Ketika mendengar kata social media specialist tentu bayangan kamu adalah langsung tertuju kepada seseorang atau ahli meng-create social media? Tepat sekali. Namun, masih sedikit orang yang tahu seputar pekerjaan seorang social media specialist secara mendalam. Apalagi ada berbagai posisi lain yang mirip dengan social media specialist seperti social media admin, social media officer, social media manager, dan lain sebagainya. Seiring majunya teknologi digital platform—selalu menumbuhkan profesi baru dengan aktivitas yang berbeda-beda. Meski tujuan akhir adalah target market, social media specialist profesional menjadi tren pekerjaan yang digemari milenial saat ini. Terlebih di perusahaan social media agency.
Social media agency atau perusahaan yang menaungi profesional serta ahli di bidang digital marketing, sangat dibutuhkan oleh semua kalangan bisnis. Jasa social media specialist yang masif menjadi sarana potensial dalam mendukung aktivitas promosi marketing. Power of social media telah mempengaruhi perilaku dalam membentuk tren di industri bisnis dalam memikat hati customer. Hal ini yang membuat banyak perusahaan juga mulai mencari staff/officialy yang mampu mengoptimasi akun social media.
Tapi, tahukah kamu bahwa social media specialist profesional ternyata bukan cuma handal menggunakan social media seperti Instagram, Facebook, atau Twitter saja. Karena social media specialist terpercaya sejatinya punya tanggung jawab lebih dari itu. Berikut pengertian dari social media specialist profesional, pekerjaan, skill dan prospek kedepannya ketika menjadi bagian social media agency.
Pengertian Social Media Specialist
Setiap social media specialist profesional mempunyai tanggung jawab untuk mengendalikan semua akun social media milik perusahaan atau bisnis. Memiliki pengertian yang luas, karena bukan hanya mengupload, menulis caption, atau planning didalamnya. Mereka juga dapat memonitoring konten, mengatur strategi bisnis, hingga mengerti analytics. Gambaran umum yang sering dipelajari oleh social media specialist profesional, mulai dari content plan, penempatan konten, pemilihan visual, caption, hashtag yang tepat, waktu publikasi, hingga menjalankan ads. Selain itu seorang social media specialist terpercaya harus memikirkan (strategy branding) bagaimana cara membuat brand awareness, dan meningkatkan engagement di social media.
Itu baru satu jenis platform social media. Kenapa begitu? Karena setiap konten social media platform memiliki perbedaan market dan karakteristik. Berbicara Twitter, Facebook, Instagram, dan TikTok, memiliki perbedaan karakter dan algoritma yang disesuaikan masing-masing. Meski bisa menyesuaikan konten mirroring, tetap saja mereka harus membedakan secara teknis ketika mengupload konten.
Dalam prakteknya social media specialist profesional tidak sendiri, mereka akan berkolaborasi dengan tim digital marketing untuk menentukan strategi yang tepat. Berada di bawah pengawasan social media manager—yang akan me-review dan memberi insight ketika konten yang ingin ditayangkan serta evaluasi hasil yang sudah diterapkan.
Seiring perkembangannya, kini profesi social media specialist profesional tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi, melainkan sebagai individu minimal menguasai beberapa teknik social media management, terutama kalangan content creator, public figure, politisi, maupun pebisnis UMKM atau makro.
Tanggung Jawab (Job Desk) Seorang Social Media Specialist
Bagi kamu yang ingin mengetahui, memahami, melakukan kegiatan social media specialist profesional dalam menjalankan tanggung jawab (job desk) berikut ulasannya. Dilansir Betterteam, tugas dan tanggung jawab sehari-hari social media specialist terpercaya dari mengamati tren social media, buat event, kuis untuk menarik engagement atau tergantung kebutuhan bisnis.
