Preloader
placeholder

The Power of Storytelling dalam Pembuatan Video Promosi Produk

Tahukah Anda bahwa ada beberapa aspek penting yang harus bisa dilakukan pebisnis dalam memetakan persaingan produk. Salah satunya dengan menyesuaikan strategi marketing dengan market bisnis untuk bisa berkompetisi menggaet customer. Pembuatan video promosi produk saat ini paling laris dalam menghandle video campaign bisnis Anda. Melalui channel TVC Youtube and content production terbukti dapat menciptakan impresi dan engagement produk dalam hitungan jam. Nah, strategi yang dapat dijalankan untuk memikat hati calon pelanggan dengan The Power of storytelling.

The Power of Storytelling pada prinsipnya menjadi strategi utama dalam pembuatan video promosi produk di hadapan audiens. Meski tidak mudah, penyampaian konten storytelling mudah dipasarkan dan menjadi viral, sehingga berhasil melakukan closing. Strategi storytelling ini telah digunakan oleh sejumlah perusahaan dan pebisnis modern di setiap channel digital marketing social media, salah satunya membuat video promosi produk di TVC Youtube and content production.

Namun, sebelum memahami lebih jauh video campaign storytelling, sebaiknya evaluasi brand Anda untuk mengetahui strategi apa yang cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Anda bisa mencari tahu posisi brand Anda menggunakan pertanyaan berikut ini.

  • Apa yang membuat brand/produk Anda berbeda dari kompetitor?
  • Mengapa Anda memulai mendistribusikan produk ini?
  • Solusi apa yang bisa dihadirkan oleh produk Anda?
  • Apakah benefit yang didapatkan customer ketika membeli produk atau jasa Anda?
  • Apa yang ada dipikiran customer ketika menonton video promosi produk Anda?
  • Siapa target customer dari produk atau jasa Anda?

Agar Anda dapat memahami strategi bisnis yang cocok dengan brand Anda, mari kita bedah satu per satu keunggulan The Power of Storytelling dalam pembuatan video promosi produk.

Pengertian Storytelling dan Manfaatnya untuk Bisnis

Secara sederhana, storytelling adalah sebuah tulisan yang dibuat dengan cara bercerita. Storytelling dapat membuat para penonton (calon konsumen) Anda seolah ikut terhanyut dalam alur cerita yang di set sedemikian rupa, sehingga mereka merasa perlu membelinya. Berbeda ketika pemasaran dilakukan secara otodidak yang terkesan jualan saja (hard selling) tanpa ada exposure inovatif.

Menurut HubSpot—sebuah perusahaan digital marketing berbasis di Amerika, mengungkapkan pengertian storytelling sebagai gabungan fakta dan cerita yang disampaikan kepada customer agar membeli produk yang ditawarkan.

At least, The Power of Storytelling sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun, tetapi dengan kondisi tertentu peran ahli seperti tim digital video marketing agency sangat dibutuhkan kualitas-nya. Digital video marketing agency terdiri dari profesional terlatih untuk memanage video campaign Anda secara efektif dan terstruktur.

Manfaat Video Promosi Storytelling

Kelebihan lain dari tim digital video marketing dalam membuat video promosi produk dapat membangun hubungan emosional dengan penonton. Ketika bisnis telah siap dengan tim digital marketer, video promosi produk dengan storytelling menjadi alat yang penting dalam memikat hati customer.

Sebelum adanya video promosi produk dengan teknik storytelling ini, perusahaan menggunakan copywriter sebagai alasan menambah hiasan dalam tulisan marketing mereka. Seiring popularitas TVC Youtube and content production, video storytelling ini semakin menarik dan memiliki tingkat keberhasilan tertinggi di abad ini.

Bagaimana dengan strategi membuat video storytelling?

