Articles

04 Maret 2021

5 Kunci Trend Digital Marketing di Tahun 2021

Pandemi COVID-19 yang masih terus terjadi hingga saat ini memang membawa perubahan besar tentang kehidupan bisnis yang ada di seluruh dunia. Banyak perubahan juga yang terjadi dalam industri bisnis termasuk model pemasarannya. Di era serba digital saat ini, ditambah dengan keadaan sosial yang serba dibatasi membuat digital marketing semakin banyak digunakan dalam promosi. Banyak digital agency Jakarta yang dicari oleh perusahaan besar maupun kecil demi meningkatkan pemasaran produk mereka.  Agar terus update dengan perkembangan masa kini, Anda harus mengetahui 5 kunci trend digital marketing tahun 2021 di bawah ini:   
  • Social Media to Engage & Retain

 Perusahaan harus siap dalam menggunakan sosial media sebagai alat marketing pada tahun 2021. Selama musim dingin tahun 2020 di Amerika Serikat, anggaran untuk marketing melalui sosial media naik sebanyak 13% dari 24% dari total anggaran pemasaran selama periode Q2 pada tahun 2020 kemarin. Hal ini diprediksi akan terus meningkat dan berlanjut selama tahun 2021. Masa pandemi membuat banyak orang menghabiskan waktunya untuk online, termasuk untuk mencari tahu tentang sebuah produk, merek, perusahaan dan organisasi.  Peningkatan pengguna media sosial memberikan peluang besar bagi dunia digital marketing untuk meningkatkan jangkauan mereka dengan audiens baru dan tetap terhubung dengan pelanggan lama. Sosial media menjadi media yang tepat untuk memasarkan, mengembangkan konten, memposting produk, meminta feedback dan lainnya yang bisa meningkatkan dan menjaga bisnis Anda agar tidak hilang di tengah banyaknya persaingan yang ada.   
  • All-in pada Google Listing dan SEO Lokal

 Jika Anda memiliki usaha kecil atau baru saja memulai usaha, hal paling penting yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa brand atau perusahaan Anda telah diverifikasi dan bisa dicari di berbagai platform pencarian. Buatlah perusahaan Anda terdaftar dalam Google maps, Google My Business yang menyediakan tempat agar Anda bisa berbagi informasi tentang usaha yang sedang Anda buat. Mulai dari bidang apa perusahaan Anda bergerak, jam kerja, hari kerja, alamat, nomor yang bisa dihubungi, email, dan lainnya. Semakin banyak orang yang mencari tentang perusahaan Anda di Google, maka kemungkinan nama perusahaan Anda berada di pencarian atas akan semakin besar.  Selain itu, Anda bisa menggunakan jasa SEO untuk menulis sebuah artikel yang update dengan keyword khusus untuk meningkatkan rangking brand perusahaan Anda berada di pencarian atas Google. Membuat berita dan daftar tentang perusahaan Anda terus terupdate, juga membuat para pelanggan Anda dan calon pelanggan akan mengerti jika sewaktu-waktu terjadi perubahan waktu beroperasi, alamat yang berubah, harga yang berbeda dan lain sebagainya.   
  • Meningkatkan Komunikasi yang Available

  Menurut McKinsey, ketersedian produk dan servis yang diberikan oleh penjual menjadi alasan utama tentang kesetian pelanggan pada suatu produk, brand atau perusahaan. Saat ini para pelanggan sudah lebih pintar dan lebih kritis dalam membandingkan suatu produk satu dan produk lainnya. Karena itu, skill komunikasi dari customer service yang baik bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap sebuah perusahaan. Saat ini email marketing menjadi cara tercepat untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga Anda bisa menginformasikan tentang produk baru, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan produk secara otomatis melalui pesan teks atau email.   
  • Automated Bidding di Google Ads

 Pemasaran melalui Google Ads memang selalu harus mengubah dan menyesuaikan campaign, keyword dan tawaran untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semakin besar jumlah yang Anda bayar untuk Google Ads, maka akan semakin lebih banyak jam tayang yang bisa Anda dapatkan untuk memasarkan produk Anda. Dengan menggunakan automated bidding pada Google Ads, memungkinkan Google untuk mengotomatiskan langkah untuk menyesuaikan bid atau tawaran Anda secara real-time.  Saat ini menggunakan bidding otomatis sudah bukan hal yang baru lagi, bahkan terjadi peningkatan pada tahun lalu, dan diprediksi akan tetap bertahan menjadi sebuah trend selama tahun 2021 ini.   
  • The Power of Voice Search

 Voice Search atau penelusuran suara merupakan salah satu hal yang menjadi trend saat ini. Meskipun sudah bukan termasuk dari algoritma Google lagi, namun masih menentukan hasil pencarian hingga saat ini. Voice search queries sering memberikan hasil yang berbeda dibandingkan jika Anda menggunakan penelusuran berbasis teks. Karena itu untuk SEO saat ini, ada baiknya perusahaan muai beradaptasi dengan komponen penelusuran suara, karena konsumen sudah mulai lebih banyak menggunakan fitur ini. Menurut para ahli di bidang voice search, konten harus bisa dioptimalkan secara spesifik khusus untuk penelusuran suara. Karena itu kata kunci harus lebing langsung dan komunikatif, sehingga akan memberikan hasil yang lebih akurat untuk disinkronkan dengan permintaan pencarian. Hal ini bisa membantu untuk meningkatkan traffic dengan tetap relevan dan lebih terlihat oleh konsumen. Masih belum paham dengan penggunaan voice search? Jangan khawatir, Anda bisa menghubungi digital agency Jakarta yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda tentang voice search secara profesional.  Untuk pemasaran digital baik menggunakan media sosial, hingga SEO specialist bisa Anda percayakan pada IDEOWORKS.ID. Kami sebagai dIgital agency Jakarta siap menjadi mitra bagi Anda dan perusahaan demi memenuhi setiap aspek kebutuhan pemasaran yang diperlukan agar performa perusahaan melaju dengan pesat. 

Category

Featured Articles

Related Articles

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top