Articles

04 Maret 2021

Tips Cerdas untuk Mengenalkan Brand Voice pada Masyarakat Luar di Era Digital

Di era digital saat ini, bisnis bisa berkembang cepat dan menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan mudah. Ada banyak strategi yang bisa dicoba. Belum lagi bantuan digital agency yang kini makin menggeliat, termasuk di Indonesia. Digital Agency Indonesia mampu menciptakan peluang bisnis besar dan mengenalkan brand Anda kepada masyarakat luas.Meski terlihat mudah, tidak semua strategi bisa diterapkan untuk bisnis. Dari situlah pentingnya untuk selalu mempelajari minat pasar dan mengikuti tren yang berlangsung. Tujuannya tidak lain untuk mengenalkan merek dagang Anda kepada banyak orang. Suara merek atau pesan dari merek yang Anda miliki peran penting dalam kesuksesan bisnis, sehingga perlu direncanakan dengan baik. Mulai dari pakai bahasa relevan, memiliki kredibilitas, dan berisi kata kunci yang biasa dicari pelanggan. Satu hal penting yang perlu Anda lakukan saat pengenalan merek ini adalah konsisten. Pastikan pesan dalam merek Anda tersampaikan dengan jelas dan tidak membuat audiens bingung. Pasalnya 83% loyalitas pelanggan berasal dari kepercayaan. Ketika pesan dari merek Anda berubah, maka mereka akan sulit kembali untuk membeli atau memakai produk Anda. Lalu seperti apa cara cerdas mengenalkan merek kepada banyak orang? Simak ulasannya berikut.  
  • Menentukan Ciri Utama pada Brand

Sebelum proses pengenalan, Anda wajib tahu apa ciri utama dari merek Anda. Ada banyak gambaran yang bisa digunakan untuk menentukan ciri khas utama tersebut. Anda bisa memiliki beberapa kata atau frasa yang menggambarkan tentang bisnis, produk atau budaya Anda. Dalam frasa atau kata yang Anda pilih harus mencerminkan nilai produk yang ingin dipasarkan dan jadi unggulan bisnis. Kata atau frasa yang berkarakter tersebut yang akan menjadi ciri-ciri merek dan menjadi dasar atau pondasi dalam upaya pemasaran bisnis Anda.  
  • Beri Alasan, Mengapa Anda Berbeda atau Unik

 Ingin menjangkau pembeli yang sama dengan pesaing industri cukup banyak memang cukup sulit. Apalagi jika bisnismu tergolong baru merintis. Ada banyak hal penting yang perlu Anda lakukan agar merek Anda dapat dilirik oleh calon pembeli. Salah satunya dengan cepat membedakan diri dengan para pesaing. Anda bisa menggunakan sebuah cerita yang terhubung dengan tujuan untuk menyuarakan brand voice kepada banyak orang. Terlihat sangat sederhana, tapi dapat memberikan efek luar biasa.
  1. Beri Jeda dalam Menyuarakan Brand Bisnis

Setiap bisnis atau perusahaan memiliki jargon sendiri. Anda bisa melihat dan memperhatikan bagaimana perusahaan bisa sukses atau gagal dengan cara mereka menyuarakan mereknya. Mulai dari bahasa atau cara penyampaian. Untuk mengetahui hal tersebut, ada waktunya Anda untuk memberi jeda menyebarkan suara merek Anda kepada banyak orang. Tidak hanya bisnis orang lain, Anda juga wajib untuk mendengarkan suara merek sendiri yang sudah dikenalkan. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui seberapa besar jangkauan dan memastikan jika produk Anda selaras dengan keinginan audiens. Waktu jeda ini juga bisa digunakan untuk mendengarkan masukan dari rekan kerja, pesaing, prospek atau pun pelanggan. Sebuah bisnis akan semakin kuat ketika ia mampu mendengarkan kritikan dan mengembangkan suara merek dengan baik dan selalu konsisten.
  1. Penerapan Brand Voice

Sudah tahu ciri unik dari merek Anda? Miliki audiens yang selaras dengan produk bisnis Anda? Inilah waktunya Anda bisa menerapkan rencana berikutnya yang dapat menjangkau audiens lebih banyak. Cara berikutnya adalah memperluas karakteristik suara merek yang dapat diolah oleh tim pemasaran. Anda bisa memberikan arahan seperti kata kerja tindakan untuk mengambil sikap. Pelajari contoh konten yang tepat sasaran agar suara merek bisa tidak meleset. Tujuannya tidak lain untuk menyampaikan kepribadian dan keaslian merek kepada calon pelanggan.Di era digital ini, pengenalan merek makin mudah untuk dilakukan. Apalagi ada banyak agency digital yang siap untuk membantu dalam proses menyuarakan merek dagang. Namun, pastikan suara merek terus konsisten sehingga tidak membuat calon pelanggan atau pelanggan kebingungan. Dengarkan pula masukan atau kritikan dari mereka agar usaha bisnis makin berkembang. Untuk mempertajam suara merek bisnis, Anda juga bisa mempelajari dari perusahaan yang sukses besar berkat cara pengenalan mereka.Tidak hanya itu saja, Anda tidak boleh melewatkan untuk mengetahui bagaimana jatuhnya perusahaan yang gagal akibat salah dalam mengenalkan merek mereka. Hal ini bisa jadi catatan untuk tidak digunakan atau dihindari dalam proses pemasaran bisnis Anda. Untuk membangun kesadaran merek dan loyalitas pelanggan tidaklah mudah. Butuh perjuangan berat dan langkah besar menuju kesuksesan. Strategi pemasaran juga harus dibuat dengan kuat agar bisnis tetap berjalan dan tidak goyah.Untuk mendukung penyuaraan merek bisnis, Anda bisa meningkatkan dan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis digital. Ada banyak digital agency Indonesia yang memiliki etos kerja tinggi dan siap mendorong kemajuan bisnis Anda. Salah satunya IDEOWORKS.ID yang memberikan solusi bisnis terbaik untuk usaha Anda. Sudah siap untuk mengenalkan merek bisnis Anda kepada dunia dengan IDEOWORKS.ID?
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top