Hal terpenting selanjutnya dengan memahami strategi pembuatan video promosi dengan teknik storytelling. Sebelum proses produksi, digital marketer membutuhkan skenario dalam menciptakan exposure video promosi produk sebelum mencapai tujuan target. Terdapat beberapa dasar-dasar dalam pembuatan video storytelling, yaitu:

Plot—Menentukan isi cerita secara garis besar, mulai dari kemasan, suasana, feel dan closing harus terstruktur.

Goals—Video campaign harus memiliki tujuan yang jelas, karena tahap ini dapat membuat video promosi produk dapat tersampaikan dan membuat penonton menikmati setiap alur cerita tanpa bosan.

Tokoh—Peran tokoh atau karakter dalam video storytelling juga mempengaruhi isi cerita dan moody customer

Tempat—Menentukan lokasi sama dengan menentukan karakter atau suasana hati penonton, sasar tempat yang sesuai dengan isi video promosi produk.

Penonton—Buatlah demografi atau perencanaan target customer maupun penonton video campaign Anda, supaya mendapat impresi yang tinggi.

Distribusi channel—Gunakan platform social media marketing sebagai distribusi channel video promosi produk seperti YouTube, Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lainnya.

Setelah menentukan dasar perencanaan pembuatan video storytelling, mengharuskan Anda mengetahui cara membuat video storytelling dan mendistribusikannya, yakni:

Menentukan Tujuan dan Target Customer

Setelah merancang dasar pembuatan video campaign storytelling, Anda diharuskan menentukan tujuan dan target customer. Hal itu memungkinkan strategi storytelling berjalan maksimal. Karena membuat video storytelling untuk branding marketing membutuhkan kepastian antara membangun brand awareness atau menjangkau audiens.

Skenario dengan narasi yang soft selling

Dalam hal ini skenario pembuatan video promosi produk storytelling sangat penting. Dengan penulisan narasi yang soft selling dan plot yang mudah dipahami, membuat proses produksi video campaign storytelling berjalan tanpa hambatan. Karena pada dasarnya, narasi dan plot dapat membangun skenario promosi yang dapat menyesuaikan keinginan market.

Strategi promosi dengan format video dan tools editing

Cara ini memungkinkan distribusi video promosi produk berjalan maksimal dengan kualitas yang terbaik. Pertimbangkan dalam memilih format video storytelling, karena menarik perhatian customer diawali dengan kualitas video. Begitupun dengan tools editing-nya, perlu perhatian khusus agar detail konten terjaga dengan baik dan konsisten hingga akhir penayangan.

Setelah format video dan tools editing, rencanakan target promosi sebelum merilis konten tersebut. Kemudian distribusikan konten video tersebut melalui berbagai platform social media. Strategi ini merupakan proses menjangkau audiens.

Andalkan digital video marketing agency

Cara terakhir yang dapat Anda maksimalkan adalah tim produksi dari digital video marketing agency untuk menghasilkan video storytelling lebih optimal. Manfaat memiliki tim produksi adalah hal yang wajar dari segi kualitas dan hasil. Jasa tim produksi sangat variatif, jadi Anda harus solutif dalam memilih-nya. Tetapi, jangan khawatir, jasa digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia banyak yang memiliki lisensi profesional yang memiliki kredibilitas dalam membuat video storytelling mencapai target (goals).

Strategi di atas merupakan contoh “The Power of Storytelling” dalam pembuatan video promosi bisnis Anda. Beberapa brand terbaik dunia seperti Apple dan Nike sudah merasakan kesuksesan melalui strategi promosi storytelling. Untuk itu Anda bisa mulai menerapkan idealisme video promosi produk di setiap campaign bisnis. Belajar bagaimana cara membuat video storytelling tidaklah sulit, meski butuh proses untuk mencapai ke tahapan distribusi. Bila belum ada opsi dalam waktu dekat, hire digital marketing agency Jakarta Indonesia yang berpengalaman.

Selamat mencoba!

 

References:

https://redcomm.co.id/knowledges/pemanfaatan-storytelling-dalam-video-production?readmore=true

https://www.vidyard.com/blog/video-storytelling/

Let’s talk about your brand