Preloader
Businesspeople meeting plan analysis graph company finance strategy statistics success concept and planning for future in office room.

Strategi Brand Cerdas untuk Siasati Bujet Minim: Maksimalkan Digital Marketing

Kondisi ekonomi yang tidak menentu membuat brand harus pandai-pandai mengatur bujet, khususnya untuk marketing, karena sangat penting untuk memaksimalkan penjualan. Namun, dengan budget marketing yang lebih tipis, seperti apa cara brand cerdas untuk tetap bertahan? Kuncinya adalah beralih pada digital marketing dan mengoptimalkannya. Cari tahu strateginya dalam ulasan berikut.

Mengapa Memangkas Bujet Marketing Tepat untuk Dilakukan?

Memangkas bujet marketing menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan karena alasan dan tujuan berikut:

Menjaga Ritme Penjualan Saat Daya Beli Konsumen Menurun

Saat daya beli consumer menurun, penjualan juga ikut mengalami penurunan. Meski demikian, marketing tentu harus tetap berjalan. Untuk itu, salah satu strateginya adalah memangkas biaya marketing. Sebab, meskipun daya beli konsumen menurun, mereka tetap selalu membutuhkan produk dan layanan tertentu untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun ritme penjualan bisnis Anda ikut menurun, setidaknya, kondisi finansial perusahaan masih dapat distabilkan.

Mengalokasikan Bujet untuk Fokus pada Digital Marketing

Memangkas biaya marketing juga tidak dilakukan dengan sembarangan, melainkan dengan membuat strategi menyeluruh, untuk mengalokasikan biayanya pada aktivitas pemasaran yang lebih efektif dan efisien, yaitu digital marketing. Sebab, banyak kompetitor yang juga memangkas biaya termasuk untuk digital marketing. Inilah saatnya Anda bersaing dengan cara “berlari” lebih cepat mendahului kompetitor melalui digital marketing untuk brand Anda.

Tips Efektif untuk Relokasi Bujet Marketing yang Efisien

Ada tips yang dapat Anda coba terapkan, untuk membuat relokasi bujet marketing menjadi lebih efisien, di antaranya:

Fokus pada Channel dengan Konversi Tinggi

Arahkan fokus dan investasi biaya untuk platform channel yang sebelumnya memang sudah ramai pengunjung, serta menjadi tempat dengan transaksi penjualan paling tinggi, atau paling banyak memiliki leads.

Manfaatkan Data Analitik Secara Maksimal

Selalu terapkan evaluasi, juga analisa performa di semua channel marketing. Lihat data dan statistik performa dari setiap platform media pemasaran Anda. Perhatikan, manakah pemasaran yang paling tidak efektif dan tidak menghasilkan penjualan, maka strategi marketing tersebut dapat ditinggalkan.

Kini, setelah benar-benar fokus kepada channel marketing yang paling efektif, Anda dapat menentukan strategi yang tepat untuk digital marketing dengan bujet yang lebih efisien.

Strategi Digital Marketing dengan Bujet Efisien

Memangkas bujet adalah langkah tepat, jika diikuti dengan strategi digital marketing yang dapat memberikan hasil secara efektif. Agar penjualan tetap stabil bahkan meningkat, meskipun secara perlahan tapi pasti, Anda dapat mencoba menerapkan strategi digital marketing seperti berikut ini:

1. Mengadakan Webinar atau Event Virtual

Webinar atau event virtual adalah cara yang sangat tepat untuk menciptakan engagement dengan audiens, sekaligus membangun nilai dan otoritas brand. Anda pun dapat membuat event tersebut yang memuat sesi untuk berbagi edukasi dan informasi, tanpa perlu bujet yang besar.

Cara ini pun dapat membuat brand Anda lebih muncul dan lebih dikenal. Anda pun dapat mempromosikan event ini di media sosial dan email. Lalu, saat event, berinteraksilah dengan audiens dan ajak mereka berpartisipasi untuk meningkatkan engagement.

2. Maksimalkan Content Marketing dan Blogging

Content marketing dapat berhasil jika menggunakan konten yang mengedukasi dan bisa menarik minat consumer yang potensial khususnya mereka yang tertarik untuk menggunakan produk dan layanan brand Anda. 

Selain itu, blogging juga menjadi strategi dengan biaya efisien untuk digital marketing. Maka, strategi yang tepat dilakukan adalah konsisten mem-publish konten yang dapat memberikan informasi dan solusi untuk konsumen, agar dapat menghasilkan trafik organik dan penjualan.

3. Berkolaborasi dengan Micro-Influencer

Micro-influencer pada umumnya memiliki jumlah follower yang lebih sedikit namun sangat engaging dengan konten mereka. Maka dari itu, berkolaborasi dengan micro-influencer dapat menjadi strategi dengan biaya efisien, untuk mempromosikan produk dan layanan brand Anda.

Anda pun tidak harus menggunakan bujet tinggi untuk bekerja sama dengan influencer besar. Strategi ini memakai pendekatan yang lebih autentik dalam digital marketing, sekaligus dapat mengarahkan audiens untuk berinteraksi dengan brand Anda, sehingga memaksimalkan engagement.

4. Memanfaatkan Tools SEO Gratis

Search Engine Optimization atau SEO menjadi kunci penting untuk meningkatkan visibilitas brand. Meski demikian, strategi ini tidak harus mengeluarkan biaya tinggi dengan bujet besar. Triknya, Anda dapat memanfaatkan SEO tools gratis untuk mengoptimalkan website, agar muncul di halaman atas hasil mesin pencarian.

Sejumlah tools SEO gratis yang dapat Anda manfaatkan di antaranya: Google Keyword Planner dan Moz free tools. Optimalkan juga konten di website Anda, arahkan fokus pada longtail keyword, serta buat postingan di blog secara rutin.

5. Mengoptimalkan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang paling efisien dari segi biaya dan paling efektif, jika diterapkan dengan tepat. Menurut data dari Mack Media, email marketing memberikan hasil yang efektif dengan conversion rate 2,8% untuk brand B2C, dan 2,4% untuk brand B2B.

Melalui email marketing, Anda juga dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan consumer yang potensial, sekaligus memelihara hubungan dengan pelanggan untuk jangka panjang. Sedikit trik, Anda dapat menggunakan template desain yang profesional dan unik, serta buat email follow-up otomatis.

6. Meningkatkan Promosi di Media Sosial

Media sosial menjadi strategi yang sangat efektif dalam digital marketing. Anda dapat mengeluarkan biaya seefisien mungkin untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Anda dapat menciptakan engagement secara langsung, membangun reputasi brand, serta mudah berinteraksi dengan konsumen. 

Gunakan strategi dan platform media sosial yang tepat, sehingga Anda dapat memaksimalkan digital marketing dengan bujet yang paling efisien. Media sosial yang paling populer di antaranya: Tiktok, Instagram, LinkedIn dan Facebook.

Kesimpulan

Dengan bujet terbatas, brand cerdas beralih ke digital marketing sebagai strategi efisien untuk tetap bersaing. Fokus pada konten, SEO, media sosial, dan kolaborasi micro-influencer jadi kunci menjaga visibilitas dan penjualan tanpa biaya besar.

Tingkatkan penjualan bisnis Anda meskipun dengan bujet terbatas melalui penerapan strategi digital marketing yang tepat dan efisien. IDEOWORKS, sebagai marketing agency terpercaya, menawarkan layanan digital marketing terbaik dengan pengalaman yang mendalam dalam meningkatkan hasil penjualan secara signifikan. Hubungi IDEOWORKS sekarang untuk memulai transformasi digital marketing Anda.

Tags

Further Reading: