Sebagai pelaku bisnis, sangat mudah bagi Anda untuk terjebak dalam siklus produksi konten yang rasanya tidak pernah berakhir, selalu mengikuti perkembangan dunia digital marketing, mengikuti tren, dan terkadang tidak menyadari bahwa Anda melupakan detail dari design yang lebih baik, seperti tracking, kerning, dan spasi huruf, yang dapat memberi usaha marketing Anda tingkat polesan ekstra.
Tipografi yang dibuat dengan baik memiliki kekuatan untuk menarik perhatian, menanamkan emosi, dan memperkuat pesan dari brand Anda. Memilih font untuk materi marketing Anda tidak boleh dilakukan begitu saja. Nah, jika Anda merasa kesulitan, Nada dapat menggunakan jasa creative digital agency. Sebuah creative digital agency dapat membantu Anda menentukan typeface dan font yang tepat untuk brand Anda. Creative digital agency memiliki tim ahli dalam creative digital marketing dan resource yang dapat mempermudah Anda dalam menjalankan creative marketing bisnis Anda.
Creative digital agency dapat membantu Anda memilih typeface dan font yang tepat agar pesan yang ingin Anda sampaikan diinterpretasi dengan tepat oleh audience.
[nextpage title=” “]
Menentukan Typeface dan Font yang Tepat
Ada sejumlah pertimbangan strategis yang harus diperhatikan dalam memilih jenis huruf yang sempurna:
-
Menyampaikan brand message Anda.
Tipografi itu seperti fashion atau furniture. Orang ingin terlihat berbeda atau ingin membangkitkan perasaan tertentu atau merasa cocok dengan tampilan tertentu. Begitu pula dengan typeface dan font yang ANda pilih. Anda bisa mulai memilih typeface dan font yang mewakili brand value Anda. Jika Anda memiliki brand yang fun, maka Anda dapat memilih typeface dan font yang mewakili perasaan tersebut. Jika Anda ingin brand Anda dilihat lebih modern dan ramping, pilihlah font yang mendukung estetika itu.
-
Temukan inspirasi dan pelajari ilmu penggunaan tipografi.
Pelajari karya desainer atau brand lain yang memiliki brand value yang sejalan dengan brand Anda. Identifikasi elemen tipografi mana yang cocok untuk brand Anda. Mempelajari karya desainer lain untuk mendapatkan inspirasi bukanlah suatu hal yang tidak lazim, bahkan desainer dan seniman paling terkenal pun sering mengambil inspirasi dari satu sama lain.
-
Bandingkan typeface berdampingan dan lihat mana yang terasa benar.
Setelah Anda mempersempit pilihan Anda menjadi daftar pendek kombinasi font yang potensial, buatlah bentuk fisik dari daftar font tersebut agar Anda dapat membandingkan semua opsi yang ada. Melihat semua opsi Anda secara berdampingan dapat membantu Anda membandingkan satu kombinasi dengan yang lain dan mengasah font yang sempurna untuk brand Anda.
-
Identifikasi hirarki visual website Anda untuk menentukan font yang dibutuhkan.
Di dalam berbagai skenario design, Anda memerlukan dua font: satu font judul, dan satu font isi. Ini bisa berupa kombinasi dari dua bobot font, variasi warna, atau dua typeface yang sama sekali berbeda.
Tujuannya adalah untuk membuat hierarki visual yang memungkinkan viewer Anda bernavigasi di konten marketing Anda, mengidentifikasi elemen yang paling penting, dan memahami bagaimana setiap elemen berhubungan dengan komponen lain dari website Anda.
[nextpage title=” “]
-
Pastikan font Anda terbaca dengan baik.
Setelah Anda mengetahui hirarki visual Anda dan telah memilih font judul dan font isi untuk penggunaan yang berbeda-beda, Anda dapat mulai mempertimbangkan bagaimana pengaruhnya terhadap keterbacaan. Kualitas keterbacaan font berkontribusi besar terhadap keseluruhan tingkat keterbacaan website Anda. Keterbacaan adalah tentang bagaimana kelompok kata disusun pada halaman dan seberapa mudah bagi pembaca untuk membaca kata-kata tersebut dan memahami isi dan tata letaknya. Ada sejumlah komponen teknis tipografi yang berkontribusi pada seberapa mudah sebuah typeface dibaca, termasuk ukuran font, spasi huruf, tinggi barus, dan spasi paragraf. Ukuran font biasanya ditentukan bergantung dari ukuran layar atau permukaan di mana tulisan tersebut akan ditampilkan. Jika Anda ingin menampilkan paragraf multi-baris, Anda ingin menjaga ukuran font Anda sehingga satu baris dapat menampilkan 45-70 karakter.
Semua ini perlu diperhatikan saat Anda membangun website untuk brand Anda. Tak jarang pelaku bisnis memiliki kesulitan untuk mengatur semua ini, dan di sini lah creative digital agency berperan penting. Creative digital agency dapat menangani pembuatan sampai maintenance untuk website Anda. Creative digital agency dapat memberikan update tentang website Anda, bagaimana kinerja website Anda, serta memberikan saran bagaimana Anda bisa meningkatkan performa website Anda.
IDEOWORKS.id dapat menjadi partner creative digital agency yang Anda butuhkan. Kami memiliki tim yang ahli dan profesional dalam menangani website untuk berbagai bisnis dan usaha. Anda dapat menghubungi IDEOWORKS.id untuk berkolaborasi untuk meningkatkan performa website Anda dan mendorong kesuksesan bisnis Anda.