Melihat peta persaingan bisnis digital marketing yang semakin hari semakin ketat untuk memenangkan pasar, tak jarang pebisnis melupakan cara yang efisien. Padahal segala cara sudah dilakukan dengan mengikuti arus tren pasar dan budgeting untuk iklan. Hal ini sebenarnya tidak disalahkan bila dilakukan berdasarkan data dan fakta. Seperti mengetahui posisi brand bisnis atau pun industri serupa. Di artikel ini, pebisnis akan memahami cara mengukur performa brand bisnis setelah melakukan berbagai strategi marketing dengan teknik share of voice in marketing.
Mungkin sudah banyak yang tahu tentang teknik SOV (share of voice) yang digunakan sejak era tradisional untuk mengetahui ukuran pasar yang dimiliki brand kamu dibandingkan kompetitor. Bedanya, share of voice in marketing didefinisikan sebagai bagian dari percakapan yang dihasilkan oleh brand, produk atau layanan bisnis di berbagai saluran media digital seperti situs website, blog, forum, hingga social media. Untuk mengukur share of voice media ini brand langsung bisa direct via tools untuk mengetahui sejauh mana performa dibandingkan dengan kompetitor.
Adanya SOV sangat berguna dalam mengukur visibilitas brand dan seberapa besar pengaruh bisnis kamu mendominasi percakapan di industri ini. Semakin banyak market yang membicarakan brand bisnis, maka semakin besar popularitas dan otoritas yang kamu miliki diantara para pengguna dan pelanggan (konsumen).
Mengetahui performa share of voice in marketing juga memudahkan kamu dalam memiliki pemahaman dan pengalaman yang lebih baik tentang posisi dan tantangan yang dihadapi. Selain itu, memberikan kamu wawasan yang lebih luas untuk berinovasi mencapai pertumbuhan, memikat calon pelanggan potensial serta mempertahankan integritas brand bisnis terhadap konsumen dan audiens yang kamu miliki.
Alasan Brand Bisnis Mengukur Share of Voice in Marketing
Hal ini untuk mengetahui seberapa populer produk, layanan, maupun brand kamu di pasar, sekaligus menjadi panduan untuk menciptakan strategi marketing yang tepat dalam hal promosi, penawaran, serta menayangkan iklan. Selain itu, alasan yang tepat untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan produk dibanding kompetitor, dan seberapa berhasilnya brand kamu memikat hati pelanggan dan memperluas area penjualan. Berikut alasan lain yang tepat mengukur performa brand bisnis dengan SOV.
Customer engagement – Insight dari sentiment analysis
Dengan melakukan pengukuran atau melacak share of voice media, secara tidak langsung kamu telah menetapkan kepada pelanggan bahwa brand telah mendengarkan percakapannya. Insight ini dapat diambil dari analisis sentimen (sentiment analysis) topik dari pengunjung situs social media, sehingga dapat membantu menentukan brand voice dan engagement plan konten produk bisnis.
Segmentasi audiens – Menganalisis data audiens menjadi insight
Share of voice in marketing sebagai cara untuk kamu mensegmentasi audiens atau pelanggan potensial bisnis. Pentingnya mengukur SOV di sini adalah cara yang jitu untuk menganalisis audiens. Dengan mengatur data menjadi segmen-segmen untuk mendapatkan insight lebih dalam tentang keunggulan dan kelemahan produk dibandingkan kompetitor. Nantinya kamu bisa menganalisa berdasarkan demografi dan kategori lainnya yang mendukung panduan segmentasi audiens ini.
Efektivitas kampanye – Mengukur secara terstruktur
Pengukuran share of voice yang terstruktur memungkinkan kamu dapat menilai keberhasilan marketing campaign digital bisnis. Bila target market telah meningkat setelah menjalankan kampanye, secara langsung efektivitas marketing kamu telah berhasil mencapai sasaran.
