Preloader
Instagram

Bisnis Makin Cuan Berkat Fitur Instagram

Perkembangan digital dewasa ini memberi warna baru bagi kehidupan manusia. Salah satunya dengan kehadiran platform sosial media yang seiring dengan bertambahnya pengguna internet di dunia maupun Indonesia. Hal ini tentu memberi angin segar bagi digital marketing di Indonesia.

Laporan Digital 2021: Indonesia yang dirilis oleh We are Social dan Hootsuite menyebut 345,3 juta ponsel di Indonesia telah terkoneksi dengan internet. Angka ini sama dengan 125,6% dari jumlah populasi Indonesia. Jumlah ponsel yang telah terkoneksi dengan internet tumbuh 1,2% atau 4 juta dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun pengguna internet berdasarkan laporan tersebut mencapai 202,6 juta jiwa atau sekitar 73,7% dari jumlah populasi Indonesia. Sementara pengguna media sosial di Tanah Air sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% dari total penduduk. Angka ini naik 6,3% atau 10,0 juta jiwa dari tahun sebelumnya.

Dilihat dari frekuensi penggunaan bulanan, urutan pertama aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia secara berturut-turut adalah YouTube, WhatsApp, Instagram, Facebook, lalu Twitter.

Tercatat, penggunaan media sosial Instagram diakses oleh pengguna berusia 16 sampai 64 tahun dengan persentase mencapai 86,6% dalam beberapa bulan terakhir. Hingga kuartal I-2021, jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 miliar dan 354 juta penggunanya berusia 25 hingga 34 tahun.

Mengutip dari statista.com, India merupakan negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia, yaitu mencapai 180 juta pengguna. Diikuti Amerika Serikat sebesar 170 juta pengguna, Brazil 110 juta pengguna, Indonesia 93 juta pengguna, dan Rusia 61 juta pengguna.

Kepopuleran aplikasi berbagi foto dan video itu memang kian moncer. Terlebih lagi, IG terus memperbaharui fitur-fiturnya, termasuk untuk tujuan bisnis. Aplikasi berlogo kamera ini menjadi salah satu platform favorit para creative digital agency.

Pasalnya, fitur-fitur Instagram sangat menunjang promosi brand maupun perusahaan dalam dunia digital marketing. Perusahaan creative digital agency akan menggunakan Instagram untuk brand awareness hingga meningkatkan penjualan produk.

Berikut ini adalah fitur-fitur Instagram yang berguna bagi sarana promosi bisnis:

Fitur Instagram Auto Reply

Perusahaan creative agency akan menyarankan perusahaan atau brand menggunakan IG untuk sarana promosi. Salah satunya melalui fitur Instagram Auto Reply. Layanan membalas chat dan komen pelanggan ini memungkinkan ada interaksi dua arah dengan otomatis.

Memang, tidak bisa dipungkiri pelanggan kerap bertanya mengenai produk yang dijual melalui direct message (DM) ataupun kolom komentar. Meskipun brand sudah menjelaskan dengan rinci terkait produk yang dijual, pertanyaan calon pembeli seringkali tetap ada.

Karena itu pula, fitur ini menjadi proses komunikasi antara brand dan pelanggan semakin efektif. Fitur ini bisa ditemukan di  menu “Setting”. Lalu, pilihlah “Pengaturan Bisnis”, kemudian aktifkan “Balasan Cepat”. Selanjutnya tulislah balasan yang kemungkinan akan banyak ditanyakan oleh konsumen Anda. Misalnya, “Berapa harga produk ini?” “Apakah produk ini pre-order atau ready stock?

[nextpage title=” “]

Fitur Instagram Story & Live

Brand atau perusahaan sebenarnya tak perlu susah payah mengelola akun Instagramnya. Dengan bantuan creative digital agency Indonesia, Instagram dapat menjadi etalase yang menarik untuk memamerkan produk dan visi misi perusahaan.

Salah satunya melalui fitur Instagram Story. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Instagram, setiap harinya terdapat 400 juta Instagram Story yang beredar di seluruh dunia. Fitur Instagram dengan scrolling horizontal ini menjadi salah satu konten yang digemari.

Baik dalam bentuk foto, video, GIF, stickers, polling, question box dan sebagainya. Fitur ini juga memungkinkan naiknya engagement antara brand dan pelanggan.

Fitur Instagram Highlight

Fitur selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis online adalah Instagram Highlight. Rangkaian konten Instastory selanjutnya bisa disimpan dalam highlight profil Instagram. Tujuannya, agar pelanggan tetap dapat melihat story tersebut meskipun sudah lewat dari 1×24 jam. Konten yang bisa disimpan dalam highlight pun beragam bisa berupa cara pemesanan, testimoni pelanggan, promo, informasi penting, dan lain-lain.

Instagram Shopping

 Terakhir adalah Instagram Shopping! Fitur yang baru dirilis tahun 2020 ini dikembangkan Instagram untuk memudahkan konsumen berbelanja produk, langsung dari aplikasi Instagram di mana pun mereka berada.

Para pelaku bisnis dapat memuat katalog produk dalam fitur ini. Sayangnya, calon pelanggan belum bisa langsung berbelanja langsung di Instagram. Namun, dengan bantuan creative digital agency langkah ini dapat dengan mudah dilakukan. Apalagi, dewasa ini banyak pula digital agency yang merangkap sebagai creative agency.

Jika creative agency adalah layanan yang berfokus pada desain dan konten, digital agency bisa diartikan sebagai perusahaan yang memberikan pengembangan kreatif, strategis, dan teknis dari produk dan layanan berbasis online.

IDEOWORKS sebagai salah satu creative digital agency Indonesia dapat membantu perusahaan atau bisnis Anda berkembang melalui pemasaran lewat Instagram. Kami,  adalah creative agency yang akan menciptakan konten-konten menarik untuk pelanggan Anda. Tak hanya untuk menciptakan brand awareness tetapi juga mencapai target bisnis yang Anda inginkan!

Let’s talk about your brand