Sebuah bisnis bisa dikatakan berhasil ketika sebuah produk yang dijalankan berhasil diterima oleh khalayak luas via digital marketing agency ads (iklan). Demi memaksimalkan tujuan itu memerlukan strategi jitu menghadapi persaingan yang modern untuk mengenalkan produknya melalui digital marketing ads. Salah satu kunci keberhasilan bisnis Anda untuk dapat mudah dikenal banyak konsumen dengan strategi digital marketing services dari agensi digital marketing. Anda bisa menemukan banyak digital marketing agency Indonesia yang sukses melakukan kampanye marketing. Karena tanpa pelayanan yang tepat, bisnis tak akan mampu mencapai goal-nya.
Strategi digital marketing agency mengoptimalkan produk melalui skill atau teknik digital marketing yang efektif bernama digital marketing agency ads. Sedangkan dalam pelayanannya, digital marketing services dapat membuat, merumuskan dan mengelola kegiatan iklan ke seluruh platform social media. Layanan yang dilakukan jasa digital marketing ads meliputi Branding, SEO, SEM, Social Media Marketing, Advertising, Content Marketing dan Social Media Management.
Mengenal Strategi Digital Marketing
Digital marketing menurut para ahli Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009) merupakan kegiatan pemasaran termasuk branding dengan menggunakan berbagai media. Strategi digital marketing melibatkan penilaian tujuan spesifik yang didapat melalui channel online seperti website, blog, email hingga media sosial. Di era ketika banyak konsumen bertransaksi bisnis melalui perangkat seluler, strategi digital marketing yang dijalankan dengan baik dapat menjadi sangat penting bagi kesuksesan suatu bisnis.
Dengan adanya digital marketing Indonesia saat ini, banyak dari startup baru yang memilih jalan untuk berkembang melawan hegemoni perusahaan besar/konglomerasi. Hal ini karena digital marketing tidak melulu masalah budget dan effort saja, tetapi juga jenis tools dan ragam strategi sangat fundamental.
Bagaimana penerapan strategi digital marketing efektif?
Begitu banyak strategi digital marketing agency ads yang ada, seringkali disesuaikan untuk memenuhi berbagai tujuan bisnis dan strategi marketing yang konsisten. Tetapi, tahukah Anda hanya ada beberapa strategi digital yang berhasil ditempuh oleh banyak bisnis. Oleh karena itu, kenali 10 strategi digital marketing yang efektif di bawah ini.
Strategi Social Media Marketing Ads
Strategi ini merupakan ringkasan dari semua rencana dan harapan yang ingin Anda capai di media sosial dalam kebutuhan pemasaran. Karena setiap postingan, balasan, suka dan komentar harus memiliki tujuan. Semakin spesifik strategi yang dijalankan, akan semakin efektif perkembangan yang dihasilkan. Beberapa alasan menurut pakar social media marketing untuk meningkatkan brand awareness, menganalisis kompetitor, dan mendapatkan feedback dari produk yang dipasarkan.
Berikut beberapa jenis social media marketing yang bisa digunakan:
Instagram Marketing Ads
Potensi Instagram untuk memasarkan produk dengan berbagai fitur seperti akun bisnis, Instagram Shopping, dan Instagram Ads.
Facebook Marketing Ads
Sama halnya Instagram, strategi ini dapat memposting konten menarik dan mengiklankan produk menggunakan Facebook Ads dan Facebook Toko.
Youtube Marketing
YouTube menjadi pilihan untuk menjalankan strategi marketing yang terkenal sejagat dengan mempromosikan produk melalui video di channel YouTube.
Twitter Marketing
Twitter menjadi pilihan para entrepreneur dunia dalam strategi-nya. Faktanya 80% pengguna bisa melakukan mention brand di tweet mereka. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menyertakan hashtag di setiap kampanye produk.
TikTok Marketing
Popularitas Apps satu ini semakin melejit sehingga menjadi incaran marketer melakukan ekspansi pemasaran secara online. TikTok Ads tersedia untuk pebisnis menarik brand awareness.
Strategi Optimalkan SEM & SEO
SEM atau search engine marketing merupakan suatu strategi pemasaran jitu yang dikuasai setiap marketer—seorang atau tim digital marketing. Dilansir dari jurnal.id, SEM dapat membuka peluang mengembangkan bisnis dengan iklan yang lebih efektif saat konsumen mencari produk tertentu. Dalam praktiknya, SEM khusus mengoptimalkan sebuah produk di era digitalisasi ini. Pasalnya pengguna Google di seluruh dunia mencapai milyaran untuk bersaing menjadi yang teratas.
