Articles

06 Oktober 2021

Bisnis Makin Cuan Berkat Fitur Instagram

Perkembangan digital dewasa ini memberi warna baru bagi kehidupan manusia. Salah satunya dengan kehadiran platform sosial media yang seiring dengan bertambahnya pengguna internet di dunia maupun Indonesia. Hal ini tentu memberi angin segar bagi digital marketing di Indonesia.

Laporan Digital 2021: Indonesia yang dirilis oleh We are Social dan Hootsuite menyebut 345,3 juta ponsel di Indonesia telah terkoneksi dengan internet. Angka ini sama dengan 125,6% dari jumlah populasi Indonesia. Jumlah ponsel yang telah terkoneksi dengan internet tumbuh 1,2% atau 4 juta dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun pengguna internet berdasarkan laporan tersebut mencapai 202,6 juta jiwa atau sekitar 73,7% dari jumlah populasi Indonesia. Sementara pengguna media sosial di Tanah Air sebanyak 170 juta jiwa atau sekitar 61,8% dari total penduduk. Angka ini naik 6,3% atau 10,0 juta jiwa dari tahun sebelumnya.

Dilihat dari frekuensi penggunaan bulanan, urutan pertama aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia secara berturut-turut adalah YouTube, WhatsApp, Instagram, Facebook, lalu Twitter.

Tercatat, penggunaan media sosial Instagram diakses oleh pengguna berusia 16 sampai 64 tahun dengan persentase mencapai 86,6% dalam beberapa bulan terakhir. Hingga kuartal I-2021, jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 miliar dan 354 juta penggunanya berusia 25 hingga 34 tahun.

Mengutip dari statista.com, India merupakan negara dengan pengguna Instagram terbanyak di dunia, yaitu mencapai 180 juta pengguna. Diikuti Amerika Serikat sebesar 170 juta pengguna, Brazil 110 juta pengguna, Indonesia 93 juta pengguna, dan Rusia 61 juta pengguna.

Kepopuleran aplikasi berbagi foto dan video itu memang kian moncer. Terlebih lagi, IG terus memperbaharui fitur-fiturnya, termasuk untuk tujuan bisnis. Aplikasi berlogo kamera ini menjadi salah satu platform favorit para creative digital agency.

Pasalnya, fitur-fitur Instagram sangat menunjang promosi brand maupun perusahaan dalam dunia digital marketing. Perusahaan creative digital agency akan menggunakan Instagram untuk brand awareness hingga meningkatkan penjualan produk.

Baca Juga  Affiliate Vs Influencer Marketing, Mana yang Baik untuk Perusahaan?

Berikut ini adalah fitur-fitur Instagram yang berguna bagi sarana promosi bisnis:

Fitur Instagram Auto Reply

Perusahaan creative agency akan menyarankan perusahaan atau brand menggunakan IG untuk sarana promosi. Salah satunya melalui fitur Instagram Auto Reply. Layanan membalas chat dan komen pelanggan ini memungkinkan ada interaksi dua arah dengan otomatis.

Memang, tidak bisa dipungkiri pelanggan kerap bertanya mengenai produk yang dijual melalui direct message (DM) ataupun kolom komentar. Meskipun brand sudah menjelaskan dengan rinci terkait produk yang dijual, pertanyaan calon pembeli seringkali tetap ada.

Karena itu pula, fitur ini menjadi proses komunikasi antara brand dan pelanggan semakin efektif. Fitur ini bisa ditemukan di  menu “Setting”. Lalu, pilihlah “Pengaturan Bisnis”, kemudian aktifkan “Balasan Cepat”. Selanjutnya tulislah balasan yang kemungkinan akan banyak ditanyakan oleh konsumen Anda. Misalnya, “Berapa harga produk ini?” “Apakah produk ini pre-order atau ready stock?

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top