Preloader
placeholder

5 Hal yang Harus Dilakukan oleh Best Digital Social Media Agency

Aktivitas social media marketing dunia saat ini telah berkembang amat pesat. Begitu juga dengan jasa social media agency Indonesia yang profesional dalam membantu menerapkan strategi bisnis Anda. Peran serta manfaat yang dihasilkan cenderung lebih solutif untuk menarik minat konsumen serta dapat membangun citra baik bisnis dari sudut pandang audiens. Bagaimana penerapannya? Good question. Salah satu untuk brand menjadi yang teratas, perusahaan bisnis memerlukan strategi dan manfaat yang bisa dilakukan oleh best digital social media agency.

Salah satu contoh keunggulan marketing yang dilakukan best digital social media agency paling nyata adalah brand fashion, Nike-menjadi sepatu paling hits di Instagram. Berdasarkan UnMetric 2019, brand ini mampu meningkatkan followers instagram hingga 87 juta dalam 5 tahun terakhir. Strategi yang menyebabkan pertumbuhan besar tersebut adalah kampanye reguler hastag dan tagline setiap konten yang diunggah seperti “Don’t change your dream”, “change the world”, hingga #justdoit. Inilah manfaat dari penerapan social media marketing paling efektif. Mau tau bagaimana Social Media Agency bekerja? Jangan skip artikel ini dan simak penjelasannya di bawah ini agar tidak keliru memahami best digital social media agency.

Kenapa Best Digital Social Media Agency?

Social Media Agency menjadi pihak ketiga yang melakukan best digital social media agency terhadap bisnis Anda dalam membuat, merancang dan mengelola berbagai kegiatan marketing hingga proses branding melalui platform social media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi. Manfaat yang Anda dapatkan juga maksimal seiring dengan penerapan strategi marketing-nya.

Ada 5 hal yang dilakukan best digital social media agency dalam membantu bisnis Anda mencapai tujuan (goals)

Perencanaan Yang Terstruktur

Dalam menghasilkan impresi serta engagement yang laris manis di media sosial, peran best digital social media agency harus memulai dengan mengajak audiens tetap terhubung dengan bisnis Anda melalui konten menarik. Perencanaan yang terstruktur biasanya dilakukan social media agency dengan menentukan tujuan yang jelas, membangun visual branding, dan menyusun jadwal postingan di media sosial.

Dalam menentukan tujuan yang jelas, social media agency pertama-tama mulai menyusun content planning strategy (guideline). Dimana mereka akan menciptakan sebuah formula di setiap konten yang akan di produksi di sejumlah channel social media marketing.

Membangun visual branding. Social Media Agency perlu memahami kekuatan produk Anda di sejumlah channel social media yang berbeda-beda. Visual branding ini kerap membantu audiens memahami suatu produk bisnis lebih cepat. Misalnya, dengan menampilkan foto produk atau layanan bisnis secara jelas, singkat dan padat dapat membangun brand awareness secara efektif. Kemudian dalam pemilihan tone (warna) turut berpengaruh membangun citra atau personality brand.

Menyusun jadwal posting. Setelah membuat content planning dan visual branding, saatnya memproduksi atau memposting kegiatan promosi brand di berbagai platform social media. Jadwal posting (timeline) yang ideal dapat dimaksimalkan oleh social media agency dengan tujuan impresi dan engagement tinggi.

Menciptakan Content Strategy Marketing

Content strategy marketing merupakan pendekatan yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten secara relevan dan konsisten, agar dapat mempertahankan audiens. Konten ini bisa disajikan social media agency dalam berbagai bentuk seperti video, artikel blog, podcast, ebook, email marketing, konten media sosial, dan masih banyak lagi. Ada tiga strategi dan taktik yang tepat dalam menciptakan content strategy marketing, yakni konten membangun brand awareness, mengukuhkan brand building, dan menciptakan product consider.

Konten membangun brand awareness. Bentuk aktivitas konten ini biasanya adalah kampanye skala besar, dengan mengoptimalkan peran influencer di social media, sponsored articles di media massa terkemuka, serta kampanye konten yang konsisten. Hasil survei Marketing Profs menunjukkan kalau membangun brand awareness menjadi tujuan utama dalam program marketing di perusahaan business-to-business (B2B) di kawasan Amerika Utara.

