Seiring berjalannya waktu dengan teknik marketing sukses dilakukan para pebisnis melalui platform YouTube yang memanfaatkan iklan atau YouTube Ads. Manfaat itu diperoleh dari cara membuat YouTube Ads tampil di bagian awal konten video. Saat ini, iklan pun terbagi dalam berbagai kategori, ada yang bisa di skip oleh pengguna, ada yang tidak bisa—dalam jangka waktu kurang dari 15 detik. Tentunya untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa mengandalkan YouTube Ads. Cara membuat YouTube Ads pada dewasa ini cukup mudah, Anda bisa menerapkan secara pribadi, bisa juga mengandalkan agensi YouTube Ads atau jasa pasang YouTube Ads. Tentu dengan biaya yang sangat terjangkau.
Terdapat beragam jenis YouTube Ads yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis. Jenis yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini adalah TrueView, Pre-roll Ads dan Bumper. Ketiganya memiliki perbedaan dan keuntungan masing-masing. TrueView menjadi iklan yang paling banyak digunakan, biaya yang dikeluarkan setelah penonton melihat dan berinteraksi dengan iklan. Sedangkan Bumper, menjadi iklan video yang berdurasi 6 detik di awal video. Sementara Pre-roll Ads menjadi iklan yang tidak bisa di skip dan bisa diputar sebelum atau sesudah konten video. Biasanya iklan jenis ini berdurasi sekitar 15 – 20 detik.
Kenapa YouTube Ads?
YouTube Ads merupakan layanan dalam mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda melalui platform YouTube. Sederhananya, layanan iklan atau tools marketing YouTube. Sebagai media social nomor 1 di Indonesia dengan lebih dari 150 juta pengguna, YouTube bisa mengoptimalkan iklan dan membuat produk jualan Anda meningkat. Di era industri digital marketing ini sudah banyak pebisnis yang menggunakan YouTube Ads dengan kelebihan yang ditawarkan, yaitu dapat menentukan target audiens secara tepat berdasarkan lokasi dan minat terhadap produk.
YouTube Ads sangat berbeda dengan iklan konvensional televisi. Biasanya iklan yang hadir di platform YouTube memiliki durasi yang lebih sedikit, tetapi peluang tampil sangat besar untuk menjangkau lebih banyak audiens. Karena YouTube Ads dapat ditampilkan berkali-kali melalui konten video YouTube. Data tersebut dikeluarkan oleh Hootsuite, bahwa YouTube telah menjadi situs web yang paling ramai dikunjungi setelah Google.
Ketika menerapkan YouTube Ads, keutamaan yang Anda harapkan adalah biaya yang terjangkau, bukan? Jawabannya sangat tepat. Karena pembayaran atau pembiayaan yang dilakukan oleh YouTube Ads hanya jika audiens menonton iklan sampai akhir. Hal ini mirip dengan sistem PPC pada iklan teks Google. Selain budget, terdapat analisa performa yang mudah melalui Google Analytics dan Google AdWords sebagai bagian dari layanan iklan Google. Keduanya menjadi faktor penting yang harus terintegrasi dengan baik. Hal ini tentu menguntungkan buat bisnis Anda dalam memastikan marketing strategy yang tepat sasaran.
Pertumbuhan YouTube Ads Indonesia
Berdasarkan laporan We Are Social, YouTube Ads Indonesia menjadi pasar terbesar keempat di dunia pada Oktober 2021. Jumlah tersebut terlihat dari jangkauan (reach) YouTube Ads Indonesia sebesar 107 audiens. Tiga besar negara yang mengandalkan jangkauan YouTube Ads adalah Brasil dengan reach 127 juta audiens, Amerika Serikat 240 juta audiens, dan India berada di peringkat pertama dengan reach mencapai 448 juta audiens.
Google memperkirakan, YouTube Ads dapat menjangkau hingga 2,29 juta audiens potensial. Perusahaan tersebut juga mencatat perkembangan terbesar sekitar 70% terdapat dari total memutar YouTube melalui telepon seluler (ponsel). Sebagai informasi tambahan, bahwa reach merupakan total orang yang melihat satu konten. Sedangkan impresi menunjukkan berapa kali suatu konten dapat ditampilkan iklan di layar.
