Tren Creative TVC Terbaru dari Creative Agency

4 Tren Creative TVC Terbaru dari Creative Agency Jakarta

Key points

  • TVC advertising di YouTube bisa menghasilkan keuntungan hingga 31 miliar USD, dan salah satu cara memaksimalkannya adalah dengan memahami tren iklan yang unik.
  • Beberapa contohnya adalah menekankan relatability untuk memancing emosi dan menyisipkan elemen humor.
  • Selain itu, penting juga untuk dapat menyampaikan esensi pesan iklan secara singkat, padat, dan jelas.

Tren Creative TVC Terbaru dari Creative Agency

Menayangkan iklan video di platform seperti YouTube bisa meningkatkan keuntungan sekaligus jangkauan brand. Sebab, Statista telah menunjukkan bahwa revenue iklan di YouTube berpotensi mencapai 31 miliar USD, dan diperkirakan akan terus meningkat. Untuk memanfaatkan peluang tersebut, Anda bisa belajar dari berbagai tren creative TVC yang unik dan terbukti berhasil.

Contoh Creative TVC Ideas yang Populer

Seperti apakah contoh creative TVC ideas dari brand-brand Indonesia yang berhasil viral? Anda dapat mempelajari studi kasusnya di bawah ini:

1. LINE Indonesia: Hari Pertama Kerja Itu Rasanya…

Tren creative TVC yang menekankan relatability atau seberapa dekat alur ceritanya dengan realita kehidupan target audiensnya sangat terlihat dalam iklan “Hari Pertama Kerja Itu Rasanya…” dari LINE Indonesia. Ini juga alasan mengapa TVC tersebut bisa mencetak 7,3 juta views.

Sesuai namanya, seri iklan dari LINE Indonesia ini membawakan perasaan gugup yang sering dirasakan saat hari pertama bekerja dengan storytelling ringan serta humoris.  Eksekusi visual yang menarik dan penggunaan dialog yang natural membuat iklan ini mudah diingat sebelum menekankan manfaat aplikasi LINE sebagai alat komunikasi yang relevan di dunia kerja.

2. AXIS: Seri Iritology

Seri iklan “Iritology” dari AXIS berhasil menciptakan konsep yang unik dan segar untuk mempromosikan paket internet hemat. Brand ini menggambarkan karakter-karakter yang menjalani gaya hidup irit secara humoris.

Visual yang dinamis, penggunaan jargon yang khas, dan alur cerita yang konsisten di setiap episode membuat iklan ini mudah dikenali dan melekat di benak penonton. Konsep ini berhasil menjangkau target audiens yang lebih muda, yang umumnya mencari layanan internet murah dan berkualitas.

3. Sambal ABC: Cap Cip Top – Icap Icip Ngetop

Tren creative TVC berikutnya yang menerapkan humor juga terlihat pada iklan Sambal ABC. TVC ini berhasil memadukan elemen tuduhan populer bahwa bisnis kuliner yang populer sering kali menggunakan penglaris dengan promosi produk secara efektif.

Sambal ABC berhasil menggambarkan betapa pentingnya sambal dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan gaya yang ringan. Jingle yang menarik dengan penggunaan rima serta visual yang ceria membuat iklan ini semakin mudah diterima oleh berbagai kalangan.

4. Tokopedia: Berani Memulai, Berani Berusaha

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tren creative TVC yang bertujuan membuat penonton meneteskan air mata mereka. Brand lokal juga tidak tertinggal karena ada Tokopedia yang mengusung pesan inspiratif dalam iklan Berani Memulai, Berani Berusaha.

Iklan dengan 4,5 juta views ini memadukan visual menarik dengan narasi yang menginspirasi orang untuk berani memulai bisnis atau usaha. Spesifiknya, melalui penggambaran konflik yang nyata dan tantangan yang sesuai realita pemilik usaha kecil.

Cara Ini Bikin TVC Lebih Efektif!

Apakah Anda tertarik membuat iklan video yang terinspirasi dari contoh creative TVC ideas di atas? Ketiga cara ini bikin TVC lebih efektif untuk menarik perhatian penonton:

1. Tonjolkan identitas brand secara jelas

Pastikan logo, warna, dan elemen visual yang khas dari brand Anda ditampilkan secara konsisten sepanjang iklan. Idealnya, semua aspek identitas tersebut harus muncul di awal, tengah, atau akhir iklan, agar penonton langsung mengenali produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, sesuaikan pesan inti yang ingin disampaikan dengan nilai dan karakteristik brand Anda.

2. Utamakan pesan yang singkat, padat, dan jelas

Waktu tayang iklan TVC biasanya terbatas, sehingga Anda harus bisa menyampaikan informasi utama tanpa bertele-tele. Fokuslah pada satu pesan utama yang ingin disampaikan dan hindari memasukkan terlalu banyak informasi dalam satu iklan. Kemudian, penggunaan bahasa yang sederhana dan visual yang mendukung pesan juga penting supaya penonton dapat menangkap inti dari iklan Anda dengan mudah.

3. Terapkan humor dalam konten

Riset telah menunjukkan bahwa 53% konsumen di berbagai negara lebih menyukai iklan yang membuat mereka tertawa. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu menyisipkan humor dalam jingle atau cerita iklan yang Anda buat. 

Dengan demikian, Anda bisa mengemas pesan yang sulit atau serius menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Namun, pastikan humor yang digunakan tidak mengurangi esensi dari pesan utama dan tetap selaras dengan identitas brand Anda. 

 

Jika Anda butuh bantuan mencari TVC ideas in 2024 yang segar dan relevan dengan target audiens, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli yang berpengalaman. Di sinilah IDEOWORKS bisa membantu Anda!

Sejak berdiri pada tahun 2012, IDEOWORKS telah mensukseskan berbagai strategi marketing kreatif banyak brand di Indonesia, mulai dari perencanaan konsep hingga analitiknya. Termasuk, untuk iklan video di TV maupun internet. Jadi, apa pun ide Anda, jangan ragu-ragu menyampaikannya kepada kami untuk mewujudkannya!

Let’s talk about your brand