Preloader
SSUCv3H4sIAAAAAAAACnRSu27DMAzcC/QfDM0xmvrtjB26FejQLehAy4wtRJECPVIEQf69kmW1GtrNvKOOd6Rvjw9ZRgbQjJJddvOVqxnnVhsFhknh4O1mxRWKEVWKXFTZbFMAR2akYsBTcABDZwEndKCwnHv4vpBEGzBWo/bTV4iCwclpBPBHIljchzqLxEK6F44iH+imSC6nK9kkrLaDZ9+Ypsg5CJRWk8iHmf8IvljNBGr99MoECIp/yb6jPHP81QsfnzE6TCjodUmXpFbIEULqfWglxy+D6pTuAezIZLKCi6TAfUOZKJ0Vo0xMyTNp5uVG8RmVVhjlLZDon3ApzzA427vs4DQx4jNo7drHiCeDqPsj5CmZI6RZAqyqZHRn8+VzWbRlWxddWW/7oq/bam0Ip56Z01nsRCFX0yMb0+jMOyDYj1XT1FU+HIomr3Ds874rm7yvKK27Fmhfd27x928AAAD//wMAPBFAP8UCAAA=

Alasan Mengapa Pemasaran Digital Tetap Menjadi Strategi Pemasaran Terbaik untuk Bisnis Anda

Seiring dengan perkembangan teknologi internet yang pesat, hal tersebut turut mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah perubahan teknik pemasaran fisik yang mulai beralih ke strategi pemasaran digital (digital marketing). Penerapan pasar digital yang efektif terbukti dapat membantu para pemilik bisnis pemula hingga pemilik brand ternama dalam memasarkan produk dan layanannya.

Namun, apa sebenarnya yang membuat strategi pemasaran digital begitu penting dan efektif di era sekarang ini?

Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis 

Berikut ini alasan mengapa digital marketing menjadi strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan.

1. Memberikan Kualitas Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Di dalam bisnis pelayanan atau penawaran produk, konsumen adalah raja. Feedback dari mereka bisa menjadi sarana yang mempermudah Anda untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas produk atau layanan jasa yang ditawarkan. 

Penerapan digital marketing dapat membantu Anda dalam mendapatkan ulasan yang berharga ini melalui forum-forum khusus konsumen dimana mereka bisa membagikan ulasan maupun mengusulkan produk atau layanan mereka butuhkan. Dengan membaca feedback yang ada di dalam forum tersebut, Anda jadi dapat memperoleh insights mengenai ekspektasi dari para konsumen dan melakukan perbaikan kualitas yang dibutuhkan.

2. Ajang Kompetisi yang Adil

Strategi pemasaran digital juga membuka peluang kompetisi yang lebih adil dan berwarna di kalangan perusahaan. Efektivitas strategi ini tidak dilihat dari apakah Anda memiliki perusahaan besar atau kecil. Bahkan agensi kecil sekalipun memiliki peluang untuk bertumbuh dan bahkan mengungguli perusahaan besar dengan menerapkan strategi digital marketing yang tepat dan efektif. Bahkan, strategi ini juga membuka peluang bagi pemilik bisnis yang baru mengembangkan usahanya tanpa harus membuka outlet fisik. 

3. Meningkatkan ROI 

Sebagai pemilik bisnis, sewajarnya Anda menginginkan tingkat ROI atau Return of Investment yang tinggi. Peningkatan ROI bisa menjadi salah satu indikator bahwa investasi bisnis yang Anda lakukan membuahkan hasil yang diinginkan. Strategi digital marketing membantu Anda mewujudkan hal tersebut dengan lebih cepat. 

Misalnya, dengan menerapkan strategi PPC Anda bisa mendapatkan lebih banyak leads sekaligus memperluas customer base yang setia. Penerapan strategi pemasaran digital membantu Anda memasarkan produk atau jasa sesuai dengan target pasar yang lebih terarah, yang pada akhirnya memberikan peningkatan ROI yang memuaskan.

4. Sarana Membangun Brand

Pemasaran digital juga sangat mempermudah Anda dalam membangun brand. Berbeda dari metode iklan di televisi, strategi pemasaran secara digital membantu Anda membidik target pasar yang lebih spesifik dan meningkatkan awareness mengenai brand bisnis yang dimiliki kepada calon konsumen yang tepat. Apabila produk atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut, mereka sudah pasti akan merekomendasikannya kepada calon konsumen lain yang membutuhkan produk serupa. Kemudahan akses internet melalui smartphone semakin membantu strategi pemasaran ini berjalan semakin mulus.

