Memasuki tahun 2025, bukan hanya kalender yang berganti, tetapi juga dinamika media sosial yang terus berkembang. Tren terbaru mulai mendominasi, menjadi kunci utama dalam strategi content marketing yang lebih relevan dan tepat sasaran. Dengan memahami perubahan ini, brand dapat menjangkau audiens secara lebih efektif dan meningkatkan engagement secara maksimal.
Selera Customer Terus Berubah Mengikuti Tren
Pada umumnya, content dibuat untuk ditampilkan secara online, sehingga dapat diakses oleh audiens dengan lebih mudah. Dengan begitu, para calon konsumen dapat mengakses content kapan saja dan dari mana saja.
Meski demikian, selera customer terus berubah dari waktu ke waktu. Ini berarti, Anda perlu memastikan untuk selalu mengikuti tren content marketing. Mengikuti tren content marketing yang terbaru dapat menarik minat lebih banyak customer, apalagi jika sesuai dengan kesukaan customer saat ini.
Menurut survei dari Content Marketing Institute, sebanyak 46% marketer B2B berencana menaikkan anggaran content marketing di tahun 2025. Fokus utama mereka adalah konten video, yang diprediksi mampu meningkatkan keuntungan hingga 61%. Dengan tren ini, brand yang berinvestasi pada video marketing berpeluang lebih besar untuk menarik audiens dan mendorong konversi.
Oleh karena itu, online content yang terus berkembang juga membuat persaingan semakin ketat. Anda pun perlu mengetahui seperti apa strategi yang dilakukan oleh kompetitor, sehingga content Anda dapat dibuat sedemikian rupa agar berbeda dari yang lain dan menarik perhatian karena memiliki ciri khas.
Salah satu cara terbaik mengoptimalkan content marketing adalah dengan membuat content di social media. Simak tren content marketing yang populer di tahun 2025 berikut ini.
Tren Content Marketing 2025 untuk Social Media
Tren content marketing dengan cepat datang dan pergi. Kunci penting dalam membuat konten yang menarik, sehingga menjadi tren yang dicari di antaranya:
Membuat Video Panjang dan Video Pendek
Content video sangat efektif karena dapat menyampaikan storytelling dengan cara yang menarik, sehingga membuat audiens melakukan aksi untuk membeli produk atau menggunakan layanan brand Anda. Anda pun perlu menentukan isi content tersebut agar bisa mempertahankan fokus audiens untuk menonton video sampai habis.
Ada dua tipe video untuk content marketing berdasarkan durasinya, yaitu video panjang dan video pendek. Idealnya, video panjang memiliki durasi maksimum 30 menit, sedangkan video pendek berdurasi maksimum 1 menit.
Video panjang cocok untuk content yang memuat topik seperti vlog, dokumentasi, dan apapun untuk menyampaikan informasi sekaligus hiburan. Video pendek ideal untuk menampilkan highlight atau versi short dari video panjang.
Kolaborasi dengan Influencer
Memasuki tahun 2025, kolaborasi dengan influencer semakin populer dan menjadi strategi utama dalam pemasaran digital. Berbagai industri kini semakin aktif menggandeng influencer untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui konten kreatif. Hal ini tidak mengherankan, karena pengaruh influencer sangat besar dalam membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan mendorong konversi.
Influencer tidak hanya berperan dalam content marketing secara online, tetapi juga dapat menggerakkan semua elemen promosi perusahaan, mulai dari marketing, periklanan, entertainment, hingga digital campaign dan event brand. Tidak ada batasan untuk ruang gerak influencer. Brand Anda dapat berkolaborasi dengan mereka untuk semua promosi.
Bagi brand yang ingin tetap relevan dan menjangkau audiens lebih luas, berkolaborasi dengan influencer adalah langkah strategis yang tidak boleh dilewatkan. Dengan pendekatan yang tepat, influencer marketing dapat menjadi senjata ampuh dalam membangun koneksi yang lebih kuat dengan konsumen di era digital.
Konten Personal untuk Menawarkan Jasa dan Layanan
Audiens semakin menyukai content yang bersifat personal yang dapat menyentuh emosi dan perasaan. Dengan begitu, para audiens merasa seperti berinteraksi sungguhan dengan seseorang dan tidak hanya sekadar menyimak sebuah content, karena content tersebut seakan “berbicara”.
Maka dari itu, content yang dibuat harus bermanfaat, efektif, dan relevan dengan pesan yang ingin disampaikan. Pastikan content tidak hanya informatif, tetapi juga mudah dipahami dan menarik bagi audiens. Gunakan gaya komunikasi yang friendly dan engaging, seolah sedang mengobrol langsung dengan mereka.
Kuncinya adalah membuat content yang dapat berinteraksi dengan audiens selayaknya melakukan interaksi manusia. Misalnya, seperti content video vlog, membuat survei dan diskusi di social media, mengadakan event, menceritakan keberhasilan dalam mengatasi tantangan, dan masih banyak lagi. Pendekatan yang lebih personal ini akan meningkatkan interaksi, keterlibatan, dan loyalitas audiens terhadap brand Anda.
Memilih Niche Spesifik untuk Content Marketing
Anda dapat mengarahkan fokus kepada niche content. Kini, user semakin terbiasa berbicara langsung dengan perangkat mereka, seperti mencari sesuatu dengan menggunakan voice search dan bahkan mengobrol dengan AI.
Maka dari itu, content Anda harus dapat memberikan jawaban untuk berbagai pertanyaan kunci untuk dapat mengarah ke niche yang spesifik. Untuk itu, Anda perlu benar-benar memahami hal yang disukai dan tidak disukai oleh audiens Anda.
Anda juga boleh meminta bantuan AI tools untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai audiens Anda, serta mengetahui seperti apa pola pencarian mereka di mesin telusur. Kemudian, buat content dengan target ditampilkan di AI mesin telusur. Pastikan juga content tersebut bernuansa seperti mengobrol dan mengajak berbicara selayaknya manusia.
Membentuk Komunitas Brand
Komunitas brand adalah elemen yang sangat penting dalam marketing. Hal tersebut karena manusia adalah makhluk sosial, sehingga memiliki perasaan saling terikat dan ingin menjadi bagian dari sesuatu. Maka, konsumen Anda ingin bisa saling mengenal satu sama lain di dalam suasana yang nyaman.
Untuk itu, sangat penting Anda membentuk komunitas khusus untuk brand Anda. Dengan begitu, para pelanggan Anda dapat bertemu dan saling mengenal kemudian berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan brand Anda.
Dalam komunitas ini, Anda pun dapat menyelenggarakan aktivitas untuk diikuti bersama, seperti misalnya campaign, jalan sehat, anniversary brand. Biarkan para members berbagi momen keseruan mereka di social media, sehingga dapat ikut menarik audiens baru untuk menjadi konsumen Anda.
Buat Rencana Content Marketing Bersama IDEOWORKS
Tidak perlu bingung cara untuk memulainya. Anda dapat mengandalkan digital marketing agency Jakarta untuk mengembangkan content marketing Anda agar mengikuti tren. Hubungi IDEOWORKS untuk membuat content tentang apa saja.
Anda juga dapat membuat website, mengoptimalkan SEO, merancang Google Ads dan Facebook Ads dan masih banyak lagi. IDEOWORKS siap penuhi semua kebutuhan digital marketing Anda.