Social media marketing menjadi pilihan banyak perusahaan dalam menjalankan strategi digital marketing-nya. Untuk mengetahui efektivitas kegiatan marketing di media sosial, maka diperlukan social media analytics. Sadar akan pentingnya penggunaan social media analytics, berbagai jasa digital marketer agency juga memasukkan metode ini pada layanan mereka. Jadi, apa itu social media analytics yang disediakan digital marketer agency?
Apa itu social media analytics?
Social media analytics merupakan metode pengumpulan data media sosial yang nantinya akan diproses dan digunakan dalam pengambilan keputusan terkait dengan digital marketing. Metode ini dilakukan dengan melihat respons dan opini audiens terkait sebuah konten, serta mengumpulkan data audiens yang berinteraksi dengan konten tersebut.
Apalagi, tren di media sosial selalu berubah. Konten yang mendapatkan banyak respons dari audiens hari ini, belum tentu akan mendapat reaksi yang sama di bulan depan. Maka dari itu, analitik diperlukan untuk melihat perilaku audiens terkait dengan brand agar Anda bisa menentukan strategi digital marketing yang efektif. Nah, social media analytics yang efektif adalah yang bisa mengetahui keinginan pasar serta kegiatan kompetitor dan konsumen.
Manfaat menggunakan social media analytics
Manfaat utama menggunakan social media analytics dapat terlihat dari pemahaman Anda pada audiens. Social media analytics memungkinkan Anda untuk mendapat berbagai data terkait audiens media sosial yang berinteraksi dengan akun perusahaan. Anda bisa mengetahui di kota apa audiens Anda tinggal, berapa rentang umur mereka, konten seperti apa yang mereka sukai, bagaimana mereka menemukan konten Anda, dan lain sebagainya.
Data tersebut bisa Anda olah menjadi sebuah data terstruktur untuk digunakan dalam strategi perencanaan konten. Misalnya, jika hasil analisis media sosial menunjukkan bahwa jenis konten foto tidak diminati target audiens, maka Anda bisa berhenti mengunggah konten tersebut dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih diminati.
Selain mendapatkan data terkait target audiens, social media analytics juga bermanfaat dalam mengetahui efektivitas kampanye marketing kompetitor Anda. Dengan begitu, Anda lebih diperkaya dengan berbagai informasi terkait strategi yang perlu atau tidak perlu dilakukan.
4 Kelebihan social media analytics yang diberikan digital marketer agency
Umumnya, digital marketer agency menyediakan jasa social media analytics ketika menerapkan social media marketing untuk perusahaan atau brand Anda. Ini adalah satu paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan. Pasalnya, social media analytics memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu keberhasilan kampanye digital marketing.
1. Bantu melacak performa content marketing
Kelebihan utama dari menggunakan social media analytics yang diberikan digital marketer agency adalah membantu melacak performa content marketing yang dijalankan. Apakah konten yang sudah ditayangkan mendapat respons positif atau negatif, berapa banyak audiens yang tertarik dengan konten tersebut, seberapa luas audiens yang dijangkau oleh konten, dan lain sebagainya; ini adalah beberapa informasi yang bisa didapatkan dari social media analytics.
2. Alat untuk mengukur ROI
Return of Investment, atau sering juga disingkat dengan ROI, adalah salah satu indikator yang bisa diketahui lewat social media analytics. Berdasarkan traffic yang diperoleh dari berbagai media sosial, digital marketer agency bisa mengukur ROI yang didapatkan. Ini menjadi salah satu indikator kesuksesan sebuah kampanye digital.
3. Mendeteksi posisi brand di tengah kompetisi
Membandingkan kinerja perusahaan Anda dengan kompetitor penting untuk dilakukan. Hal ini akan memberikan tolok ukur keberhasilan yang dicapai oleh rata-rata perusahaan di industri yang sama.
Hal tersebut bisa dilakukan dengan social media analytics. Kelebihan lain yang didapatkan dengan menggunakan social media analytics adalah Anda jadi mengetahui bagaimana posisi brand di tengah kompetisi. Anda akan mendapat berbagai informasi mengenai kinerja kompetitor, sehingga Anda bisa menerapkan berbagai strategi yang efektif untuk merebut hati pelanggan.
4. Mengoptimalkan kerja tim marketing
Menggunakan social media analytics tidak hanya berpengaruh banyak pada kampanye yang dijalankan, tetapi juga kerja tim marketing. Dengan social media analytics, alur kerja tim marketing menjadi lebih sederhana sehingga pengumpulan data dan informasi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efisien.
Terlebih lagi, social media analytics menampilkan berbagai metrik yang dibutuhkan untuk menilai kinerja sebuah kampanye digital, serta berbagai data penting dan tren yang diperlukan tim pemasaran untuk membuat strategi digital marketing secara lebih efektif dan tepat sasaran.
Memanfaatkan social media analytics dengan baik bisa menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan strategi digital marketing Anda. Untuk pemanfaatan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan layanan social media analytics dari IDEOWORKS, digital marketer agency Jakarta. IDEOWORKS menyediakan layanan lengkap terkait digital marketing yang efektif untuk segala tujuan pemasaran Anda, termasuk layanan social media analytics.
Tertarik untuk menggunakan jasa IDEOWORKS? Pelajari lebih lengkap mengenai berbagai layanan digital marketing yang disediakan IDEOWORKS di sini.