Bayangkan, berapa persen peluang promosi produk Anda bisa ditemukan dan diklik oleh pengguna yang mencari produk Anda di Google. Namun, strategi menguntungkan SEM sangat tepat untuk meningkatkan brand awareness produk Anda di mesin pencarian. Karena SEM dianggap sebagai tools yang dapat diatur, mulai dari waktu penggunaan sampai menciptakan karakteristik target audience. Beberapa kata kunci yang menjadi target dalam SEM mencakup broad match keyword (kata kunci dasar/sinonim), phrase match keyword (kata spesifik), exact match keyword (kata kunci yang disasar), dan negative keyword (kata-kata yang tidak ditargetkan).
Selain bermain dengan kata kunci, target optimalisasi SEM ini juga harus dimiliki digital marketing seperti lokasi user, jadwal iklan, demografi, device, dan SEM ad copy.
Begitu pun Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan marketer supaya website mendapat peringkat teratas di mesin pencarian Google. Perlu diketahui bahwa 90% orang mencari informasi melalui Google. Sementara 91,5% trafik di dunia didapatkan website melalui yang muncul di halaman pertama. Jika bisnis Anda menyasar di halaman pertama, SEO menjadi solusinya.
Beberapa indikator yang bisa mengoptimalkan rangking Google—misalnya keyword yang digunakan seperti struktur URL, Keamanan dan kecepatan website, topik konten, search intent, meta tags, backlink, dan mobile friendly.
Strategi Pendistribusian – Content Marketing
Salah satu strategi yang memanfaatkan pendistribusian konten ini tentu harus informatif dalam mendeskripsikan bisnis Anda. Karena ada banyak manfaat dalam promosi bisnis menggunakan content marketing strategy. Konten berupa foto, video, story, artikel, audio dan hal yang menarik, relevan dan bernilai dapat menjadi kunci penggunaan metode ini. Kemudian dijalankan dengan metrik yang jelas, agar Anda dapat memantau materi konten tersebut efektif meningkatkan pemasaran.
Menurut riset Niagahoster, 91% B2B marketer menggunakan content marketing untuk menjangkau konsumen, Sementara itu, 86% B2C marketer percaya bahwa content marketing menjadi kunci utama strategi pemasaran.
Meski terbilang strategi digital marketing yang baru, dampak pendistribusian iklan dari content marketing telah sukses digunakan oleh perusahaan besar seperti Hubspot, Buffer, dan lainnya.
Strategi Tahapan – Inbound Marketing
Strategi pemasaran digital Inbound Marketing menggunakan konten interaktif yang relevan dan solutif demi mendekatkan diri kepada produk dan layanan. Dengan kebiasaan ini pula, Inbound Marketing benar-benar memaksimalkan fungsi media sosial, surat elektronik, search engine, website dan blog pribadi maupun komunitas. Tujuan utama Inbound Marketing dengan membangun brand awareness kepada target audiens yang suka dengan produk yang ditawarkan dan membutuhkan informasinya secara sukarela.
Dilansir dari hubspot, Inbound Marketing adalah sebuah metode membangun bisnis dengan cara menarik perhatian (attracting), konversi (convert), closing dan memuaskan (delighting) masyarakat supaya muncul kepercayaan.
Berikut empat tahapan dalam penggunaan Inbound Marketing:
Attracting – Pada tahap ini, fokus utama Anda adalah menarik perhatian calon konsumen dengan teknik content marketing, SEO, digital advertising, dan social media marketing.
Converting – Tahap mendapat kontak untuk diproses. Bisa didapatkan melalui form, landing page dan lead magnet.
Close – Tahap yang mengubah sudut pandang konsumen menjadi pembeli. Bisa dengan menggiring rasa penasaran mereka untuk membeli dengan label diskon khusus, dsb-nya.
Delight – Tahap terakhir bangun hubungan dengan konsumen melalui program loyalty atau melakukan survei melalui email atau media sosial untuk meningkatkan kepuasan mereka.
Dari tahapan-tahapan Inbound Marketing ini telah sukses digunakan oleh banyak pebisnis, bahkan konglomerasi.