Konten mengukuhkan brand building. Brand building merupakan proses yang terus berjalan dari waktu ke waktu dan tidak ada batas komunikasi untuk meningkatkan eksposur terhadap brand Anda. Pada tahap ini social media agency menciptakan nilai (value-adding) terhadap audiens secara emosional yang dilakukan secara konsisten. Bentuk konten yang digunakan adalah portal konten, on-site content marketing, atau portal video.

Content product consideration. Merujuk studi pada 2014 yang diterbitkan di International Journal of Trade, Economics and Finance, bahwa sebelum mempengaruhi pembelian sebuah produk, banyak konsumen membaca atau mempertimbangkan, saran dari konsumen yang sudah menggunakannya. Oleh karena itu, pada tahapan ini jenis konten yang digunakan adalah white paper, interview, case studies, hingga testimonial.

Optimasi Social Media Marketing

Sampai detik ini social media agency memahami pentingnya optimasi untuk konten dan akun social media marketing. Optimasi konten social media ini bisa dilakukan dengan cara membuat kampanye reguler seperti brand Nike dengan tagar dan tagline setiap postingan sehingga dengan mudah ditemukan audiens. Sedangkan untuk optimasi akun bisa dilakukan dengan pembuatan nama atau username. Pemilihan ini melalui beberapa strategi untuk merepresentasikan bisnis Anda secara tepat.

Optimasi akun dilakukan dengan cara memasang foto profil menggunakan logo atau brand bisnis agar mudah diingat dan dikenal. Serta melengkapi profil bisnis secara singkat dan jelas dengan mencantumkan CTA (call to action) berupa link atau lainnya. Social media agency sangat berpengalaman dalam branding untuk mempromosikan bisnis melalui analisis riset mendalam dari optimasi ini.

Membantu Bisnis Anda Menghadapi Pesaing Bisnis (kompetitor)

Setiap bisnis pasti memiliki pesaing atau kompetitor, itu tidak bisa dipungkiri. Dengan pengalaman yang dimiliki social media agency, menghadapi kompetitor merupakan hal yang lumrah untuk menakar keunggulan brand tersebut. Kemampuan ini menjadi aset bisnis Anda untuk bisa berkembang lebih pesat dari sebelumnya. Pada intinya analisis kelebihan kompetitor menjadi penting untuk dibandingkan dengan kekuatan produk Anda. Karena kompetitor level besar pun memiliki kelemahan yang bisa menjadi alternatif untuk inovasi produk kedepannya. Siasat tersebut yang akan dinaungi oleh social media agency terhadap bisnis Anda.

Evaluasi

Dalam tahap ini, Social media agency akan menyajikan data-data yang akurat setiap keberhasilan dalam proses marketing. Dengan data tersebut, bisa Anda gunakan untuk memahami social media marketing kedepannya. Selain engagement dan sharing, ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi evaluasi keberhasilan social media marketing. Diantaranya meningkatnya followers, jumlah akun yang melihat konten, serta seberapa banyak akun yang me-repost konten Anda. Dari evaluasi ini, social media agency akan mempelajari pola audiens untuk menguji coba beberapa strategi hingga menemukan formula yang pas.

Manfaat Memilih Social Media Agency Indonesia

Dengan perkembangan teknologi yang semakin efektif, sebenarnya sudah cukup untuk Anda mulai memanfaatkan jasa social media agency Indonesia. Secara, mereka memiliki tim yang kompeten dari segi pengalaman dalam menjalani digital marketing khususnya pada platform media sosial, sehingga bisnis Anda bisa berkembang bisa lebih pesat. Ideoworks menjadi salah satu pihak yang dapat memenuhi 5 hal yang dilakukan best digital social media agency tersebut. Hubungi Ideoworks sekarang dan nikmati manfaat layanan dalam mencapai tujuan bisnis digital marketing Anda.

 

References:

Let’s talk about your brand