Keunggulan kompetitif – Memenangkan kompetisi dan sentimen pasar
SOV tidak hanya mengukur atau melacak percakapan audiens maupun pelanggan bisnis kamu, tetapi lebih jauh untuk mengetahui percakapan tentang bisnis pesaing. Dengan melacaknya, kamu berkesempatan untuk mendapatkan point of view terkait kompetisi dan sentimen pasar yang terjadi. Sehingga, kamu dapat mengantisipasi secara menyeluruh untuk memenangkan brand bisnis.
Bagaimana cara mengukur performa brand bisnis SOV?
Caranya cukup simpel untuk mengukur seberapa besar share of voice media brand bisnis di social media. Kamu bisa membagi metrik target yang mewakili brand dengan total di pasar atau industri untuk memahami bagaimana hasil yang tersaji dari kegiatan marketing yang dijalankan.
Share of Voice Media
Posisi setiap pebisnis di social media mengharuskan mereka untuk mengetahui sebutan brand terhadap customer potensial. Pendekatan ini berfokus pada kegiatan pelanggan dengan semua data yang berasal dari target audience. Untuk mengukur share of voice media, kamu lebih dulu melacak penamaan brand atau produk selama periode tertentu. Alternatif platform atau tools seperti Brandwatch memungkinkan kamu dapat mengetahui penyebutan brand sendiri atau kompetitor.
Share of Voice – PPC (Pay Per Click)
Tools pengukur (metrik) ini dapat ditemukan melalui data Google AdWords bisnis. Lebih tepatnya data tersebut berada di kolom search impression share. Kolom yang dapat memperlihatkan kepada kamu mengenai persentase frekuensi kemunculan iklan kepada pengguna dibandingkan dengan potensi penayangan. Bisnis berpotensi meningkatkan performa iklan dengan budget yang lebih besar. Namun, dengan melacak data penelusuran dan OVS, kamu dapat meningkatkan hasil pencarian di seluruh istilah yang belum pernah digunakan untuk meningkatkan efisiensi produk, serta menghindari pembagian yang acak.
Share of Voice – Homeware Sector Tools
Selain PPC, kamu juga dapat mengukur, melacak, dan menelusuri kategori share of voice dengan keyword yang lebih fokus. Grafik SOV dari waktu ke waktu akan menampilkan 12 situs teratas untuk kamu pelajari kinerja, trend musiman, dan analisis tingkat pasar.
Kemudian, dengan menggunakan tools share of voice: homeware sector, tidak hanya menunjukkan persentase situs kamu sendiri, tetapi juga menganalisa kompetitor. Melalui tools ini, kamu dapat menemukan share of voice tentang kompetitor dari semua aspek pencarian kategori yang kamu inginkan.
Share of Voice – SEO Organik
Selanjutnya mengenai pengukuran untuk pencarian organik menyangkut visibilitas brand yang relevan adalah Search Engine Optimization (SEO). Peringkat terbaik untuk keyword ini berarti brand bisnis kamu memiliki SEO yang kuat, jadi visibilitas semakin baik. Ketika visibilitas semakin baik, kemungkinan besar meningkatkan traffic website.
Menghitung share of voice pencarian organik SEO bisa jadi rumit dengan sebagian perusahaan memilih untuk menggunakan tools dari share of voice sebelumnya. Seperti ada dalam laporan Pi’s Market Intelligence, laporan yang mencakup data historis share of voice/market nilai global yang memungkinkan kamu dapat mengidentifikasi peluang pasar dibandingkan kinerja sebelum ini.
Demikian informasi cara mengukur share of voice in marketing yang dapat kamu pahami sebagai pebisnis untuk bersaing secara inovatif dan creative. Bila ada kendala dalam menganalisa pasar dengan tools share of voice media, segera hubungi IDEOWORKS—Digital Agency Creative Marketing yang mampu mengarahkan bisnis kamu dengan strategi yang lebih cerdas, relevan dan fokus pada berbagai tujuan bisnis melalui platform social media.