Seiring dengan meningkatnya popularitas pemasaran digital di kalangan pemilik brand, calon konsumen dibombardir dengan kurang lebih 4,000 hingga 10,000 iklan per hari. Hal ini tak jarang menimbulkan noise yang membuat mereka mengabaikan berbagai bentuk pemasaran online dari brand tersebut. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi brand yang baru akan memasuki pasar Indonesia dan harus bersaing sengit dengan berbagai merek yang sudah ada. Dalam konteks ini, brand tidak hanya perlu menjalankan kampanye digital, tetapi juga membangun cohesive digital brand strategy Indonesia yang kuat dan terintegrasi
Lebih dari sekadar mengeksekusi strategi pemasaran digital, yang Anda butuhkan adalah narasi kreatif untuk mendekatkan brand dengan pangsa pasar rakyat Indonesia. Salah satu pendekatan yang efektif sebagai bagian dari branding strategy for Southeast Asia adalah brand storytelling. Bagaimana strategi ini bisa membantu Anda memasuki pasar Indonesia yang kompetitif melalui narasi yang menarik?
Apa Itu Brand Storytelling?
Brand storytelling adalah salah satu bentuk usaha sebuah brand dalam memperkenalkan diri mereka ke tengah-tengah sebuah pasar konsumen melalui narasi menarik dan kreatif. Narasi tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menginspirasi atau bahkan membangkitkan empati dan kedekatan emosional antara brand tersebut dengan audiens. Penerapan brand storytelling yang tepat juga bisa membantu menciptakan loyalitas terhadap suatu merek dan membuatnya berbeda dibandingkan merek lain di industri yang sama.
Bagaimana Brand Storytelling Bisa Membantu Brand Memasuki Pasar Indonesia?
Pada dasarnya, brand storytelling bukan hanya mempromosikan produk atau membangkitkan angka penjualan. Di balik itu, sebuah brand story yang unik dan menggugah bisa membantu sebuah brand dalam memasuki pasar Indonesia dan meninggalkan kesan mendalam bagi audiensnya. Berikut adalah bagaimana racikan brand storytelling yang bagus bisa membantu brand Anda lebih mudah diterima oleh pasar Indonesia:
1. Membangun Kepercayaan dan Brand Knowledge
Brand storytelling bisa menjadi salah satu memperkenalkan merek sekaligus produk-produk Anda ke tengah-tengah masyarakat. Melalui narasi kreatif yang Anda bangun, audiens akan mengenali lebih dalam mengenai kisah di balik pendirian brand tersebut, visi dan misi yang dianut, hingga bagaimana brand bisa memberikan layanan atau produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan di tengah-tengah pasar yang baru. Semakin para audiens mengenali alasan di balik produk dan layanan yang ditawarkan oleh sebuah merek, mereka juga akan jauh lebih mudah dalam mempercayai dan mengingat brand tersebut.
2. Menyampaikan Nilai dan Tujuan Merek dengan Lebih Efektif
Nilai dan tujuan dari sebuah merek merupakan salah satu konsep abstrak yang tidak selalu bisa disampaikan dengan baik melalui tayangan iklan. Namun, hal tersebut bisa tersampaikan dengan mudah melalui narasi brand storytelling yang menarik.
Misalnya, kalangan masyarakat Indonesia yang semakin aware dengan isu lingkungan dan sosial akan merasa related dengan sebuah brand yang berjuang untuk menghadirkan produk berkualitas tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan, atau bagaimana brand tersebut memberikan kontribusi berarti kepada komunitas-komunitas lokal.
3. Menjadi Faktor Pembeda antara Brand Anda dengan Merek Lainnya
Di tengah-tengah noise dari paparan iklan yang berlangsung secara terus-menerus, brand storytelling bisa menjadi pendekatan halus yang membuat sebuah brand terlihat lebih menonjol dibandingkan merek lainnya. Anda bisa menjalin narasi unik dan informatif yang menunjukkan keunikan dan keunggulan dari produk-produk dan layanan yang ditawarkan. Menyisipkan kisah perjuangan dari para pendiri brand dalam mendirikan brand serta berbagai inovasi yang membuatnya bertahan di semua zaman juga bisa menjadi poin menarik, yang tentunya membuat brand Anda menjadi lebih standout.
4. Mendorong Keterlibatan dan Membangun Loyalitas Konsumen
Masyarakat lokal Indonesia sangat menggemari segala bentuk cerita. Bahkan, bisa dibilang bahwa karya-karya narasi turut membersamai mereka sejak kecil. Tentunya, narasi dari sebuah brand atau brand storytelling bukan pengecualian. Sebuah narasi mengenai brand yang menghadirkan kisah yang membangkitkan emosi dan relatable dengan audiens akan membuat mereka lebih cepat mengenal dan mengakui brand Anda. Kisah narasi yang tepat juga mendorong para calon konsumen untuk berinteraksi dengan brand, dan bahkan meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk-produk yang ditawarkan.
5. Menjadi Sarana Bukti Kepedulian Brand terhadap Kebudayaan Lokal
Masyarakat Indonesia memiliki kebudayaan dan kekayaan alam yang sangat beragam dan merasuk hingga menjadi salah satu identitas dari masing-masing individu. Brand storytelling menjadi sarana terbaik bagi brand untuk menunjukkan apresiasi dan kepedulian terhadap kebudayaan dan nilai-nilai lokal.
Anda bisa membuat sebuah narasi dari brand yang terinspirasi dari keanekaragaman budaya dari masyarakat Indonesia beserta tindakan aktif yang dilakukan untuk melestarikan kebudayaan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa brand Anda tidak hanya hadir untuk memasarkan produk, namun juga berusaha untuk menghargai dan menjaga agar kebudayaan lokal yang luhur tetap lestari. Secara tidak langsung, hal ini akan membangkitkan emosi masyarakat dan membuat loyalitas mereka terhadap brand Anda turut meningkat.