Strategi Pembaharuan – Augmented Reality Marketing
Melihat maraknya penggunaan teknologi AR (Augmented Reality), tentunya membuat para marketer dapat memanfaatkan strategi marketing pembaharuan ini menjadi efektif. Sebab, AR dapat memberikan sejumlah manfaat yang tergolong baru. AR akan memberikan pengalaman unik menggunakan teknologi terkini yang membuat pengguna atau konsumen tertarik melihat penampilan secara langsung hanya dengan bantuan kamera.
Dalam beberapa tahun terakhir berdasarkan statistik, pasar periklanan sedang booming dengan strategi AR sebagai salah satu poin kunci untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan. Seperti salah satu contohnya adalah store kosmetik sephora yang menggunakan aplikasi virtual artist dengan ModiFace untuk memastikan konsumen dapat melihat bagaimana produk makeup akan terlihat di wajah mereka. Tentu dengan cara seperti itu konsumen dapat mengetahui alat atau produk mana yang diperlukan untuk menerapkan produk tertentu.
Strategi Email Blast Marketing
Dalam menjalankan bisnis saat ini menjadi kesempatan emas bagi strategi pemasaran melalui email blast marketing. Strategi digital marketing jenis ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan dengan cara mengirim email kepada calon pembeli maupun konsumen setia. Tujuannya untuk menawarkan produk tersebut agar dapat digunakan konsumen baru, memberi update informasi serta menjalin hubungan dengan konsumen setia. Email marketing menjadi salah satu strategi efektif dalam mengenalkan produk secara personal.
Strategi Influencer Marketing
Influencer adalah seorang yang memiliki banyak penggemar dan memberikan pengaruh terhadap banyak orang.. Sederhananya, influencer dikenal sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Adapun jenisnya, influencer terbagi menjadi dua, berdasarkan platform dan berdasarkan jumlah followers.
Nah, untuk kedua klasifikasi tersebut diketahui influencer berdasarkan platform—memiliki konten atau branding yang selaras dengan identitas market produk Anda seperti Selebgram (Instagram), YouTuber (YouTube), Blogger (Blog). Sementara yang berdasarkan jumlah follower ada beberapa tipe influencer mikro (up to 10K followers), makro (up to 100K followers), dan premium (jutaan followers).
Strategi Mengirim Iklan – Close Range Marketing
Strategi ini memanfaatkan perangkat yang mampu menjalankan bluetooth dan wifi seperti mobile atau desktop. Dalam hal ini, target yang dilakukan digital marketer adalah memanfaatkan bluetooth dan wifi guna mengirim iklan (ads), agar produk atau layanan secara langsung kepada konsumen saat mereka ingin berbelanja. Bila konsumen melakukan klik pada tombol “izinkan”, maka mereka memberi izin pada perusahaan untuk mengirim banyak pesan dengan penawaran khusus.
Strategi All Channels – Online Marketing
Online marketing menjadi strategi digital marketing kedua yang memiliki pengaruh terbesar atas kesuksesan pemasaran Anda. Dengan memanfaatkan jaringan internet, manfaat online marketing akan berdampak di seluruh channel media pengguna (konsumen). Karena target online marketing yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan perhatian para konsumen setiap hari di media sosial, website, email, hingga iklan.
Strategi ini bisa dilakukan dengan layanan iklan berbayar, mendapatkan konten berkualitas, maupun postingan simpel di media online. Dampaknya dengan penggunaan online marketing dalam satu postingan yang diunggah, mampu diakses oleh ratusan bahkan jutaan orang di seluruh dunia. Strategi online marketing ini dengan kata lain mampu membuat peluang produk Anda mendapat perhatian lebih luas, sehingga kemungkinan untuk mencapai target penjualan sangat terbuka.
Strategi Dasar – Cloud Marketing
Tujuan Cloud Marketing adalah untuk bisa menjangkau konsumen Anda dimanapun mereka berada, melakukan aktivitas di media sosial, memeriksa email, bahkan berapa lama mengunjungi website Anda. Strategi pemasaran digital ini merupakan bentuk dasar dari berjualan secara online. Oleh karena itu Cloud Marketing dapat membawa semua sumber daya dan aset perusahaan ke dunia online. Adapun manfaat dalam melakukan strategi ini dapat Memahami Customer Journey, Memprediksi Hasil Marketing dan Bisnis, Membuat Campaign dan Customer Experience secara Personal.
Nah, setelah mengenal berbagai jenis strategi marketing ini, sekarang saatnya Anda menentukan bentuk strategi marketing apa yang sesuai bagi bisnis perusahaan. Kemudian nikmati pengelolaan efektif dari strategi digital marketing agency Indonesia tersebut.