Saat sedang menjelajahi timeline media sosial, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan konten infografis. Tak hanya kreator individual, banyak juga bisnis yang mulai menggunakan strategi marketing ini. Bahkan, menurut data dari Visme, 67% marketer B2B sudah rutin mempublikasikan infografis di channel resmi mereka.
Namun, sebenarnya infografis itu apa, dan bagaimanakah Anda bisa membuat infografis yang unik untuk memaksimalkan strategi creative advertising?
Apa Itu Infografis?
Singkatnya, infografis adalah media informasi yang menggabungkan aset visual berupa ilustrasi, foto, dan logo dengan tipografi teks serta komposisi warna. Jenis konten ini bertujuan menyampaikan informasi yang mengandung banyak data dan mungkin sulit dicerna secara sekilas dalam bentuk yang lebih sederhana.
Umumnya, Anda dapat menemukan infografis untuk creative advertising di media sosial yang lebih menekankan konten visual seperti Instagram dan Pinterest. Tapi, tidak menutup kemungkinan konten sedemikian rupa juga ada di channel pemasaran lain seperti blog resmi perusahaan, LinkedIn, Facebook, dan masih banyak lagi.
Manfaat Creative Advertising dengan Infografis
Memangnya, apa saja kelebihan menggunakan infografis untuk strategi creative digital marketing advertising di era serba online seperti sekarang? Anda dapat menemukan jawabannya di daftar berikut:
1. Meningkatkan conversion rate
Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa konten visual lebih mudah dicerna karena otak kita mampu mengaitkan konsep dari informasi tertulis dengan ilustrasi dan gambar. Bahkan, 65% subjek dari penelitian yang sama merasa bahwa mereka masih bisa mengingat informasi visual tersebut tiga hari kemudian.
Karena inilah, infografis bisa membantu pengguna mengambil keputusan dengan lebih cepat. Hasilnya, conversion rate juga akan meningkat.
2. Meningkatkan exposure bisnis
Membuat infografis untuk strategi pemasaran secara kreatif juga bisa berkontribusi bagi exposure bisnis Anda. Mengapa? Sederhananya, konten visual sedemikian rupa lebih mudah dibagikan oleh satu pengguna ke pengguna lainnya, apa pun media yang mereka gunakan. Dengan demikian, jumlah orang yang mengetahui keberadaan bisnis Anda serta produk yang ditawarkan akan semakin bertambah. Hasilnya, brand awareness juga ikut meningkat.
3. Bisa membangun kredibilitas usaha
Brand awareness memang merupakan salah satu manfaat utama dari strategi creative advertising dengan infografis. Namun, tidak berhenti sampai di sana saja, Anda juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun kredibilitas bisnis. Misalnya, jika Anda rutin membuat konten yang bermanfaat bagi target audiens Anda, mereka dapat mengetahui bahwa perusahaan Anda adalah ahli yang terpercaya di bidang tertentu.
4. Mendukung strategi SEO dengan backlink
Apabila Anda ingin menonjolkan keberadaan brand di hasil pencarian dengan SEO, konten infografis dapat membantu strategi digital marketing Anda. Karena jenis konten ini lebih mudah dibagikan ke mana pun, pengguna yang ingin mengetahui sumber aslinya serta detail informasinya dapat mengklik link di infografis untuk menuju website perusahaan Anda.
Makin banyak jumlah pengunjung dari backlink, peluang Anda mencapai posisi tinggi di mesin pencarian juga lebih besar.
5. Performanya mudah diukur
Ternyata, Anda bisa mengukur efektivitas sebuah konten infografis berdasarkan KPI kampanye pemasaran yang sedang dijalankan dengan mudah. Bagaimana caranya?
Salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah dengan membangun landing page khusus infografis tertentu atau kumpulan infografis Anda. Kemudian, pelajari jumlah pengunjung, click rate, atau engagement rate dari halaman tersebut untuk mengevaluasi performa strategi marketing Anda.
5 Inspirasi Infografis untuk Creative Digital Marketing Advertising
Tidak perlu khawatir jika Anda bingung harus membuat infografis seperti apa untuk memulai strategi creative digital marketing advertising Anda. Simak beberapa ide yang bisa Anda coba di sini!
1. Perkembangan tren
Apakah bisnis Anda bergerak di bidang yang dinamis? Besar kemungkinan Anda akan memperhatikan tren terkini demi keberlangsungan usaha. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan infografis tentang perkembangan sebuah isu, industri, atau produk dari waktu ke waktu.
Karena tren senantiasa berubah-ubah, Anda tidak akan kehabisan ide konten infografis untuk mencerminkan perkembangan terbaru. Jadi, ide ini cocok untuk strategi creative advertising jangka panjang.
2. Berita terkini
Tak hanya isu terkini yang terbatas pada industri Anda, Anda juga bisa menjadikan berita terbaru dari lingkungan sekitar sebagai inspirasi konten infografis. Misalnya, Anda dapat membahas latar belakang pendidikan dan pencapaian dari calon anggota pemerintah menjelang Pemilu agar pembaca bisa menentukan pilihan mereka sedini mungkin.
Alternatif lainnya, Anda juga bisa mempublikasikan infografis tentang kabar iklim terkini jika perusahaan Anda memiliki image ramah lingkungan.
3. Hasil riset
Pada umumnya, konten yang mengandung banyak data teknis sulit dicerna karena memiliki banyak paragraf teks. Namun, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan membuat infografis. Apalagi, strategi ini juga bisa mengukuhkan kredibilitas brand Anda sebagai ahli di sebuah bidang.
Contohnya, Anda bisa membuat infografis tentang hasil uji efikasi sebuah kandungan kosmetik jika Anda bergerak di bidang kecantikan, atau mempublikasikan hasil survei dari efektivitas automasi pemasaran untuk penyedia software digital marketing.
4. Tutorial dan konten edukasi
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten infografis yang sarat akan elemen visual bisa membuat informasi tertentu jadi lebih mudah dicerna. Maka dari itu, Anda dapat menghadirkan konten edukatif dan informatif dalam format ini.
Misalnya, cobalah membuat infografis flowchart tentang cara melakukan sesuatu atau rekomendasi produk berdasarkan masalah serta kondisi tertentu. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten infografis yang menjabarkan perbedaan mendasar dari hal-hal yang sering menjadi miskonsepsi masyarakat awam.
5. Pencapaian dan identitas perusahaan
Selain mengangkat isu terkini dan hasil penelitian, Anda juga bisa mengukuhkan brand positioning Anda di bidang tertentu dengan mengangkat pencapaian bisnis Anda. Sebagai contoh, sebutkan penghargaan bergengsi yang telah didapat oleh perusahaan Anda selama setahun terakhir. Ide lainnya, Anda juga dapat menunjukkan core values yang dimiliki oleh bisnis Anda agar calon klien dan pelanggan bisa mencari kesamaan.
Konten infografis adalah salah satu jenis media visual yang cocok untuk strategi creative advertising karena mudah dipahami, bisa dibagikan ke mana saja, dan bisa mencakup banyak topik. Bahkan, strategi ini juga bisa membangun brand awareness dan conversion rate untuk meningkatkan keuntungan.
Agar hasilnya lebih efektif, Anda dapat mengandalkan bantuan profesional. Salah satu rekomendasi creative advertising agency terbaik di Indonesia adalah IDEOWORKS yang sudah berpengalaman memberikan solusi marketing kreatif dan efektif bagi brand-brand terkenal, termasuk untuk konten infografis. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu-ragu menyampaikan ide kreatif untuk memasarkan bisnis Anda kepada IDEOWORKS!