Podcast dikenal menjadi alternatif hiburan dengan konten yang berbasis audio—sementara di era transformasi memasarkan brand bisnis—podcast dapat menjadi salah satu strategi marketing lebih menarik ala creative digital agencies in Indonesia. Podcast akhir-akhir ini memang menjadi sarana para pemilik bisnis untuk membagikan konten terkini untuk tujuan branding. Dimana dalam pemasaran produk melalui podcast ala creative digital agencies Indonesia terpercaya hingga mampu meningkatkan engagement. Mengingat beberapa sumber pun menjelaskan perkembangan signifikan terhadap strategi digital marketing podcast dua tahun belakangan. Mau tau prinsip dasar podcast dengan rekomendasi creative agencies in Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini.
Menurut data GlobalWebIndex (GWI), per kuartal III tahun 2021 dengan persentase pendengar podcast Indonesia mencapai terbesar kedua di dunia. Jumlah ini mencapai 35,5% dari total pengguna internet berumur 16 hingga 64 tahun. Saat ini Indonesia menempati peringkat kedua setelah Brasil dengan persentase siniar podcast mencapai 37%. Berdasarkan laporan itu pun, siniar menjadi konten audio favorit ketiga setelah radio dan musik.
Berbeda dengan GWI, Nielsen menyebutkan, pada April 2021 ada sekitar 48 juta episode siniar podcast di dunia. Lalu, bagaimana prinsip dasar podcast bisa sepopuler itu dan apa tips untuk bisnis dapat sukses dengan penayangannya.
Mengenal Podcast dan Prinsip Dasarnya
Mengutip prinsip podcast insight.com, podcast merupakan file audio digital yang tersedia di platform digital internet. Dimana pendengar atau pengguna dapat mengunduh file ke komputer atau perangkat seluler. File siniar ini biasanya terbagi dalam beberapa seri dan episode. Karena sifatnya on demand—pendengar bisa memutar sendiri untuk mendengarkan bagian episode mana yang ingin didengarkan.
Ada prinsip lain yang mengakui bahwa podcast—dari kata pod berarti playable on demand atau akronim dari iPod dan broadcast yang menjadi bagian dari sejarah hingga memunculkan siniar. Namun perlu kamu ketahui, perbedaan podcast dengan siaran radio biasa adalah konsep. Podcast memiliki tema dan konsep obrolan, pemutaran lagu dan musik, interview, iklan, dan sesi telekomunikasi.
Hadirnya podcast pertama kali diperkenalkan setelah Hammersley (perkawinan antara iPod dan broadcast) jadi siaran digital baru di dunia pada 2005 silam. Kehadiran podcast langsung memberikan 3.000 siniar baru yang bermunculan di kanal audio internasiona. Dari sinilah popularitas podcast kian terdengar dengan konten-konten siniar. Prinsip dasar kekuatan siniar tersebut adalah proses produksi yang lebih simpel ketimbang membuat konten video YouTube. Ditambang semakin berkembangnya produksi ala creative digital agencies in Indonesia yang menggiurkan para pebisnis—dengan kesuksesan mendulang banyak engagement dari konten-konten siniar.
Manfaat Podcast untuk Bisnismu
Rasanya strategi marketing dengan konten siniar podcast mulai menjamur di berbagai platform digital dengan kemampuan, pengetahuan, wawasan, dan growth mindset yang berkembang. Dimana podcast telah menjadi salah satu promosi modern sukses di era modern ini. Sehingga bisnis akan mendapat banyak manfaat yang dihasilkan sesuai persona dan target market yang kamu buat. Berikut beberapa manfaat podcast bisnis, yaitu:
- Bisa memperluas audiens baru dengan target customer loyal
- Message lebih mudah diterima oleh pendengar secara efektif
- Konten podcast bisa didengarkan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja.
Nah, buat kamu pebisnis yang ingin mengandalkan siniar konten podcast bisa memanfaatkan tips di bawah ini dengan rekomendasi creative agencies in Indonesia terpercaya.
