Media sosial memegang peran penting terhadap pengambilan keputusan pembelian seorang pelanggan. Dengan banyaknya media sosial yang ada, pelanggan biasanya akan mengecek suatu produk atau merek sebelum memutuskan untuk membeli. Di sinilah peran social media marketing diperlukan, yakni untuk memengaruhi pelanggan agar membeli produk Anda.
Sebuah social media marketing strategy harus Anda terapkan untuk membangun merek dan meningkatkan peluang penjualan. Jika Anda bergelut di bidang pemasaran digital, inilah lima kemampuan krusial yang dibutuhkan.
1.Kemampuan Komunikasi yang Baik
Pemasaran media sosial tak hanya menuntut Anda bisa menjual suatu produk, namun juga berkomunikasi dan terlibat dengan audiens. Konten media sosial yang dibuat untuk memasarkan produk harus bisa menjangkau audiens, menarik perhatian mereka, dan mengajak mereka terlibat dalam percakapan. Barulah dari sana Anda bisa membangun merek dan menjual produk.
Tentu saja Anda membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menjangkau dan berinteraksi dengan audiens media sosial. Kemampuan komunikasi ini juga Anda perlukan saat harus berdiskusi dan menentukan strategi pemasaran dengan pemangku kepentingan dalam bisnis atau tempat Anda bekerja. Cara Anda berkomunikasi dengan rekan kerja, tim, dan atasan akan menentukan kesuksesan strategi konten pemasaran digital.
2.Keahlian dalam Kurasi Konten
Salah satu rahasia social media marketing yang cepat dan tepat adalah kemampuan sang marketer dalam mengkurasi konten. Social media marketing strategy tidak hanya selalu tentang konten orisinal atau ide segar yang belum pernah ada sebelumnya. Nyatanya, tidak ada yang benar-benar asli atau orisinal di dunia ini. Semua hal, termasuk konten pun, pasti terinspirasi atau hasil kurasi dari konten lain.
Oleh karenanya, kemampuan wajib seorang social media marketer adalah keahlian mengkurasi konten yang dibutuhkan untuk promosi dan branding. Dalam hal ini, Anda wajib menguasai kemampuan mencari sumber konten, preferensi audiens, ketepatan waktu membuat dan membagikan konten ke audiens, topik yang dibagikan, dan bagaimana Anda akan membagikan konten promosi tersebut ke media sosial.
3.Skill Marketing
Dalam social media marketing, kemampuan membuat konten dan menguasai fitur semua media sosial bukanlah poin utama. Pemasaran media sosial hanyalah salah satu cara supaya Anda bisa membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Salah satu kemampuan yang tak boleh luput dimiliki social media marketer adalah pemasaran tradisional dan digital. Anda tetap perlu menerapkan pemasaran tradisional, misalnya beriklan di media cetak, televisi, poster, hingga papan reklame.
Sementara pemasaran digital di media sosial menjangkau audiens yang memang berada di sana, pemasaran tradisional bisa meningkatkan brand awareness bisnis maupun produk Anda. Pasalnya, tidak dapat dimungkiri bahwa ada pasar yang sangat luas bisa dijangkau oleh teknik pemasaran tradisional. Oleh karena itu, kolaborasikan pemasaran digital dan tradisional untuk bisnis Anda.
4.Kreativitas Tinggi
Sebuah konten social media marketing yang sukses membutuhkan ide yang menarik, unik, dan menonjol. Namun, jangan lupakan nilai atau value pada konten untuk disampaikan pada audiens media sosial Anda. Ide segar memang dibutuhkan untuk membuat sebuah konten yang menarik dan terlihat baru. Namun, tidak selalu ide tersebut berasal dari Anda sebagai marketer.
Konten yang dibilang sukses tolok ukurnya adalah viralitas dan keterhubungan dengan audiens. Oleh karena itu, cara sederhana membuat konten viral dan related dengan audiens adalah dengan menggunakan konten yang dibuat oleh audiens itu sendiri. Anda bisa menampilkan konten menarik dari audiens, kemudian mengajak audiens lain yang lebih besar untuk membicarakan hal tersebut, entah dengan reaksi atau komentar. Gunakan kreativitas untuk bisa membuat konten viral.
5.Mampu Memahami Data
Menganalisis, memahami, hingga menerjemahkan data menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami adalah kemampuan wajib dalam social media marketing. Dalam hal ini, ketika Anda bekerja sebagai pemberi jasa social media marketing, maka kemampuan melihat data audiens adalah wajib hukumnya. Data yang dimaksud adalah insight dari media sosial, baik itu Instagram, TikTok, Facebook, hingga website.
Dalam setiap media sosial yang sudah diatur untuk keperluan bisnis, pasti ada insight mengenai konten yang diunggah. Berapa likes yang didapat, berapa jumlah komentar, seberapa jauh jangkauan audiens, berapa kali dibagikan ulang, dan lainnya. Termasuk pula demografi audiens (usia, gender, lokasi, dan lain-lain) yang berinteraksi dengan konten Anda, hari dan jam terbaik mengunggah konten, hingga konten yang paling berhasil menggaet audiens dan lainnya. Anda harus bisa membaca dan memahami data ini untuk strategi pemasaran digital ke depannya.
Social media marketing adalah sebuah kemampuan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh bisnis. Pemasaran digital melalui media sosial adalah sebuah cara membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Layanan social media marketing dibutuhkan oleh bisnis kecil maupun besar, mengingat kebiasaan masyarakat yang sekarang ini banyak memakai media sosial. Apabila bisnis Anda membutuhkan jasa social media marketing untuk TikTok, Instagram, maupun YouTube, bisa gunakan layanan content marketing dari IDEOWORKS.