Preloader
Tips agar Digital OOH Marketing Sukses

Tips agar Digital OOH Marketing Sukses

Tips agar Digital OOH Marketing Sukses

Key Points:

  • Digital OOH marketing bisa menjangkau banyak audiens secara serentak dalam satu waktu, sehingga pas untuk meningkatkan brand awareness.
  • Untuk membuat iklan digital OOH yang menarik, sebaiknya Anda menyesuaikan pesan dan elemen visual dengan tujuan yang ingin dicapai. Lalu, kemas secara singkat, padat, dan jelas dengan mempertimbangkan kontras warna.
  • Selain itu, pertimbangkan juga seberapa strategis lokasi pemasangan iklan, efek pencahayaan alami maupun buatan pada layar iklan OOH, serta hindari penggunaan CTA berbentuk tombol untuk menghindari kebingungan.

Mungkin saja, akhir-akhir ini Anda sudah sering mendengar istilah digital OOH marketing atau advertising. Tapi, sebenarnya what is digital OOH advertising (DOOH)? Singkatnya, ini merupakan iklan luar ruangan yang memanfaatkan teknologi digital seperti papan reklame di jalan raya atau layar interaktif di mall untuk menampilkan pesan kepada audiens. 

DOOH sangat cocok untuk membangun brand awareness karena mampu menjangkau audiens dalam skala besar secara serentak. Namun, sebelum menjalankannya, Anda perlu persiapan yang matang agar output iklan lebih maksimal.

Digital OOH Advertising Best Practices

Untuk memaksimalkan performa iklan OOH digital, pastikan Anda mempertimbangkan 6 hal berikut:

  • Tentukan tujuan iklan yang spesifik

Saat merancang kampanye digital OOH, sebaiknya Anda menentukan tujuan yang jelas dan spesifik terlebih dahulu. Contohnya, apakah Anda ingin lebih banyak orang membicarakan brand Anda, mendorong penjualan langsung, atau mengajak orang mengunjungi situs web?

Alasannya, tujuan iklan yang spesifik membantu Anda mengukur keberhasilan kampanye dan menentukan cara terbaik dalam menyampaikan pesan. Sebaliknya, tanpa target yang jelas dan terukur, iklan Anda akan kesulitan mencapai hasil yang diinginkan.

  • Pertimbangkan efek pencahayaan pada OOH digital screens

Pencahayaan adalah faktor krusial dalam iklan OOH digital karena layar berada di lingkungan terbuka yang terpapar sinar matahari dan cahaya buatan. Jadi, pastikan OOH digital screens Anda cukup terang untuk dilihat dengan jelas di berbagai kondisi pencahayaan. 

Jangan lupa juga untuk menguji tampilan iklan pada layar di berbagai waktu. Contohnya, siang hari dan malam hari, agar pesan Anda tetap terlihat menarik di semua kondisi.

Selain itu, gunakan kontras warna yang tinggi untuk memastikan elemen desain dan teks terlihat dengan jelas. Warna yang terlalu serupa dengan latar belakang atau kurangnya kontras dapat membuat pesan Anda sulit dibaca, terutama di bawah pencahayaan yang terang.

  • Hindari penggunaan background putih

Latar belakang putih sering kali terlalu mencolok dan dapat menyebabkan silau, terutama pada layar digital yang besar. Akibatnya, pesan pada iklan jadi kurang jelas terlihat dan daya tarik visualnya juga akan menurun.

Alternatifnya, pilihlah warna latar belakang netral atau gelap yang dapat meningkatkan visibilitas elemen desain utama dan teks. Lalu, jika teks Anda berwarna gelap, gunakan background warna terang selain putih, sesuai dengan kesan yang ingin diciptakan.

  • Riset lokasi sebelum memasang iklan

Setiap lokasi memiliki demografi audiens yang berbeda-beda. Misalnya, iklan untuk produk high-end mungkin lebih efektif di pusat perbelanjaan mewah atau kawasan bisnis, sedangkan iklan makanan cepat saji lebih cocok dipasang di dekat sekolah atau area perkantoran.

Selain itu, pertimbangkan juga durasi paparan iklan. Di lokasi yang dilewati banyak pejalan kaki, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyampaikan pesan yang lebih kompleks. Di sisi lain, jika iklan dipasang di jalan raya yang sibuk, pesan harus lebih singkat dan mudah dipahami dalam sekejap.

Maka dari itu, Anda harus meriset lokasi dari segi keramaian, lalu lintas, orang-orang yang melewatinya, dan infrastruktur yang tersedia untuk memasang iklan sebelum menjalankan strategi digital OOH advertising.

  • Utamakan copy yang singkat, jelas, dan menarik

Dalam digital OOH, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian orang yang lewat. Oleh karena itu, pastikan pesan Anda singkat, jelas, dan langsung ke intinya. Hindari penggunaan kalimat yang panjang atau bertele-tele. 

Kuncinya, fokuslah pada satu pesan utama dan gunakan bahasa yang mudah dimengerti. Utamakan headline yang mencolok atau kata-kata yang menggugah rasa penasaran audiens.

  • Gunakan CTA yang kreatif

Call to Action (CTA) adalah elemen penting dalam iklan karena mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Namun, untuk format iklan digital OOH, hindari CTA berbentuk tombol yang lebih umum digunakan dalam iklan online. 

Sebagai gantinya, gunakan CTA yang lebih kreatif dan sesuai dengan konteks lingkungan fisik. Misalnya, Anda bisa menggunakan frasa seperti “Kunjungi Kami Sekarang” atau “Temukan Lokasi Terdekat”. Selain itu, Anda juga dapat mengajak audiens scan kode QR untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau menelusuri media sosial brand Anda.

Rekomendasi Jasa OOH Branding Strategis di Jakarta

Jika Anda kesulitan membuat strategi OOH advertising digital sendiri, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan jasa OOH branding strategis! 

Untuk bisnis yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, IDEOWORKS adalah pilihan tepat karena kami sudah berpengalaman menayangkan iklan digital, OOH tradisional, maupun gabungan keduanya untuk berbagai brand terkenal di tanah air.

IDEOWORKS siap membantu Anda meriset perilaku target konsumen Anda, merancang ide iklan yang kreatif, dan mengukur performa iklan DOOH Anda agar bisa mencapai target bisnis Anda. Jadi, apa pun ide kreatif Anda, konsultasikan saja kepada kami!

Further Reading:

Let’s talk about your brand