Dengan adanya data pertumbuhan jangkauan YouTube Ads Indonesia dan peran agensi YouTube Ads, memungkinkan prospek keuntungan semakin besar bila memulai beriklan. Apalagi cara menggunakan YouTube Ads yang cukup mudah dengan tools marketing yang bisa disesuaikan dapat membantu bisnis mendapat keuntungan dari YouTube Ads.
Keuntungan YouTube Ads bagi Bisnis
Bagi marketer bisnis, memanfaatkan YouTube Ads adalah hal yang wajib Anda coba sebagai pebisnis. Selain penting untuk brand, YouTube Ads memiliki beberapa keuntungan lain. Simak ulasannya di bawah ini.
Dapat Memaksimalkan Campaign Marketing
Dengan cara membuat YouTube Ads ini, brand dapat memaksimalkan campaign marketing sesuai target awal bisnis dengan fitur analytics Google yang tersedia. Kemudian brand bisnis dapat meraih insight dan menarik kesimpulan secara cepat dan tepat terhadap ketertarikan audiens. Dengan begitu, data yang dihasilkan YouTube Ads pun bisa menjadi evaluasi untuk campaign berikutnya.
YouTube Ads memang sangat cocok menjadi platform dalam menyelenggarakan campaign dengan durasi pendek. Dengan kualifikasi tersebut, YouTube bisa menjangkau banyak audiens. Serta marketer bisnis seperti agensi YouTube Ads profesional dapat memaksimalkan iklan yang tepat untuk kebutuhan audiens.
Perluas Jangkauan Pasar dan Profit Meningkat
Tujuan utama marketing strategy melalui YouTube Ads adalah memperluas jangkauan dan meningkatkan profit dari produk bisnis. Dengan menerapkan iklan tersebut, tentu Anda dapat membangun brand awareness dan popularitas produk ke masyarakat luas secara perlahan. Dari pengenalan produk melalui iklan, nantinya akan berpengaruh pada ketertarikan untuk membeli. Kenapa? Karena iklan promosi yang berwujud audio visual cenderung lebih menarik dan mudah diingat oleh audiens.
Sebuah riset telah membuktikan bahwa jumlah pengguna YouTube yang terus menerus meningkat setiap tahunnya menjadi solusi yang menguntungkan bagi pebisnis. Mulai dari masyarakat urban hingga rural—semua kalangan masyarakat dapat mengakses YouTube dengan mudah. Hal inilah yang membuat YouTube Ads menjadi sarana promosi yang tepat untuk menjangkau pasar dan meningkatkan profit.
Memiliki Kesan Kredibel
Kesan audiens terhadap produk iklan cukup kompleks, sehingga Anda perlu cerdas dalam melakukan kampanye dalam beriklan. YouTube Ads menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan produk secara kredibel. Hal ini karena promosi dengan YouTube berarti Anda sudah membuat sebuah vide. Oleh karena itu, Anda dapat membuat sebuah iklan sekaligus menjelaskan mengenai produk secara detail.
Dapat Meningkatkan Situs Website
Dengan memanfaatkan jasa pasang YouTube Ads, sangat memungkinkan Anda memasarkan serta mendeskripsikan produk iklan dengan baik dan terarah. Menjadikan masyarakat atau audiens dapat dibuat penasaran oleh produk Anda, sehingga mereka akan mengunjungi website bisnis untuk menggali informasi. Meningkatnya jumlah pengunjung website, tentu berpotensi besar untuk menjual lebih banyak produk dan keuntungan bisnis Anda.
Demikian penjelasan mengenai keuntungan bisnis menggunakan YouTube Ads secara mudah dan efektif sebagai strategi marketing. Bila Anda membutuhkan jasa pasang YouTube Ads sebagai marketing strategy creative, segera hubungi IDEOWORKS.ID. IDEOWORKS adalah agensi YouTube Ads Jakarta yang menawarkan jasa mengelola serta menerapkan YouTube Ads secara kreatif dan efektif yang mampu meningkatkan penjualan produk bisnis mencapai 100%. Jadi, tunggu apalagi, konsultasikan dengan yang ahlinya, IDEOWORKS.ID.
Reference: