Digital marketing menjadi tren marketing yang berkembang sangat pesat dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Penerapannya sangat beragam, tergantung kebutuhan brand itu sendiri serta strategi apa yang diinginkan untuk menjangkau target audiens yang sesuai. Salah satu strategi digital marketing yang paling sering dipakai oleh kebanyakan pebisnis adalah Search Engine Marketing (SEM).
Apa Itu Search Engine Marketing?
Search Engine Marketing atau SEM adalah salah satu strategi yang melibatkan mesin pencari dengan tujuan memaksimalkan visibilitas di halaman hasil pencarian, baik secara organik atau berbayar. Search Engine Marketing strategy utamanya memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) dalam setiap pembuatan konten. Tujuannya agar nilai SEO dalam satu page atau sub-page menjadi relevan terhadap kata kunci yang digunakan oleh target audiens.
Cara Kerja Search Engine Marketing
Pebisnis yang memanfaatkan Search Engine Marketing tools umumnya akan membuat sebuah website atau landing page yang ramah SEO. Hal ini bertujuan untuk menciptakan skor relevansi yang tinggi terhadap suatu kata kunci sehingga muncul di peringkat atas halaman hasil pencarian.
Meski demikian, SEO bukanlah cara satu-satunya untuk bisa muncul di halaman paling awal dalam hasil pencarian. Fitur Pay-Per-Click (PPC) nyatanya juga sangat efektif memunculkan produk di halaman depan, tentunya dengan bujet dan nilai bidding yang sesuai.
Namun, PPC tidak menjamin website bisa selalu muncul di depan. Sebab, umumnya platform search engine akan menilai relevansi SEO pada suatu website sebelum bisa muncul di halaman hasil pencarian.
Oleh karenanya, baik SEO maupun PPC tidak bisa dipisahkan, bahkan sebetulnya terkait satu sama lain. Dengan kata lain, setinggi apa pun nilai bidding yang Anda lemparkan, pengunjung tidak akan mau untuk masuk apabila hasil pencariannya tidak relevan dengan apa yang mereka inginkan.
Mengapa Search Engine Marketing Penting bagi Bisnis?
Mengikuti tren pasar bukanlah satu-satunya alasan bagi pebisnis untuk memanfaatkan Seach Engine Marketing dalam pengembangan bisnis. Ada sejumlah alasan mengapa Search Engine Marketing bisa jadi sangat penting bagi pebisnis, entah lama maupun baru. Apa saja alasannya?
1,Bantu tingkatkan brand awarenes
SEM memungkinkan sebuah laman untuk bisa berada di peringkat atas hasil pencarian. Hal ini tentu memancing perhatian target audiens yang kebetulan mencari informasi mengenai kata kunci terkait.
Salah satu search engine paling besar, Google, bahkan mengklaim search ads mereka yang berbasis PPC mampu meningkatkan brand awareness hingga 80%. Dengan kata lain, meski mungkin target audiens tidak men-klik laman Anda, setidaknya mereka tahu bahwa merek Anda yang muncul paling atas
2. Jangkau target market yang spesifik
Iklan online bisa dibilang sangat efektif dalam hal target audiens. Sebab, Search Engine Marketing dapat dengan mudah mentarget calon pelanggan berdasarkan apa yang mereka cari. Dengan menganalisis data campaign PPC yang sebelumnya dibuat, Anda dapat melihat iklan mana yang performanya lebih bagus serta pola kata kunci yang paling sering dicari dan tetap relevan.
Selain itu, adanya fitur Geo-targeting, device targeting dan ad scheduling juga mampu memengaruhi performa pencarian. Dari situ, Anda dapat menentukan target yang lebih spesifik sehingga ads jadi lebih efektif.
3.Hasilkan konversi yang lebih besar
Seperti disinggung di atas, PPC dalam SEM dapat menargetkan kata kunci yang relevan dengan target audiens. Artinya, Anda sudah mengerucutkan audiens yang benar-benar membutuhkan produk Anda. Kebutuhan ini kemudian akan terpenuhi dengan masuk ke dalam website Anda dan melihat potensi bagus dari produk yang Anda miliki. Hal ini tentu sangat berdampak pada nilai konversi yang meningkat seiring kualitas iklan yang Anda tampilkan.
4.Menjanjikan ROI lebih tinggi
Konversi untuk tiap penjualan akan semakin meningkat seiring berkembangnya bisnis, serta bagaimana iklan dapat tetap relevan dengan kebutuhan target audiens. Semakin tinggi tingkat konversi, idealnya potensi mendapatkan ROI juga ikut meningkat.
5.Biaya yang terjangkau
Penerapan SEM dalam digital marketing juga relatif terjangkau. Bila dibandingkan dengan billboard yang ada di tapi jalan raya, misalnya, SEM butuh biaya yang jauh lebih terjangkau. Selain tidak perlu harus mencetak poster sebesar dan semahal itu, SEM juga memanfaatkan harga bidding dengan limit maksimal yang dapat Anda putuskan.
Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum mampu menerapkan Search Engine Marketing di perusahaannya. Selain karena terlalu sibuk untuk mengurusnya, pebisnis juga kerap salah langkah yang berujung kehabisan bujet iklan sia-sia.
Memanfaatkan layanan digital agency seperti Ideoworks akan membantu Anda menentukan strategi yang tepat dalam menerapkan Search Engine Marketing. Dibantu oleh IDEOWORKS, dengan pemilihan strategi yang sesuai dengan bisnis, tidak diragukan lagi konversi dan nilai ROI Anda bisa melesat tinggi!