- Menetapkan content plan social media yang konsisten dengan identitas brand
- Mampu menciptakan konten creative yang memiliki value di setiap platform
- Dapat mengelola post social media dengan intensitas tinggi
- Dapat memanfaatkan followers dengan komunikasi impresif
- Mampu mengembangkan dan mengatur program kolaborasi dengan influencer marketing dan event terkini
- Mampu menggunakan tools analytics seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, hingga Facebook Insights
- Dapat mempersiapkan social media reports setiap brand
- Mampu memberikan rekomendasi dan saran setiap menjalankan strategi marketing
- Dapat uptodate dengan tren social media
- Mampu memberikan arahan kepada tim desain visual maupun konten yang sudah direncanakan
Saking banyak job desk atau tanggung jawab seorang social media specialist profesional di atas tentu sudah terbayangkan betapa signifikan pengaruhnya terhadap brand. Bagi yang baru mau masuk dunia social media jangan minder, semua itu punya proses untuk mencapainya. Untuk itu, kenali skill yang dibutuhkan sebagai social media specialist di bawah ini. Siapa tahu kamu bisa menguasainya.
Skill yang Dibutuhkan Social Media Specialist
Skill yang sedikit berbeda dengan pekerjaan lain, ini tiada pernah ada di mata pelajaran sekolah, perkuliahan, tetapi sebagian pengguna social media mampu melakukan beberapa skill menjadi social media specialist terpercaya. Dengan gemar menggunakan social media, mengabadikan momen dengan foto dan caption keren, memahami hashtag marketing, menjual produk melalui social media platform, membuat semua orang bisa menjadi social media specialist. Beberapa penguasaan (skill) yang dibutuhkan seorang social media specialist profesional.
- Komunikasi – Seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi seperti menulis, story telling, SEO, presentasi, hingga editing.
- Tools – Mampu menguasai tools analytics untuk monitoring social media seperti Google Analytics atau Hootsuite Pro.
- Social Media Fluency – Melek teknologi dengan mengikuti tren hashtag dan konten populer
- Komputer dan Desain – Memiliki pemahaman dasar terhadap teknologi komputerisasi dan desain visual
- Berpikir Solutif – Fenomena digitalisasi yang bergerak cepat ini mengharuskan skill ini dapat mengaplikasikan konten yang relevan dan solusi yang cepat—jangan sampai monoton atau out of date
- Memanage Waktu – Mampu dengan mengatur waktu dalam posting, membuat campaign marketing, revisi konten, sampai editing.
Proyeksi (Karier) Social Media Specialist
Istilah “tiada proses yang menghianati hasil” terdapat pada profesi social media specialist. Kenapa? Selain pekerjaan yang cukup digemari, tentu sangat dibutuhkan di era modern untuk mengendalikan market bisnis. Sedangkan proyeksi karir social media specialist juga sama dengan percepatan tren digital. Menurut National Careers, jenjang karir selanjutnya adalah social media manager.
Meski demikian, tentu cakupan tanggung jawab akan lebih dari sebelumnya untuk bisa mendapatkan posisi tersebut. Tetapi, tak sedikit juga perusahaan maupun social media agency yang dapat memberikan insentif dan kesejahteraan yang maksimal. Karena pengaruh posisi tersebut yang sakral terhadap kemajuan bisnis brand, melalui pengalaman dan skill yang diterapkan oleh social media specialist, kamu dapat benefit yang sesuai di level yang berbeda.
Sedangkan untuk bisnis, penting untuk memahami bahwa apapun yang terjadi di social media, dapat diterapkan secara maksimal oleh jasa social media specialist yang memiliki tim ahli dan profesional untuk meningkatkan brand awareness. Pebisnis tidak perlu sibuk mencari social media specialist—karena tim marketer social media agency menjamin efektifitas digital marketing melalui social media mencapai 100%.
Untuk lebih memaksimalkan layanan (service) social media specialist terhadap brand identity, IDEOWORKS.ID dapat memberikan insight-insight terkait social media strategist maupun social media manager terhadap pertumbuhan bisnis/perusahaan mencapai kesuksesan. Yuk, hubungi IDEOWORKS.ID sekarang!