Preloader
Social Media Audit: Cara dan Manfaatnya untuk Bisnis

Social Media Audit: Cara dan Manfaatnya untuk Bisnis

Di era digital yang serba-terhubung ini, pemanfaatan media sosial telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif bagi bisnis. Hal ini didukung dengan data total pengguna media sosial yang mencapai 4,9 miliar di seluruh dunia. Karena total penggunanya cukup besar, inilah mengapa social media audit itu penting.

Audit social media adalah proses penghitungan dan analisis sehingga perusahaan dapat memperoleh wawasan tentang performa dan dampak social media marketing yang dijalankan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian, cara menghitung, dan manfaat audit social media bagi bisnis.

4 Manfaat Melakukan Social Media Audit Analysis

Sebelum kita memahami cara melakukan social media audit, penting untuk mengetahui manfaat apa yang bisa didapatkan dari proses ini. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya bagi bisnis Anda.

1. Meningkatkan efektivitas strategi marketing

Dengan melakukan audit social media, bisnis dapat mengevaluasi dan menganalisis performa kampanye mereka di media sosial. Ini membantu bisnis memahami apa saja strategi yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi marketing untuk mencapai target audiens dengan lebih baik.

2. Peluang baru untuk hasilkan leads

Setelah memperoleh hasil audit, bisnis juga bisa mengidentifikasi peluang baru untuk menarik calon pelanggan atau leads. Dengan menganalisis data interaksi pada setiap konten termasuk perilaku audiens, perusahaan dapat mengoptimalkan taktik pemasaran mereka untuk menarik lebih banyak leads.

3. Mempermudah analisis kompetitor

Audit social media tidak hanya berfokus pada analisis internal, tetapi juga mencakup evaluasi kompetitor. Itu artinya bisnis dapat melihat apa yang cocok diterapkan oleh pesaing dan belajar dari keberhasilan atau kegagalan mereka. Dengan begitu, bisnis Anda dapat memperoleh strategi pemasaran yang sesuai kebutuhan.

4. Penentuan KPI menjadi lebih mudah

Manfaat terakhir dari kehadiran audit social media adalah penentuan KPI menjadi lebih mudah. Mengidentifikasi metrik dan data selama proses audit membuat bisnis dapat menentukan Key Performance Indicators (KPI) yang tepat. KPI ini akan membantu bisnis mengukur keberhasilan kampanye dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Cara Melakukan Social Media Audit dengan Efektif

Setelah Anda memahami manfaat dari audit social media, mari kita belajar cara melakukannya dengan efektif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1. Periksa media sosial yang sudah digunakan

Supaya social media audit analysis bisa disebut efektif, Anda harus mengidentifikasi semua akun media sosial yang digunakan oleh bisnis Anda, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Intinya, semua lini yang Anda gunakan untuk berbisnis secara online. Sebab, setiap media sosial tersebut memiliki data dan kecenderungannya masing-masing, sehingga analisisnya harus dilakukan secara terpisah sekaligus merata.

2. Tentukan tujuan spesifik untuk tiap kanal

Sesuai dengan penjelasan di atas, setiap platform media sosial memiliki audiens yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tujuan social media marketing Anda harus jelas dulu di awal, misalnya apakah ingin menaikkan jumlah followers atau ingin memperlebar jangkauan.

Tentukan tujuan spesifik untuk setiap kanal media sosial berdasarkan karakteristik dan preferensi audiens di masing-masing platform. Dengan begitu, nantinya Anda akan lebih mudah saat harus melakukan social media audit analysis.

3. Cek performa konten yang paling baik

Analisis konten yang paling berhasil akan memberikan wawasan berharga tentang apa yang menarik minat audiens Anda. Maka dari itu, periksalah jumlah likes, views, dan komentar pada postingan Anda di berbagai lini menggunakan menu analytics pada masing-masing platform media sosial. Anda bisa melakukan hal ini setiap beberapa waktu sekali sebelum melangkah ke strategi berikutnya.

4. Pelajari informasi customer persona

Memahami customer persona adalah kunci untuk meraih keberhasilan dalam pemasaran. Customer persona ini bisa Anda peroleh ketika sudah menjalani proses social media audit analysis. Maka, gunakan data dari audit social media untuk memahami preferensi, demografi, dan perilaku audiens Anda sehingga dapat menyesuaikan konten bisnis secara lebih tepat.

5. Pertimbangkan platform baru

Selain mengaudit performa platform yang sudah digunakan sebelumnya, pertimbangkan juga untuk mencoba platform media sosial baru yang mungkin cocok bagi bisnis Anda. Kemudian, lakukan riset tentang platform tersebut dan lihatlah apakah audiens Anda aktif di sana. Aktif atau tidaknya audiens Anda di platform media sosial tentunya bisa diukur setelah melakukan proses analisis.

Rekomendasi Social Media Audit Tools dari Ahlinya

Dalam melaksanakan audit social media, Anda dapat menggunakan berbagai tools yang dirancang khusus untuk membantu proses ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi social media audit tools yang diakui oleh para ahli.

1. Sprout Social

Platform ini menyediakan analisis media sosial lengkap, termasuk melacak performa posting-an Anda secara real-time, menganalisis interaksi, pertumbuhan follower, dan banyak lagi. Selain itu, Sprout Social juga menyediakan fitur “Sentiment Analysis” yang memungkinkan Anda melihat pendapat pengguna terhadap merek Anda. Ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana audiens Anda merespons konten dan kampanye yang bisnis Anda lakukan.

2. Hootsuite

Salah satu social media audit tools populer yang juga bisa untuk mengelola media sosial sekaligus menyediakan fitur analisis performa kampanye dan mengukur ROI adalah Hootsuite. Platrom ini memiliki fitur “Social Media Analytics” yang mencakup laporan tentang pertumbuhan pengikut, engagement rate, bahkan perbandingan performa antara berbagai platform media sosial yang Anda gunakan.

3. Brandwatch

Social media audit tools yang satu ini membantu Anda melacak brand mention dan mencari insight dari percakapan yang sedang berlangsung tentang bisnis Anda. Tidak heran, sebab Brandwatch menggunakan teknologi canggih untuk menganalisis jutaan percakapan online dan memberikan laporan tentang sentimen pengguna, topik yang paling sering dibicarakan, hingga insight seputar persaingan.

4. Buffer

Selain menjadwalkan posting-an, Buffer juga menyediakan tools analisis sederhana yang membantu Anda memahami apa yang sesuai dan apa yang tidak. Dalam “Buffer Analytics,” Anda dapat melihat performa unggahan, persentase engagement, dan statistik penting lainnya yang membantu Anda memahami pola perilaku audiens.

Di era yang lebih mengedepankan strategi online marketing, audit social media menjadi langkah penting untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di platform bisnis Anda. Dengan memahami manfaat dan panduan social media audit analysis, bisnis dapat meningkatkan efektivitas kampanye mereka, menarik lebih banyak leads, dan mencapai tujuan bisnis yang lebih tinggi.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam proses social media audit atau konsultasi desain kreatif, jangan ragu untuk menghubungi IDEOWORKS! Sebagai agensi yang telah menangani lebih dari 3.000 perusahaan, IDEOWORKS bisa dibilang ahli dalam bidang ini. Langsung saja kunjungi website resmi IDEOWORKS untuk tahu lebih lanjut mengenai layanan terbaik bagi bisnis Anda!

Let’s talk about your brand