Perkembangan teknologi media online memang sering digadang-gadang akan menggantikan media cetak dan televisi di masa depan. Akan tetapi, justru strategi pemasaran yang efektif mampu menggabungkan channel pemasaran modern dan konvensional demi meningkatkan brand awareness serta penjualan.
Efektivitas tersebut juga dibuktikan oleh laporan dari Omnisend bahwa perusahaan dengan strategi omnichannel memiliki engagement rate sebesar 18,96%, lebih tinggi daripada pemasaran yang mengandalkan satu medium saja. Keberadaan 360 marketing agency mampu membantu Anda memenuhi kedua tujuan tersebut dengan integrasi pemasaran online dan offline. Bagaimanakah cara kerjanya?
Strategi yang Digunakan 360 Marketing Agency untuk Usaha Kecil
Demi memperkuat posisi brand di hadapan konsumen serta meningkatkan keuntungan, ada beberapa taktik yang digunakan oleh 360 marketing agency for small businesses. Seperti apakah strategi yang diterapkan 360 agency untuk mengembangkan usaha kecil? Berikut jawabannya.
1. Menciptakan pesan yang kohesif
Menurut data yang diterbitkan oleh Marq, perusahaan yang konsisten dalam upaya branding-nya menghasilkan 33% lebih banyak keuntungan. Maka dari itu, iklan Anda harus sesuai dengan brand dan sebaliknya.
Di sinilah 360 marketing agency akan membantu Anda dengan riset target demografi, pembuatan customer persona, dan perancangan strategi pemasaran yang dapat menyelesaikan masalah pelanggan Anda. Dengan demikian, pesan Anda akan tampak lebih kohesif di semua channel promosi yang digunakan.
2. Optimalisasi website
Di samping menyempurnakan strategi branding agar lebih padu, 360 marketing agency for small businesses juga mampu mengoptimalkan performa website Anda agar sesuai dengan rekomendasi UI/UX terbaru. Aspek pertama yang menjadi fokus utama jenis agensi ini adalah peningkatan desain web.
Riset telah membuktikan bahwa 57% persen dari pengguna internet tidak akan merekomendasikan sebuah bisnis dengan desain web yang buruk, terutama pada smartphone. Selain tampilan website, agensi pemasaran 360 juga akan berupaya meningkatkan kecepatan loading.
Sebab, algoritma Google kini juga mempertimbangkan aspek tersebut dalam penempatan sebuah website di hasil pencarian. Pembaruan ini sejalan dengan hasil survei bahwa 39% pelanggan akan meninggalkan sebuah website jika mereka harus menunggu terlalu lama.
3. Pembuatan konten
Selain membantu Anda dengan perancangan strategi marketing serta optimalisasi SEO, 360 marketing agency juga akan menyukseskan kampanye pemasaran Anda dengan eksekusi konten. Misalnya, mereka akan menerbitkan tulisan di blog atau iklan di televisi sesuai dengan identitas brand Anda. Hal ini bertujuan untuk menjawab masalah yang dialami pembeli serta meningkatkan traffic ke semua kanal resmi Anda.
4. Komunikasi dengan pelanggan
Agensi pemasaran 360 derajat yang terintegrasi tidak hanya akan menyukseskan kampanye marketing perusahaan Anda melalui publikasi konten. Justru, hal lain yang tidak kalah penting dalam keberlangsungan jangka panjang sebuah perusahaan adalah apresiasi terhadap pelanggan.
Untuk menunjang hal tersebut, agensi pemasaran ini dapat membantu Anda merancang media promosi yang akan menguntungkan pelanggan baru maupun lama, seperti giveaway atau sesi tanya jawab secara langsung.
5. Promosi tatap muka
Walaupun pengeluaran digital marketing terus meningkat setiap tahunnya, ajang promosi secara empat mata dengan pelanggan tetaplah diperlukan. Menurut publikasi dari Harvard Business Review, lebih dari 50% calon pembeli masih memilih interaksi langsung untuk segera mendapatkan informasi atau bantuan dari perwakilan perusahaan.
