Creative OOH (Out of Home) Advertising adalah pendekatan inovatif dalam memasarkan produk yang memanfaatkan ruang publik untuk menarik perhatian audiens. Di Jakarta, dengan kepadatan dan dinamika kota yang tinggi, iklan luar ruang yang kreatif dapat menjadi alat yang sangat efektif. Salah satu klien kami, Pegadaian telah membuktikan bagaimana creative OOH Advertising membantu dalam mempromosikan aplikasi digitalnya. Tertarik untuk menggunakan creative OOH advertising di Jakarta? Yuk, pelajari strategi sukses dari Pegadaian.
Sekilas Tentang Pegadaian
Perusahaan yang identik dengan warna hijau ini merupakan anak usaha dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bergerak dibidang usaha gadai. Mengutip dari website resminya, PT. Pegadaian memiliki visi untuk menjadi the most valuable financial company di Indonesia dan sebagai Agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat.
Hingga saat ini, PT. Pegadaian memiliki 12 unit kantor wilayah, 61 unit kantor area, 642 unit kantor cabang, dan 3.444 unit pelayanan yang tersebar di Indonesia.
Untuk memudahkan nasabah mengakses layanannya, PT. Pegadaian merilis aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) yang dapat dengan mudah diunduh di perangkat elektronik. Untuk mempromosikan aplikasi ini, PT. Pegadaian bekerjasama dengan IDEOWORKS agency meluncurkan campaign marketing dengan menggunakan creative OOH Advertising dan berkolaborasi dengan berbagai media serta Key Opinion Leader (KOL). Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai eksekusi campaign ini :
Campaign Creative OOH Advertising dari Pegadaian
Tujuan Campaign
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, campaign ini bertujuan untuk meningkatkan awareness audiens terhadap aplikasi digital pegadaian dan mengajak audiens untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.
Sekilas Tentang Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)
Tepat pada hari jadi ke-117, PT. Pegadaian meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). Aplikasi ini dilengkapi dengan 5 fitur andalannya, yaitu :
- Cicil emas
- Buka Tabungan emas
- Gadai Tabungan Emas
- Pengajuan Pembiayaan Usaha Online
- Pembayaran Tagihan
Aplikasi PDS ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui smartphone dimanapun dan kapanpun, prosesnya cepat, mudah dan aman.
Analisis Strategi Sukses OOH Advertising Pegadaian
- Visual yang Kreatif dan Menarik
Jika Anda adalah pengguna transportasi umum MRT di Jakarta, kemungkinan Anda tidak asing dengan visual OOH advertising dari Pegadaian ini.
Visual Iklan OOH Pegadaian ini berhasil membuat kita penasaran dan berhenti sejenak untuk melihat keseluruhan tampilkan iklannya. Jika diperhatikan secara visual, desain grafisnya terdiri dari 3 warna yaitu warna hijau kekuningan, hijau muda dan hijau tua. Warna-warna tersebut merupakan identitas atau ciri khas dari Pegadaian yang ternyata bisa membuat iklan ini mencolok dan mudah dikenali.
Ilustrasi pria berkacamata pada banner ini merupakan hasil kolaborasi dengan seorang ilustrator berbakat yaitu Luthfi Hinelo.
Selain itu, copywritingnya juga tidak kalah menarik; “Gadai & Investasi Lebih Nyaman Biar Masa Depan #BisaLebih Mapan” lalu diikuti dengan ajakan untuk mengunduh aplikasi PDS.
Keseluruhan dari desain visual iklan OOH Pegadaian ini bertujuan untuk menarik perhatian audiens, membuat mereka aware dengan aplikasi PDS dan tertarik untuk mengunduh aplikasi tersebut.
- Pemilihan Penempatan OOH Advertising yang Strategis
Salah satu hal penting dalam keberhasilan OOH Advertising adalah pemilihan lokasi yang strategis. Penentuan lokasi ini dilakukan berdasar pada target audiens yang dituju. Dalam case ini, Pegadaian memilih lokasi MRT Bundaran HI, dimana lokasi ini merupakan salah satu lokasi yang memiliki traffic yang tinggi setiap harinya.
Mengutip dari website MRT Jakarta, pada Januari 2024, tercatat rata-rata 102.041 orang penumpang MRT per hari. Pengguna transportasi umum ini didominasi usia produktif yaitu usia 15-64 tahun.
Nah, pemilihan lokasi yang tepat dengan target audiens yang dituju memastikan bahwa iklan OOH Pegadaian mendapat visibilitas yang tinggi dan menjangkau audiens yang luas dan tepat sasaran.
- Integrasi dengan Media Sosial
Tidak hanya berfokus pada iklan OOH saja, Pegadaian memaksimalkan eksekusi campaign dengan terintegrasi media sosial Instagram dan Tiktok. Adapun tujuannya adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas diluar dari audiens pengguna MRT Bundaran HI Jakarta.
Adapun strateginya yaitu berkolaborasi dengan media dan Key Opinion Leader (KOL). Saya yakin, iklan Pegadaian ini pernah lewat di beranda sosial media Anda terutama jika Anda mengikuti media dan KOL berikut; Volix, JKT GO, Halososial, Rahadian Faqih, dan Alifa Kevin.
