Preloader
Media Relations

Taktik Media Relations yang Pas di Tengah Pandemi Covid

Pandemi Covid-19 yang datang secara tiba-tiba telah membuat segala aspek kehidupan berubah, tak terkecuali di dunia bisnis. Pebisnis harus menyesuaikan strategi komunikasi agar mampu mengikuti perkembangan zaman.

Di masa pandemi, menjalin hubungan baik dengan media massa menjadi salah satu aspek penting bagi praktisi komunikasi dan public relations (PR). Sekadar informasi, PR merupakan salah satu media dalam integrated marketing communication (IMC).

Integrated marketing communication, menurut Philip Kotler dan Amstrong, adalah konsep perusahaan untuk mengoordinasikan berbagai saluran komunikasi guna mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan konsumen. Best integrated marketing campaigns dapat diartikan sebagai sebuah konsep strategi dalam membentuk komunikasi antara brand dengan pelanggan melalui berbagai macam saluran pemasaran, salah satunya PR dan media relations.

Media relations menjadi penting di masa pandemi ini. Sebab, media memegang peranan utama sebagai jembatan untuk mengomunikasikan kondisi perusahaan kepada publik. Selain itu juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa brand atau korporasi hadir berkontribusi di masa-masa sulit. Media massa juga menjadi sarana untuk membangun citra positif lembaga atau korporasi di tengah banyaknya berita bohong atau hoaks.

Berdasarkan hasil riset Kompas Gramedia Media Research dalam mengidentifikasi situasi saat pandemi Covid-19, masyarakat bingung antara informasi dan misinformasi. Sebesar 80% masyarakat mendapatkan informasi menggunakan media sosial, 51% mendapatkan informasi menggunakan aplikasi chat, dan 72% percaya konten berita yang diproduksi media kredibel.

Saat ini setiap orang yang mendapatkan informasi ataupun misinformasi, akan mengonfirmasi ke media mainstream karena dianggap sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya.

Namun, pembatasan sosial mengakibatkan ruang gerak media relations menjadi terbatas. Amplifikasi konten juga tidak bisa sebanyak sebelum pandemi.

Apalagi saat ini pebisnis atau pemilik brand disibukkan dengan pemulihan usaha yang terdampak pagebluk. Di tengah kondisi ini, menyerahkan urusan media relations kepada ahlinya, yaitu integrated marketing agency menjadi opsi yang tepat.  Integrated marketing agency akan membantu menyusun konsep strategi dalam membentuk komunikasi antara brand dengan pelanggan melalui berbagai macam saluran pemasaran.

[nextpage title=” “]

Nah, berikut bocoran praktik media relations di era disrupsi yang dapat diterapkan di tengah situasi seperti saat ini.

Media Pitches

Taktik media relations yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengirimkan gambaran singkat atau teaser dari brand atau event kepada media agar mereka tertarik untuk meliput. Di sisi lain, sebaran informasi terkait brand atau event berpotensi menjadi lebih kuat.

Dalam hal ini, peran integrated marketing agency menjadi penting. Integrated marketing agency memiliki jejaring media, sehingga amplifikasi isu atau konten menjadi lebih tepat.

Pelatihan Media

Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan pelatihan fotografi, penulisan, komunikasi, maupun tema-tema yang dibutuhkan oleh media.

Speaker Placement

Strategi lain yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan juru bicara atau spokesperson untuk berhadapan dengan media saat perusahaan diterpa krisis. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi yang jujur dan bermanfaat kepada publik, serta meminimalkan misinformasi.

Menyewa Integrated marketing agency akan membantu brand atau pemilik merek untuk menyiapkan materi informasi yang akan disampaikan dengan media. Dengan demikian, informasi yang disampaikan tidak menjadi bumerang atau justru berubah menjadi krisis komunikasi bagi perusahaan.

[nextpage title=” “]

Blogging dan Distribusi Artikel 

Blogging dan distribusi artikel dilakukan untuk menjaga setiap informasi baik yang keluar dari perusahaan maupun yang berkaitan dengan reputasi perusahaan. PR harus memiliki sinyal yang kuat terhadap krisis.

Awards Development

Tips lain untuk menjaga hubungan baik dengan media adalah memberikan penghargaan kepada media yang rutin menulis tentang perusahaan atau brand.

Event Management

Melibatkan media sebagai mitra utama dalam setiap event.

Content Marketing 

Buying media dengan menyebarkan konten marketing. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan citra positig perusahaan atau brand.

 

Distribusi Siaran Pers

Memastikan untuk menyiapkan siaran pers yang didukung dengan materi foto atau video yang baik dalam setiap kegiatan yang melibatkan media. Selain itu, perlu untuk melengkapi siaran pers dengan kata kunci atau keywords sehingga terbentuk benang merah seperti yang diinginkan.

Integrated marketing agency berpengalaman akan membantu menyusun siaran pers yang membantu berkembangnya bisnis perusahaan.

Media Kit

Media kit bisa disampaikan kepada media secara reguler. Bentuknya beragam, bisa berupa profil perusahaan, merchandise, maupun contoh produk.

Media Engagement

Aktivitas ini harus dilakukan secara konsisten dengan cara membuat agenda rutin.

IDEOWORKS.id hadir sebagai partner integrated marketing agency yang tepat untuk membantu Anda dan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan memperluas jangkauan pelanggan. Kami memiliki tim integrated marketing communication terbaik yang bisa membantu Anda mencapai target perusahaan. Segera kontak IDEOWORKS.id dan kami siap membantu Anda!

Let’s talk about your brand