Bagi suatu perusahaan, memasarkan produk dan jasa mereka adalah suatu keharusan untuk mendapatkan profit. Lewat cara marketing yang tepat, tentunya hal ini bisa tercapai dengan baik pula. Di tengah-tengah masyarakat yang global dan maju, Anda juga perlu tahu peluang baru apa yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pemasaran. Di Indonesia sendiri, digital creative menjadi salah satu industri yang menjanjikan.
Mengingat jumlah pengguna internet yang mencapai 70% dari jumlah penduduk Indonesia, kita bisa melihat pengaruh yang sangat besar dari digital creative dalam bidang perekonomian. Bahkan, industri kreatif ini diprediksi akan menguasai sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia di masa depan.
Memahami Apa itu Industri Digital Creative
Seperti namanya, industri digital creative berkutat seputar hal-hal kreatif sambil menggunakan teknologi dan pengetahuan informasi. Hasil dari industri ini akan mendobrak pasar dengan produk-produk canggih yang belum pernah dilihat sebelumnya atau cara segar dalam membantu masyarakat mengatasi permasalahan sehari-hari. Contohnya seperti transportasi online dan belanja online.
Digital-digital agency Jakarta dan digital agency marketing dapat membantu perusahaan atau bisnis yang hendak mempromosikan produk mereka lewat jalur kreatif. Ini karena industri kreatif menawarkan sumber daya manusia yang bisa memberikan ide-ide menarik untuk membantu masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari mereka.
Tak lupa, perekonomian Indonesia pun akan ikut terbantu. Sumber daya alam yang tak dapat diperbarui akan makin ditinggalkan. Teknologi informasi serta komputer yang terlibat memberikan banyak kesempatan baru bagi individu-individu untuk terus mengembangkan diri agar tak tertinggal.
Jenis-jenis Digital Creative yang Populer di Indonesia
Nah, digital creative memiliki banyak jenis. Di Indonesia, beberapa jenis digital creative yang populer adalah berikut ini.
1. Musik
Musik masih menjadi salah satu cara manusia mengekspresikan diri. Pada industri ini, proses membuat musik, komposisi lagu, hingga saat rekaman sudah bisa dilakukan dengan software. Tak hanya musisi atau artis yang bisa menggunakan teknologi ini, digital agency Indonesia pun juga akan bisa membuatkan musik untuk bisnis Anda.
Kemudahan ini tentunya membantu pertumbuhan industri musik kreatif Indonesia, ditambah dengan platform kekinian seperti Spotify atau Apple Music di mana masyarakat bisa mendengarkan lagu favorit mereka dengan mudah.
2. Film
Jenis digital creative berikutnya adalah film, yang bisa ditonton di bioskop ataupun platform lain. Durasi film pun juga beragam, disesuaikan dengan kreativitas pembuatnya masing-masing. Siapa saja sekarang dapat membuat film dari rumah tanpa perlu memiliki studio.
YouTube, misalnya, juga bisa menjadi tempat mempromosikan suatu produk tertentu. Beberapa professional digital agency yang berpengalaman dengan platform ini dapat memberikan hasil positif bagi bisnis Anda. Apalagi kalau konten Anda menarik, tentunya akan makin banyak orang yang menonton, membagikan, serta membicarakan produk Anda.
3. Pengembangan Aplikasi atau Software
Dengan meningkatnya jumlah aktivitas yang bisa dilakukan secara mobile, aplikasi atau software yang memadai sangatlah penting. Industri ini akan lebih mengutamakan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung industri digital creative lainnya.
Contohnya adalah sebuah digital agency Indonesia yang mengandalkan komputer dan sejenisnya untuk mengolah data, mengecek database, membuat desain, hingga menganalisis sistem.
4. Game
Saat ini, game tak hanya sekedar sarana pelepas penat atau hobi. Banyak developer yang menawarkan game menghibur serta mengedukasi. Mudah dimainkan di smartphone, industri ini bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan dengan banyaknya acara e-sport. Bahkan, professional digital agency juga bisa menggunakan game untuk melakukan kampanye marketing.
5. Televisi
Mirip seperti film, industri digital creative pertelevisian menawarkan produk audio-visual bagi penontonnya. Saat membuat suatu acara televisi, pihak stasiun televisi harus memastikan konten yang tayang bisa bervariasi dan menghibur. Oleh karena itu, diperlukan banyak content creator dengan ide-ide kreatif.
Hal ini juga mendorong terciptanya wadah lain untuk menampung aspirasi kreatif dari masyarakat. Platform-platform ini dapat diakses dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, di mana pun dan kapan pun.
Selain dari kelima industri yang sudah disebutkan, ada juga industri digital creative di bidang periklanan. Terdapat banyak sekali promosi untuk berbagai macam produk dan jasa yang kita lihat sehari-hari. Apalagi dengan berkembangnya media online yang membutuhkan biaya lebih sedikit tapi dapat menjangkau banyak orang, Anda membutuhkan sesuatu yang dapat membedakan Anda dari kompetitor.
Peluang kreatif ini tentunya baik bagi bisnis yang ingin maju. Meski begitu, pastikan juga bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan memang bermanfaat bagi masyarakat. Bungkuslah dengan baik dan menarik,karena inovasi akan selalu diperlukan dalam industri kreatif.
Oleh karena itu, pada era digital ini, para pelaku usaha memerlukan jasa digital creative untuk bisa memperluas target sasaran melalui digital marketing. Tingginya kompetisi juga mengharuskan Anda untuk menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Pilihlah professional digital agency Indonesia seperti IDEOWORKS yang mengerti industri digital creative dan cara terbaik untuk membantu usaha Anda. Hubungi kami sekarang juga dan temukan layanan yang sesuai.