Komponen-Komponen Penting dalam Strategi Pemasaran Digital

Keuntungan dari menggunakan strategi pemasaran digital baru bisa diperoleh dengan penerapan yang tepat. Strategi digital marketing memiliki beberapa komponen yang bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, yaitu:

1. PPC

PPC atau (Pay Per Click) adalah salah satu komponen di dalam strategi digital marketing. Fitur ini merupakan fitur layanan berbayar dari Google yang memungkinkan iklan Anda tampil di laman hasil pencarian dengan keyword yang relevan. Apabila seseorang mengklik iklan tersebut, maka Anda harus membayar dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya. Tentunya, semakin besar budget iklan yang dikeluarkan, semakin besar pula peluang situs bisnis Anda muncul di urutan pertama pada laman hasil pencarian Google. 

2. SEO

Jika Anda mencari strategi digital marketing yang lebih ramah di budget dan memberikan hasil yang lebih memuaskan dalam jangka panjang, maka strategi SEO adalah jawabannya. SEO, atau Search Engine Optimization adalah strategi optimasi mesin pencari untuk menarik traffic pengunjung secara organik dan membuat situs Anda bertengger di laman pertama dan teratas di laman pencarian Google. 

Untuk menerapkan strategi ini, Anda tidak harus mengeluarkan biaya sepeserpun jika melakukannya sendiri. Atau, Anda juga bisa membayar jasa digital marketing agency untuk menerapkan strategi SEO terbaik dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan PPC. Strategi ini meliputi usaha yang berkelanjutan, seperti riset kata kunci, optimasi konten, dan mendapatkan backlink berkualitas.

3. Email Marketing

Email marketing juga menjadi salah satu komponen di dalam digital marketing yang sangat efektif. Strategi ini sangat ideal bagi Anda yang ingin melakukan pendekatan yang lebih personal kepada calon konsumen potensial, yaitu dengan mengirimkan mereka email mengenai produk-produk yang brand Anda tawarkan. 

Untuk memastikan strategi ini membuahkan hasil yang sesuai ekspektasi, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan membuat subject line yang menarik dan membuat konten email menggunakan bahasa persuasif dan mudah dipahami. Fitur pengiriman email otomatis juga membantu Anda dalam mengirimkan email pemasaran berupa penawaran diskon untuk pengguna atau konsumen baru.

4. Konten

Pembuatan konten informatif dan berkualitas juga menjadi bagian dari strategi digital marketing yang ideal. Pembuatan konten, seperti blogging, membantu situs Anda meraih ranking tinggi di Google sekaligus meningkatkan otoritas Anda. Buatlah konten yang relevan dengan bisnis yang Anda jalankan, dan jangan lupa memastikan bahwa di dalamnya terdapat informasi yang bermanfaat dan mudah dicerna bagi para pembaca. 

5. Social Media Marketing

Media sosial juga bisa menjadi salah satu sarana digital marketing yang tak kalah efektif. Aktivitas ini meliputi kegiatan pemasaran atau promosi menggunakan berbagai platform media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Strategi pemasaran digital ini sangat mudah dilakukan dan dapat membantu Anda menarget target konsumen secara lebih spesifik. Terutama, jika target konsumen Anda adalah anak-anak muda yang memiliki pola konsumsi media sosial yang tinggi. Data yang Anda peroleh melalui media sosial juga bisa menjadi input berharga dalam membuat iklan pemasaran sesuai dengan apa yang calon konsumen butuhkan.

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi bahwa pemasaran digital menjadi pilihan strategi terbaik dan paling efektif untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Untuk itu, Anda dapat bekerjasama dengan digital agency Jakarta ini yang tidak hanya dapat merancang strategi pemasaran digital yang sesuai dengan profil bisnis, namun juga mengoptimalkannya sehingga bisnis Anda mendapatkan hasil yang maksimal. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembuatan digital ads untuk Google dan platform medsos Facebook, hingga membuat website SEOfriendly untuk kebutuhan pemasaran digital. Hubungi Ideoworks dan mulai jalan kesuksesan melalui digital marketing sekarang!

Tags

Further Reading: