Preloader
Waspada! 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Digital Marketing Agen

Waspada! 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Digital Marketing Agency

Digital marketing bertujuan menarik konsumen dan calon konsumen melalui upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik berbasis internet. Namun, ada sejumlah kesalahan yang berdampak buruk bagi digital marketing sehingga harus dihindari. Apa saja kesalahan yang dimaksud? Yuk, simak delapan kesalahan yang harus dihindari digital marketing agen berikut!

​​1. Tidak menghadirkan solusi bagi konsumen

Meluncurkan produk yang asal-asalan, tanpa mempertimbangkan kebutuhan konsumen, sebenarnya dapat menyulitkan proses pemasaran dan penjualan produk. Oleh karena itu, penting bagi layanan digital marketing agen untuk fokus menghadirkan solusi yang memang dibutuhkan konsumen. Dengan memahami kebutuhan konsumen, bisnis bisa menerapkan digital marketing yang sesuai untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan membantu  meningkatkan penjualan.

2. Jarang update

Menjaga konten tetap up-to-date membantu membangun kepercayaan antara bisnis dan pelanggan. Pelanggan kemungkinan besar mengandalkan website suatu bisnis untuk mendapatkan informasi yang berguna, apa pun bidangnya. Itulah kenapa rutin update bisa membantu membangun otoritas domain.

Sebaliknya, jarang update akan menghilangkan ketertarikan audiens terhadap brand. Audiens akan beralih ke brand yang bisa memberikan informasi up-to-date. Karenanya, penting untuk terus meng-update konten pada channel digital marketing apa pun yang digunakan agar peringkat di Google dan lalu lintas ke website terus meningkat.

3. Tidak menerapkan copywriting yang efektif

Tidak menerapkan copywriting yang efektif juga termasuk salah satu kesalahan yang harus dihindari. Copywriting secara efektif dibutuhkan untuk menghasilkan konten unik dan informatif yang akan berperingkat lebih tinggi di mesin pencari. Setelah membuat copywriting yang bagus, digital marketing agen dapat menambahkan kata kunci yang terkait dengan apa yang dicari audiens.

Dengan menerapkan copywriting yang efektif, bisnis dapat menjadi ahli di bidangnya. Membuat sebuah blog khusus dan posting secara teratur akan membuat audiens tetap terlibat dan mengenal bisnis. Target audiens juga dapat membagikan konten tersebut di media sosial yang kemudian dapat membantu meningkatkan brand awareness.

4. Strategi marketing tidak jelas

Kesalahan selanjutnya yang harus dihindari digital marketing agen adalah strategi marketing yang tidak jelas. Jika Anda tidak bisa menjelaskan tujuan, proses, dan metrik yang digunakan, itu artinya strategi marketing harus disempurnakan. 

Ketidakjelasan dalam strategi marketing berisiko memaksa Anda mengulang dari awal untuk membuat strategi yang lebih fungsional. Karenanya, penting bagi digital marketing agen untuk mengetahui siapa target audiens dan apa tujuan marketing yang dijalankan. Jangan lupa juga menyertakan cara yang akan digunakan untuk melacak hasil.

5. Tidak memanfaatkan automasi

Automasi digital marketing adalah software yang mensistematisasikan tindakan kampanye pemasaran seperti email, media sosial, posting blog, halaman web, dan lainnya. Hal ini memungkinkan terjadinya kampanye strategis dan kreatif untuk mendapatkan hasil optimal.

Automasi juga memberi digital marketing agen kemampuan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan terhubung. Salah satu tujuan utama automasi adalah untuk memberikan konten yang tepat, pada waktu yang tepat, kepada pelanggan yang tepat, sehingga menjaga kepercayaan audiens terhadap bisnis.

6. Mengabaikan analisis data

Analisis data pada dasarnya merupakan proses membersihkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan memvisualisasikan data melalui sejumlah tool, teknik, dan metode. Melalui analytic tool, bisnis bisa memperoleh insight yang relevan.

Sekarang sudah banyak analytic tool yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis data konten digital. Data ini bisa dijadikan bahan pengambilan keputusan yang lebih akurat. Dengan menggunakan analytic tool, digital marketing agen juga bisa mengetahui penyebab suatu masalah dan meminimalisir kegagalan dalam proses analisis atau penyimpanan data.

7. Menangani terlalu banyak klien

Menangani terlalu banyak klien hingga melebihi kemampuan dan kapasitas agency juga harus dihindari. Jika hanya memiliki 2-3 klien, maka layanan digital marketing agen dapat memberikan perhatian penuh kepada 2-3 klien tersebut secara merata dan adil. Namun, jika memiliki 10 klien, maka ada risiko untuk membuat kesalahan atau tidak memberikan masing-masing klien 100%.

8. Terlalu fokus pada revenue, bukan profitabilitas

Pada dasarnya, revenue adalah pendapatan yang dihasilkan bisnis dari kegiatan atau aktivitas utamanya. Sementara hasil dari kegiatan operasional utama bisnis memang penting, memperhatikan profitabilitas tidak kalah krusial. Dengan fokus pada kemampuan bisnis menghasilkan laba selama periode tertentu, bisnis dapat meningkatkan penjualan, aset, dan modal saham. 

Dengan menghindari delapan kesalahan di atas, layanan digital marketing agen bisa mendapatkan hasil yang optimal. Anda bisa gunakan layanan digital marketing IDEOWORKS yang siap membantu bisnis melaksanakan pemasaran digital yang terintegrasi, tentunya dengan kesalahan seminim mungkin.

Rekomendasi digital marketing agen ini akan membantu bisnis membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan berbagai channel media sosial. Yuk, klik di sini untuk menyusun konsep digital marketing dan mengekseskusinya bersama IDEOWORKS!

Let’s talk about your brand