Konten pemasaran di internet dan media sosial sangat populer belakangan ini, terbukti dari jumlah rata-ratanya yang berkisar antara sekitar 4.000 sampai 10.000 iklan per hari. Namun, bukan berarti konten pemasaran tradisional seperti iklan di TV malah ditinggalkan, seperti yang ditunjukkan dari tingginya pendapatan iklan televisi hingga 175 miliar dolar.
Selain itu, iklan TVC di media sosial berbasis video seperti YouTube atau layanan streaming populer bisa meningkatkan keuntungan Anda karena keuntungannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk memanfaatkan peluang dari tren iklan video ini, jasa pembuatan TVC bisa membantu perkembangan bisnis Anda dengan berbagai manfaatnya.
7 Manfaat Jasa Pembuatan TVC Profesional untuk Bisnis
Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda nikmati dengan mengandalkan bantuan jasa pembuatan TVC profesional? Berikut adalah jawabannya.
1. Menjangkau lebih banyak konsumen
Meskipun penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka yang cukup tinggi, potensi iklan di televisi tetap tidak bisa diremehkan. Misalnya, menurut data dari Nielsen yang dilansir oleh Bisnis.com, jumlah penonton televisi di Indonesia sudah meningkat hingga 130 juta orang pada tahun 2023.
Hal ini dikarenakan semua orang bisa mengakses iklan TVC dengan lebih mudah karena tak membutuhkan paket internet, sehingga Anda dapat memperkenalkan bisnis kepada lebih banyak konsumen dengan iklan dari jasa pembuatan TVC.
2. Meningkatkan customer retention
Ketika bertemu dengan iklan yang tidak disukai di internet, pelanggan Anda memiliki pilihan untuk menutup iklan tersebut atau memasang alat untuk memblokir semua iklan agar bisa melanjutkan ke konten. Namun, hal tersebut berbeda dengan iklan TVC.
Pelanggan Anda harus menunggu hingga program yang ingin ditonton kembali tayang, dan salah satu caranya adalah dengan melihat iklan yang ditampilkan. Semakin sering mereka terekspos oleh iklan Anda di televisi, semakin besar pula peluang mereka mengingat bisnis Anda. Apalagi, dengan adanya rekomendasi dari jasa pembuatan TVC, Anda dapat mengubah mereka menjadi pelanggan setia.
3. Meningkatkan kredibilitas bisnis
Iklan TVC tidak hanya berupa video tradisional yang ditayangkan pada jeda antara setiap program atau konten. Justru, Anda juga dapat menyisipkan iklan di acara lain, contohnya berita.
Dengan promosi di berita, Anda bisa meningkatkan kredibilitas brand di mata pelanggan, sehingga kemungkinan mereka untuk tetap setia dengan bisnis Anda juga meningkat. Sebab, survei dari Nielsen telah menunjukkan bahwa orang-orang mencari informasi di berita, terutama pada situasi tidak menentu.
Jadi, Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk membantu calon pelanggan menemukan brand Anda setelah memperoleh informasi yang diinginkan.
4. Membuka peluang untuk konten yang lebih kreatif
Iklan TVC memberi Anda kesempatan untuk bereksperimen dengan elemen audio serta visual karena formatnya. Dengan demikian, Anda bisa menciptakan konten yang lebih beragam untuk menarik perhatian audiens Anda.
Misalnya, alih-alih hanya sebatas iklan konvensional yang menunjukkan sebuah produk, Anda dapat menunjukkan goodwill dari bisnis Anda dengan video yang menampilkan sebuah cerita. Cerita tersebut, tentunya, menyoroti bagaimana brand Anda memecahkan sebuah masalah di masyarakat.
5. Dapat memanfaatkan momen populer
Tahukah Anda bahwa pada momen tertentu seperti Ramadan atau acara populer sejenis Piala Dunia dan penghargaan bergengsi, jumlah penonton televisi akan meningkat pesat? Hal tersebut juga berlaku untuk jumlah views iklan di media digital. Dengan adanya bantuan dari jasa pembuatan TVC, Anda bisa menciptakan iklan yang menarik dan sesuai dengan branding Anda, sekaligus menyisipkan elemen dari peristiwa populer terkini.
6. Mendukung strategi digital marketing
Iklan TVC tradisional di televisi tidak hanya berdiri sendiri; justru, jika dibuat dengan efektif, format iklan ini dapat menunjang strategi pemasaran Anda di ranah digital. Contohnya, Anda bisa mengarahkan penonton televisi untuk mengakses akun media sosial atau website terbatas dari bisnis Anda di akhir iklan.
Selain itu, prinsip ini juga berlaku untuk iklan yang ditayangkan di media sosial berbasis video, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjaring lebih banyak pengunjung untuk kanal resmi bisnis Anda.
7. Memperkuat branding bisnis
Dalam iklan TVC, brand Anda akan menjadi fokus utama di mata pelanggan selama beberapa detik. Apabila Anda menciptakan strategi advertising yang efektif dengan bantuan jasa pembuatan TVC profesional, bukannya mustahil durasi singkat tersebut akan menjadi peluang untuk memperkuat posisi brand Anda. Hasilnya, penonton akan lebih mengingat keunikan bisnis Anda melalui perpaduan suara dan video yang menarik hingga menjadi top of mind mereka.
Apa yang Perlu Ada di Iklan Video Anda?
Agar iklan berbentuk video dari bisnis Anda bisa menarik perhatian penonton sekaligus mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan, ada beberapa elemen yang wajib ada di dalam iklan Anda. Pertama, Anda perlu mengetahui target audiens yang akan melihat iklan tersebut, mulai dari selera tontonan mereka hingga kanal yang paling sering mereka kunjungi.
Kemudian, buatlah iklan dengan dialog yang singkat, tetapi mampu merangkum semua pesan inti dan padukan dengan transisi yang profesional. Supaya lebih ampuh, pastikan Anda memiliki kualitas gambar dan suara yang jernih, sesuai dengan nuansa yang ingin diciptakan.
Rekomendasi Jasa Pembuatan TVC Terbaik
Membuat iklan video yang efektif untuk televisi maupun platform online berbasis video membutuhkan perhitungan matang. Jika Anda tidak tahu harus memulai dari mana, Anda tidak perlu ragu-ragu mengandalkan agensi yang menyediakan creative service. Salah satu rekomendasi jasa pembuatan TVC paling bagus di Jakarta yang dapat memenuhi kebutuhan ide kreatif Anda untuk iklan di YouTube atau platform video lainnya adalah IDEOWORKS.
Sejak berdiri di tahun 2013, IDEOWORKS telah bekerja sama dengan lebih dari 3.000 brand untuk mengomunikasikan keunikan mereka kepada khalayak umum melalui berbagai media, termasuk iklan video. Selain itu, IDEOWORKS pernah menjadi finalis pada festival periklanan Citra Pariwara yang bergengsi. Jadi, Anda tidak perlu ragu-ragu lagi.
Jika dirancang dengan tepat, iklan video di televisi maupun media sosial berbasis video dapat memberi banyak manfaat bagi brand Anda dari segi kredibilitas, awareness, maupun customer retention.
Supaya strategi pemasaran Anda semakin efektif, tidak ada salahnya meminta bantuan kepada jasa pembuatan TVC yang profesional, salah satunya IDEOWORKS. Para ahli kreatif di tim kami akan mewujudkan konsep video untuk bisnis Anda dengan senang hati, jadi Anda bisa langsung konsultasikan ide Anda sekarang juga kepada IDEOWORKS!