Contoh Brand yang Berhasil Menerapkan Brand Storytelling di Indonesia
Di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia, banyak brand mulai mengadopsi brand storytelling untuk menyampaikan nilai, visi, dan kepribadian merek mereka secara lebih autentik. Berikut ini beberapa brand storytelling examples SEA, khususnya brand–brand lokal di Indonesia yang sukses menerapkan storytelling sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.
1. Kecap Bango
Siapa yang tidak mengenal Malika si kedelai hitam? Kisah tentang Malika merupakan salah satu contoh brand storytelling yang sukses dan berhasil membuat brand Kecap Bango cepat diterima oleh pasar Indonesia. Narasi tersebut menggambarkan kisah sang kedelai hitam yang dirawat dengan sepenuh hati oleh petani kedelai yang menghasilkan kedelai hitam berkualitas tinggi yang diolah menjadi kecap manis serbaguna.
Usaha sang petani yang dengan penuh kasih sayang merawat bibit kedelai hitam hingga tumbuh besar tentunya membangkitkan kedekatan emosional antara audiens dengan petani kedelai hitam dan menghargai jerih payah yang dikeluarkan. Di sisi lain, audiens juga akan merasa yakin dengan kualitas kecap manis yang ditawarkan brand tersebut.
2. Teh Pucuk Harum
Iklan Teh Pucuk Harum juga menjadi salah satu bentuk brand storytelling yang disampaikan dengan cara yang sangat jenaka. Di dalam narasi tersebut bercerita tentang seekor ulat yang dengan gigih memanjat pohon teh demi mencari pucuk teh terbaik. Sayangnya, pucuk teh tersebut dipetik oleh petani teh untuk kemudian diolah menjadi teh Pucuk Harum.
Narasi yang dibangun oleh brand ini menunjukkan asal-muasal dari sebotol teh Pucuk Harum yang diolah dari pucuk daun teh yang berkualitas tinggi. Kisah ini juga secara tidak langsung mengangkat tradisi masyarakat Indonesia yang dikenal dengan sektor agrarisnya.
Cara Menerapkan Strategi Brand Storytelling dengan Efektif
Untuk membuahkan hasil yang maksimal, ketahui cara menerapkan strategi brand storytelling berikut:
1. Mengidentifikasi Core Story dari Brand Anda
Sebelum menyusun narasi, pastikan untuk mengidentifikasi core story dari brand yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen. Misalnya, rumuskan terlebih dulu visi dan misi brand, keunikan dan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh produk-produk dari merek tersebut. Pastikan narasi tersebut benar-benar merefleksikan identitas sesungguhnya dari brand Anda.
2. Mengembangkan Persona Konsumen
Untuk membuat narasi brand yang lebih mengena, Anda perlu mengenal target audiens sebaik mungkin. Cara termudah adalah dengan membuat persona konsumen ideal dengan menggunakan data demografi, umur, dan minat mereka. Semakin lengkap data yang Anda peroleh, maka akan semakin mudah pula Anda membuat narasi brand storytelling yang relatable dan tepat sasaran.
3. Memanfaatkan Semua Channel Pemasaran
Setelah narasi brand tersusun, sebarkan narasi tersebut seluas mungkin untuk menjangkau target audience Anda. Gunakan semua channel pemasaran yang Anda miliki, baik melalui media sosial, website, blog, atau bahkan ad campaign jika memiliki anggaran dana yang memadai. Jangan lupa untuk memperhatikan konsistensi audiens bisa menangkap esensi dari pesan brand Anda.
4. Membuat Kalendar Konten
Kalendar konten bisa menjadi solusi dalam mencegah narasi yang terlalu repetitif dan membosankan. Susunlah kalendar konten yang membuat storytelling dari brand Anda dengan menggunakan berbagai media, baik dalam bentuk artikel, konten video pendek (reels), dan data infografis yang menarik.
5. Membangun Interaksi dengan Audiens
Jangan hanya berhenti di tahap storyteller saja. Jangan lupa untuk mendorong audiens agar ikut terlibat dengan membagikan pengalaman mereka saat menggunakan produk dari brand Anda. Anda juga bisa lebih aktif di kolom komentar untuk berinteraksi dengan para audiens. Interaksi ini tidak hanya meningkatkan engagement secara organik, tetapi juga dapat membantu target audience merasakan kedekatan emosional dengan brand Anda.
6. Pemantauan Rutin dan Penyesuaian
Jangan lupa untuk memantau dan mengukur performa dari strategi brand storytelling yang Anda jalankan. Gunakan data yang diperoleh untuk menentukan bagian mana saja yang bisa dipertahankan atau yang membutuhkan perbaikan. Gunakan data analisis metrik seperti tingkat engagement, jangkauan, hingga sentimen audiens untuk mengukur keberhasilan strategi ini.
Kesimpulan
Memasuki pasar baru di Indonesia tentunya menjadi pengalaman baru yang sangat menantang bagi pemilik brand. Mengadopsi strategi brand storytelling tidak hanya bisa dijalankan sekadarnya sebagai strategi pemasaran. Ada beberapa rambu yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif.
Anda bisa menjalin kolaborasi dengan digital marketing agency terpercaya yaitu IDEOWORKS. IDEOWORKS merupakan agensi pemasaran digital di Jakarta yang memiliki sepak terjang mengagumkan dan teruji dalam menerapkan berbagai strategi pemasaran yang efektif. Tim digital marketing yang berpengalaman akan membantu menerapkan strategi terbaik untuk membantu mengenalkan brand Anda ke pasar lokal. Hubungi kontak yang tertera untuk memulai kerjasama sekarang juga.