Menentukan Target Audiens Podcast
Cara yang pertama ketika ingin memanfaatkan channel podcast dapat meningkatkan engagement adalah marketer menentukan target audiens atau pendengar konten. Hal ini dilakukan bertujuan menyasar tepat kepada pendengarnya. Target audiens dapat mempengaruhi pembawaan podcast, host, topik, hingga gaya bahasa.
Podcast memang tidak menganjurkan untuk mencoba segalanya. Tetapi, marketer dapat mencoba segala topik yang dibahas, alih-alih mencari target audiens. Dimana tim dari creative digital agencies in Indonesia telah mampu melakukan testing pada tujuan awal program podcast bisnis. Tujuannya yaitu memberi edukasi serta produk sebagai solusi dari masalah audiens dengan konten kreatif berkualitas yang mampu menargetkan sekelompok orang yang menginginkan konten itu. Dengan demikian, kamu akan menemukan audiens dan memulai mengembangkan produksi konten podcast-nya.
Membuat Tema Konsisten
Tips berikutnya pasti memerlukan sesuatu terus ada, kreatif, inovatif, dan konsisten. Yap, dimana tanpa perencanaan yang matang dan berkelanjutan sudah pasti hasilnya pun gitu-gitu aja. Dengan marketer profesional yang tertarget, materi seperti konten promosi bisnis dapat memperlancar siklus efektivitas pada podcast-nya.
Menciptakan Konten Berseri
Selaras dengan konsisten, rahasia bisnis melalui platform digital siaran podcast adalah menciptakan konten berseri untuk menyiasati tayangan maupun durasi yang membosankan. Dengan tim creative marketing agencies in Indonesia, mereka akan memanfaatkan rasa ketertarikan audiens terhadap konten-konten siaran podcast yang berseri dengan tema edukatif, informatif, dan menghibur.
Dapat Mengulas Produk secara Detail
Menciptakan konten berseri dalam podcast tentu harus dengan materi atau ulasan yang matang dan menarik untuk didengar pastinya. Marketer akan memposisikan brand sebagai pendengar tentang produk yang mereka jual. Hal ini supaya pebisnis dapat menilai sekaligus evaluasi produk agar target bisa mengenali brand dengan lebih baik dan mudah dibayangkan.
Adapun tips and trick creative marketing agencies in Indonesia memberikan ulasan yang detail tentang produk marketing bisnis. Memanfaatkan segala kegunaan yang dibutuhkan audiens dalam kehidupan sehari-hari menjadi poin penting ditambah sisipan storytelling yang keren agar audiens tertarik dengan cerita dibalik produk tersebut.
Menghadirkan Bintang Tamu/Influencer
Bintang tamu atau influencer menambah daya tarik program podcast bisnis agar lebih cepat membawa tren figure tersebut di dalamnya. Konten bisnis dapat mengundang beberapa artis atau influencer yang cukup mampu membawa brand kamu disukai calon customer.
Dapat Melibatkan Pendengar
Sertakan customer experience dengan melibatkan pendengar berdiskusi mengenai tema konten produk setiap channel podcast-mu. Dengarkan aspirasi mereka dan cari tahu apa yang mereka butuhkan untuk mewakili audiens terhadap produk bisnis. Sesekali ajak mereka untuk melakukan voting di berbagai platform social media untuk sebuah tayangan konten promosi. Dengan begitu, akan banyak audiens yang tertarik melakukan aktivitas di sebuah platform bisnis yang komitmen menerapkan customer experience.
Menggunakan CTA Setiap Konten Podcast
Tambahan Call-To-Action (CTA) juga berpengaruh terhadap kegiatan podcast yang bisa meningkatkan konversi penjualan produk. Kamu atau marketer bisa menyisipkan link atau banner di setiap konten podcast yang dibuat. Ajak mereka mengisi form di kolom komentar untuk mendaftarkan email (sebagai database bisnis) atau ajak mereka melihat produk jualan ke website resmi bisnis-mu.
Bagaimana? Sudah mulai memahami cara pemasaran produk bisnis di channel podcast, atau segera menerapkan tren podcast sebagai digital marketing sukses dengan rekomendasi creative agencies in Indonesia terpercaya? Yuk, hubungi IDEOWORKS untuk menentukan tema siaran podcast dengan memanfaatkan tips di atas secara tepat sasaran.