Preloader
"Tertarik dengan Digital Agency Jakarta Career? Ini Perannya untuk Sebuah Brand "

Tertarik dengan Digital Agency Jakarta Career? Ini Perannya untuk Sebuah Brand

Kita hidup di era di mana digitalisasi mulai mendominasi kehidupan, mulai dari berkomunikasi, mencari hiburan, bahkan hingga bekerja. Namun, dunia digital tidak hanya mengisi aspek kehidupan sehari-hari, tetapi juga membuka banyak peluang pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada.

Salah satu jenis perusahaan yang hadir karena era digital ini adalah digital agency. Perusahaan ini bergerak dalam bidang digital marketing atau advertising secara digital untuk membantu berbagai perusahaan mencapai tujuannya. Di digital agency, ada berbagai macam prospek karier menarik yang bisa ditekuni. Apa saja, ya? Yuk, simak informasi digital agency Jakarta career berikut ini!

Apa itu digital agency?

Digital agency merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa pemasaran secara digital untuk mencapai tujuan marketing sebuah brand. Sederhananya, digital agency adalah pihak ketiga yang membantu perusahaan dalam urusan marketing secara digital. 

Digital marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan di dunia digital, misalnya seperti memanfaatkan media sosial, website, advertising di search engine, SEO, dan lain sebagainya. 

Orang yang bekerja di digital agency akan bekerja sama dengan berbagai jenis perusahaan, bisnis, kelompok, maupun individu dengan tujuan marketing yang berbeda-beda. Di sinilah peran digital agency dapat memberikan strategi digital marketing terbaik untuk membantu klien mencapai tujuannya.

Prospek karier di dunia digital agency 

Tingginya kebutuhan digital marketing membuat peluang karier di digital agency ikut meningkat. Karena dunia digital marketing itu cukup luas, bisa dibilang di digital agency Jakarta career tersedia banyak jenis pekerjaan seru, terutama untuk para anak muda yang cukup melek dengan teknologi digital. Apa saja prospek karier di dunia digital agency?

1. SEO Specialist

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan eksistensi mereka dan brand awareness di dunia digital, maka SEO adalah kuncinya. Orang yang bertugas mengoptimalkan website perusahaan untuk meningkatkan traffic dan peringkat di hasil pencarian search engine disebut sebagai SEO Specialist.

Tugas utama seorang SEO Specialist adalah mencari tahu kata kunci yang sedang tren atau sering dicari orang terkait dengan produk atau jasa klien. Mereka juga perlu menganalisis konten di website perusahaan, serta menilai website perusahaan kompetitor.

Selain itu, mereka juga perlu mengetahui cara membuat konten dengan SEO, memahami algoritma, dan berbagai teknis terkait mesin pencari. Dengan seluruh tugas ini, SEO Specialist diharapkan mampu menambah jumlah traffic pengunjung ke website, serta meningkatkan ranking website di hasil pencarian. Dengan begitu, brand awareness meningkat dan berujung pada peningkatan sales.

2. KOL Specialist

KOL atau Key Opinion Leader Specialist—yang sering juga disebut dengan influencer marketing—merupakan pekerjaan yang bertugas mengembangkan dan menjalankan penggunaan KOL untuk kampanye pemasaran. Pekerjaannya juga meliputi pembuatan ide konten yang melibatkan KOL serta membangun relasi yang baik dengan mereka.

Adanya KOL Specialist di digital agency dapat membantu klien membangun kepercayaan pelanggan mereka, yang akhirnya bisa meningkatkan penjualan. Kehadiran KOL saat ini dipandang sangat penting, sebab mampu menghubungkan perusahaan dengan target pasarnya.

3. UX Designer

Seorang UX Designer berperan dalam perancangan konsep situs atau aplikasi perusahaan maupun brand. Untuk membangun aplikasi yang relevan dengan target pasar, Anda perlu melakukan riset mengenai kebutuhan dan keinginan target pasar. Kemudian, hasil riset tersebut diolah menjadi sebuah aplikasi atau website yang ramah pengguna.

4. Social Media Specialist

Sesuai dengan namanya, karier ini memungkinkan Anda untuk menjalankan digital marketing lewat media sosial. Tugas Anda meliputi pembuatan konten yang relevan dengan target audiens  di media sosial, membangun hubungan dengan audiens perusahaan, serta memahami algoritma berbagai media sosial.

Seorang Social Media Specialist membuat kampanye di media sosial yang bisa meningkatkan brand awareness, penjualan produk atau jasa, menarik pelanggan baru, atau bahkan mempertahankan yang sudah ada.

5. Copywriter

Dalam mempromosikan sesuatu, tulisan adalah senjata yang ampuh. Maka dari itu, diperlukan seorang Copywriter untuk mengolah tulisan yang menarik dan persuasif agar mengundang target audiens melakukan sesuatu. Sebagai seorang Copywriter digital agency, tulisan yang Anda buat harus sesuai dengan tone perusahaan dan target pasarnya agar lebih relevan.

6. Content Strategist

Content Strategist merupakan karier yang tidak hanya bertanggung jawab dalam pembuatan konten, tetapi juga membuat strategi marketing dan Key Performance Indicator (KPI) yang sesuai dengan tujuan bisnis klien dan kebutuhan pelanggan mereka. Konten yang dirancang bisa dijalankan di berbagai media digital marketing, misalnya media sosial, website, atau media digital lainnya—tergantung dari kebutuhan dan tujuan klien.

7. Digital Marketing Executive

Jika karier lainnya memiliki tugas spesifik dalam digital marketing, Digital Marketing Executive bertanggung jawab dalam menangani digital marketing secara keseluruhan. Tugasnya adalah merancang, membuat, serta membagikan materi digital marketing di berbagai media. Selain itu, Digital Marketing Executive juga memantau tim dan memastikan setiap divisi mencapai targetnya.

Tertarik untuk memulai karier di digital agency? Yuk, jelajahi berbagai pilihan karier di IDEOWORKS, digital agency Jakarta yang memiliki beragam pilihan karier menarik. Untuk informasi selengkapnya, langsung saja cek di website IDEOWORKS!

Let’s talk about your brand