Saat ini, jenis media sosial semakin beragam sehingga semakin banyak pula orang yang tertarik untuk terjun sebagai influencer. Dengan demikian, bukan hal yang mengherankan kalau persaingan di dunia digital marketing juga kian kompetitif.
Nah, supaya dapat bersaing dalam digital marketing, maka jasa handle KOL/influencer akan sangat efektif untuk keberhasilan bisnis Anda. Oleh sebab itu, artikel ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang seberapa pentingnya Jasa KOL.
Kenapa Agency Jasa Handle KOL/Influencer Penting?
Agency yang menyediakan jasa handle KOL dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan digital marketing, mulai dari popularitas brand, personal branding, dan promosi produk untuk bisnis Anda. Maka dari itu, peran agensi tersebut memang sangat krusial.
Untuk detail lebih lanjut, berikut beberapa alasan kenapa peran agensi penyedia jasa handle KOL begitu penting dalam dunia digital marketing.
1. Menghasilkan ROI lebih tinggi
Faktor utama kenapa bantuan jasa agency handle KOL akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda adalah peningkatan persentase ROI yang meyakinkan. Apa itu ROI dalam digital marketing? ROI adalah Return of Investment yang bisa Anda jadikan tolak ukur keuntungan campaign Anda.
Nilai ROI yang tinggi menunjukkan bahwa campaign yang Anda yang jalankan dengan bantuan agensi tersebut berhasil. Dimana ROI yang tinggi adalah tanda bahwa keuntungan yang Anda dapatkan lebih besar daripada modal yang dikeluarkan.
Ada banyak peran agensi dalam pemantauan ROI, tapi salah satu fungsi utamanya adalah memanfaatkan data analitik untuk mengetahui tingkat ROI. kemudian, ROI tersebut kedepannya akan dijadikan referensi untuk perbaikan strategi pemasaran.
2. Menghemat pengeluaran marketing
Ada banyak influencer yang tersebar di media sosial. Tarifnya pun juga berbeda-beda. Agensi dapat membantu menjangkau influencer yang lebih spesifik untuk tujuan campaign Anda. Anda juga bisa mengajukan preferensi terkait range harga kepada Agensi supaya pas dengan budget.
Tak hanya itu, agensi berisikan SDM yang profesional di bidangnya, jadi tidak mengherankan kalau agensi handle KOL bisa membantu negosiasi dengan pihak influencer. Dengan begitu, pengeluaran digital marketing Anda akan lebih efisien.
3. Membantu strategi merangkul generasi muda
Media sosial dipenuhi dengan generasi muda, maka lebih baik kalau brand Anda bekerja sama dengan influencer yang populer di kalangan anak muda. Namun, tentunya tak semudah itu untuk menemukan influencer dengan kriteria tersebut yang sesuai dengan tujuan campaign Anda.
Oleh sebab itu, menggunakan jasa handle KOL akan membantu Anda menjangkau KOL yang mampu untuk mengeksekusi konten dengan target pasar konsumen muda.
4. Meningkatkan brand awareness dengan lebih efektif
Digital marketing bukan hal yang sederhana untuk dilakukan. Banyak aspek yang perlu Anda pertimbangkan, seperti brand awareness. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar yang cukup, tidak perlu khawatir karena ada agency jasa handle KOL/influencer.
Agensi ini juga mempunyai tanggung jawab untuk menentukan format konten dan tujuan kampanye produk Anda. Dengan kombinasi konten yang menarik dan influencer yang sesuai, maka brand awareness juga akan meningkat.
Apa fungsi dari brand awareness tersebut? Dengan konten yang kreatif dan brand awareness yang efektif, maka produk Anda akan lebih mudah dikenal audiens. Saat produk Anda sudah dikenal dengan baik, maka citra bisnis Anda akan meningkat secara konstan.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan jasa handle influencer untuk brand awareness bisnis Anda adalah salah satu investasi jangka panjang.
5. Performa conversion rate jadi lebih baik
Apa itu conversion rate? Conversion rate merupakan indikator yang berguna untuk mengukur seberapa meningkat penjualan Anda sejak kampanye dari influencer mulai berjalan.
Dengan demikian, daripada bekerja sama dengan influencer secara mandiri, sebetulnya koordinasi melalui jasa handle influencer akan lebih efektif. Pasalnya, agensi akan membantu Anda memantau perkembangan conversion rate secara berkala.
6. Mempermudah pemilihan influencer yang tepat
Memilih influencer yang tepat bukan hal yang mudah. Pasalnya, saat ini ada bermacam-macam influencer dan belum tentu branding dan jenis konten setiap influencer akan cocok dengan produk Anda.
Anda perlu memilih influencer dengan beberapa kriteria positif, seperti reputasi, jumlah followers, dan target pasar yang luas atau spesifik.
Tak hanya itu, Anda juga wajib menjaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan para influencer. Pasalnya, mereka mempunyai pengaruh yang besar di ranah media sosial. Jika ada kesalahan fatal, maka juga bisa berpengaruh pada bisnis Anda.
Dengan bantuan agensi, maka pemilihan influencer yang tepat sekaligus hubungan Anda dengan pihak terkait akan terjaga dengan baik.
7. Mengungkap peluang pemasaran baru
Tren di media sosial sering berubah-ubah dari waktu-waktu. Jadi, tak heran kalau peluang pasar digital juga cukup dinamis. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk menyesuaikan kampanye dan konten produk dengan tren terbaru supaya dapat menarik perhatian konsumen.
Agency jasa handle KOL/influencer bisa membantu Anda untuk menganalisis data tren terbaru. Jadi, untuk mengidentifikasi peluang pemasaran baru secara real-time bukan hal yang sulit untuk dilakukan.
8. Investasi jangka panjang untuk pebisnis baru
Dengan pemilihan influencer yang tepat, konten yang strategis, evaluasi conversion rate, maka bisnis Anda dapat berkembang secara berkala. Apalagi, untuk pebisnis baru, kombinasi langkah tersebut akan berdampak pada brand awareness bisnis Anda.
Dari langkah yang tepat hingga brand awareness yang semakin signifikan, maka Anda dapat menarik konsumen baru atau menjaga loyalitas konsumen secara konstan. Investasi jangka panjang ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan jasa handle influencer yang tepat.
Rekomendasi Jasa Handle KOL/Influencer Terbaik di Jakarta
Sebelum memilih jasa agensi management KOL yang tepat untuk bisnis Anda. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti ulasan dan rekam jejak, pengalaman agensi, transparansi kontrak kerjasamanya. Di Jakarta, ada banyak pilihan agensi yang menyediakan jasa handle KOL/influencer. Namun, tidak semua agensi sudah sesuai dengan kriteria di atas. Salah satu rekomendasi agensi terbaik adalah IDEOWORKS.
Pasalnya, IDEOWORKS sudah sangat berpengalaman dalam mengelola kerjasama KOL/influencer dengan lebih dari 3.000 perusahaan selama bertahun-tahun sejak 2012. Jadi, rekam jejak dan integritas kerjanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Bertahan di dunia digital marketing yang semakin kompetitif memang cukup sulit. Namun, dengan strategi yang tepat dan bantuan dari agency jasa handle KOL/Influencer, hal itu bisa menjadi mudah.
Oleh sebab itu, mulai strategi digital marketing Anda dengan IDEOWORKS yang mampu mendukung pertumbuhan bisnis agar lebih pesat.