Dengan mempertimbangkan penemuan tersebut, 360 marketing agency dapat membantu Anda menjalin hubungan bisnis dengan sesama pelaku industri serta calon pelanggan melalui partisipasi di trade show. Jadi, Anda akan memperoleh rekomendasi tentang apa saja yang harus tersedia di booth perusahaan Anda.
Contoh Studi Kasus: SiCepat
Penerapan strategi khas agensi marketing 360 derajat dapat Anda lihat dari SiCepat, perusahaan logistik lokal yang kini telah berkembang pesat. Sebagian besar dari kesuksesan tersebut bermuara dari perpaduan strategi pemasaran modern dan tradisional.
Menyadari bahwa pelanggan e-commerce menginginkan penggratisan ongkos kirim, SiCepat pun mengadakan berbagai program diskon. Misalnya, pada program GOKIL, pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar Rp25 ribu saat mengirim paket dengan bobot 10 kilogram.
Promosi ini pun tersebar di kanal online maupun offline, mulai dari iklan dengan influencer di berbagai sosial media hingga brosur di semua pick up point SiCepat. Sebab, tim pemasaran SiCepat menyadari bahwa masih ada segmen pelanggan yang lebih suka mengambil paket sendiri.
Cara Memilih 360 Marketing Agency Terbaik untuk Usaha Kecil
Apakah Anda tertarik dengan strategi yang ditawarkan oleh agensi pemasaran 360 untuk menyukseskan kampanye marketing Anda? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih best 360 marketing agency for small businesses.
1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai
Sebelum menghubungi sebuah agensi pemasaran, Anda harus mengetahui target yang ingin dicapai bisnis Anda secara spesifik. Salah satu metode yang dapat Anda terapkan adalah prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time-bound). Sebagai contoh, Anda bisa memasang target peningkatan penjualan online dan offline sebesar 40% dalam satu tahun fiskal berdasarkan performa perusahaan selama ini.
2. Perhatikan portofolio marketing agency
Setelah mengetahui tujuan pemasaran bisnis Anda, Anda bisa mulai mempelajari berbagai marketing agency di internet maupun media lainnya. Selain mempertimbangkan kredibilitasnya, Anda juga harus mengecek portofolio dan pencapaian agensi tersebut. Dengan demikian, Anda akan mengetahui apakah layanan yang ditawarkan sesuai dengan tujuan yang ingin diraih.
3. Ketahui proses komunikasinya
Proses perancangan strategi marketing akan melibatkan komunikasi secara rutin. Maka dari itu, Anda harus memahami alur kerja yang diterapkan sebuah agensi jika Anda selaku klien ingin menghubungi marketer mereka. Pada umumnya, agensi 360 akan menawarkan sesi virtual meeting mingguan agar Anda dapat menyampaikan semua informasi penting, serta laporan bulanan untuk memonitor pencapaian target Anda.
4. Sesuaikan harga dengan budget bisnis
Langkah terakhir yang tidak kalah penting dalam proses pemilihan marketing agency adalah mencocokkan harga jasa dengan anggaran keuangan bisnis Anda. Selain itu, skema penghitungan biayanya juga beragam, mulai dari per jam hingga jumlah output konten yang diinginkan.
Namun, marketing agency memiliki paket layanan dengan harga yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan berbagai skala bisnis. Dengan demikian, Anda bisa memilih jasa yang paling pas.
Strategi dari 360 marketing agency akan membuat bisnis Anda semakin berkembang, terutama jika dipadukan dengan pemilihan marketing agency yang cocok untuk usaha kecil. Untuk solusi agensi pemasaran terintegrasi dengan harga yang bersahabat, Anda bisa mempertimbangkan IDEOWORKS.
Sebagai agensi yang telah mengembangkan banyak perusahaan dalam berbagai sektor, IDEOWORKS menawarkan jasa konsultasi untuk membantu Anda merancang serta menjalankan strategi pemasaran apa pun, baik online maupun offline. Apa pun ide dan target marketing Anda, Anda dapat menyampaikannya kepada IDEOWORKS.