambil dari tanggal 6-12 Desember 2023, diperoleh 500 Add to Cart yang berasal dari iklan TikTok ads.
Di samping itu, angka penjualan juga lebih maksimal dengan adanya 89 purchase dalam waktu tujuh hari tersebut.
Dampak ke Traffic Website atau Toko
Selain meningkatkan jumlah Add to Cart dan purchase audiens, TikTok marketing dari JD Sports juga memberikan pengaruh yang signifikan pada kunjungan website resmi JD Sports Indonesia. Dari tanggal 6-12 Desember 2023, ada penambahan pengunjung untuk website view content hingga 21,4 ribu views.
Pembelajaran untuk Brand Lain
Konten Apa yang Efektif?
Berdasarkan ulasan dan data tersebut, dapat terlihat bahwa konten yang terbukti efektif untuk penjualan melalui TikTok, adalah product highlight, styling tips, unboxing dan TikTok Live. Strategi konten tersebut juga dapat diterapkan untuk brand lainnya.
Peran TikTok Live dalam Mendorong Sales
Video TikTok Live dapat meningkatkan engagement dengan audiens, juga menambah exposure TikTok JD Sports, sehingga menjangkau audiens baru. Dari sini, penjualan pun dapat meningkat karena bertambahnya audiens baru, serta dibarengi dengan konten produk yang menarik.
Konsistensi dan Adaptasi Tren
Penting untuk mengunggah video TikTok setiap hari. Ikuti juga tipe-tipe video TikTok yang sudah dibuat seperti halnya JD Sports yang rutin mengunggah konten short videos, mulai dari tren, challenge, styling tips, unboxing, atau live stream videos. Pastikan juga selalu update dengan tren, mulai dari global hingga lokal, untuk membuat video yang relate dan disukai audiens.
Kesimpulan
TikTok merupakan channel strategis yang dapat digunakan untuk sales, khususnya penjualan produk seperti halnya JD Sports Indonesia. Bersama Ideoworks, JD Sports telah berhasil dan sukses dalam marketing melalui TikTok.
Sekarang juga, percayakan TikTok marketing brand kepada IDEOWORKS. Anda juga dapat berdiskusi atau membuat kolaborasi bersama IDEOWORKS. Hubungi Ideoworks melalui kontak yang tersedia.