Dalam hal ini, media dan KOL berperan untuk memberikan informasi mengenai iklan OOH Pegadaian sehingga semakin banyak audiens yang penasaran dan tertarik dengan aplikasi PDS.
IDEOWORKS sebagai agency yang menangani project ini memastikan memilih media dan KOL yang tepat dengan melakukan riset kesesuaian audiens media dan KOL dengan target audiens yang dituju. Selain itu, kreativitas dalam membuat konten serta angle yang menarik juga menjadi point yang penting dan berpengaruh besar terhadap keberhasilan campaign ini.
- Teknologi Interaktif
Jika Anda perhatian visual iklan OOH advertising Pegadaian sebelumnya, di setiap visual menampilkan QR Code yang mengarahkan langsung untuk pengunduhan aplikasi. Jadi, ketika audiens yang melihat iklan OOH Pegadaian dan tertarik mengunduh aplikasi, mereka dapat dengan cepat dan mudah menemukan aplikasi yang dimaksud hanya dengan scan QR Code.
Result
Dengan ide dan eksekusi yang matang oleh tim IDEOWORKS, Creative OOH Advertising Pegadaian ini berhasil mencapai hasil yang signifikan. Visual yang kreatif berhasil menarik traffic tinggi dari pengguna MRT Bundaran HI Jakarta.
Disisi lain, kolaborasi dengan media dan KOL yang tepat serta konten menarik dan kreatif juga memberikan peranan penting dalam mensosialisasikan aplikasi PDS ini. Konten yang di-post tentang billboard selama campaign mendapat atensi yang tinggi dengan total reach keseluruhan konten mencapai 250K++
Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa kreativitas OOH Advertising serta kolaborasi dengan KOL yang tepat berhasil meningkatkan awareness masyarakat terhadap aplikasi maupun perusahaan Pegadaian.
Tips Memaksimalkan Creative OOH Advertising di Jakarta
Dari case study Pegadaian diatas, berikut rangkuman 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan Creative OOH advertising di Jakarta :
- Riset Audiens
Pastikan iklan Anda relevan dengan preferensi dan kebiasaan audiens target. Sebaiknya lakukan riset mendalam mengenai audiens yang Anda targetkan termasuk demografi, psikografi dan perilaku target audiens.
- Desain Visual Menarik
Pilih warna dan grafis yang tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mudah dikenali oleh audiens. Sebaiknya, warna dan grafis sesuai dengan identitas visual merek Anda. Hal ini penting agar merek Anda semakin dikenal dan diingat oleh audiens. Selain itu, pastikan desain tersebut mampu menyampaikan pesan dengan jelas dan singkat, mengingat audiens OOH advertising biasanya hanya memiliki waktu singkat untuk melihat iklan Anda. Gunakan elemen visual yang menonjol dan kontras untuk memastikan iklan Anda tidak terlewatkan di tengah keramaian.
- Pilih Lokasi Strategis
Selanjutnya, pilih lokasi penempatan OOH Advertising yang tepat, berikut tipsnya :
- Lokasi dengan Lalu Lintas Tinggi: Lakukan analisis, kira-kira lokasi mana yang sering dilalui. Hal ini penting untuk mencapai audiens yang luas.
- Target Demografis: Pilih lokasi yang sesuai dengan profil demografis audiens target Anda. Jika produk Anda untuk anak sekolah, maka lokasi yang dekat
- Integrasikan dengan Media Digital
Manfaatkan media sosial dan teknologi digital untuk memperluas jangkauan iklan Anda. Berikut tips yang bisa Anda terapkan :
- Campaign Media Sosial: berkolaborasi dengan media dan KOL yang tepat membantu mendorong audiens untuk berinteraksi dan membagikan konten. Pastikan Anda memilih media dan KOL yang memiliki pengikut sesuai dengan target audiens Anda.
- Teknologi Digital: Gunakan teknologi seperti QR code, augmented reality (AR), atau mobile apps untuk meningkatkan interaksi dan engagement dengan audiens. Teknologi ini dapat memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan mendalam, sehingga meningkatkan efektivitas campaign Anda.
- Evaluasi Hasil Campaign
Pantau dan analisis hasil campaign untuk melakukan penyesuaian dan meningkatkan efektivitas. Dengan memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki Anda dapat membuat strategi yang lebih efektif kedepannya.
Tertarik dengan Creative OOH Advertising? Mulai dengan IDEOWORKS
Creative OOH advertising dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun brand awareness dan menarik perhatian audiens. Setelah melihat bagaimana keberhasilan creative OOH Advertising dari Pegadaian, apakah Anda juga tertarik untuk menerapkan strategi marketing ini di bisnis Anda? Atau apakah Anda masih bingung bagaimana merancang ide dan eksekusi yang tepat untuk bisnis Anda? Hubungi dan berkonsultasi langsung dengan kami, tim IDEOWORKS. Anda akan dilayani langsung oleh experts yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dibidangnya. Bagaimana Pegadaian berhasil meningkatkan awareness terhadap aplikasi digitalnya serta meningkatkan unduhan aplikasinya dengan OOH Advertising, begitu juga kami akan membantu Anda mencapai target yang Anda inginkan.
Hubungi kami dan mulailah perjalanan Creative OOH Advertising bisnis Anda bersama kami. Dengan senang hati kami Akan membantu Anda mengembangkan bisnis dan tingkatkan performa pemasaran Anda.