Articles

07 Oktober 2021

Taktik Media Relations yang Pas di Tengah Pandemi Covid

Pandemi Covid-19 yang datang secara tiba-tiba telah membuat segala aspek kehidupan berubah, tak terkecuali di dunia bisnis. Pebisnis harus menyesuaikan strategi komunikasi agar mampu mengikuti perkembangan zaman.

Di masa pandemi, menjalin hubungan baik dengan media massa menjadi salah satu aspek penting bagi praktisi komunikasi dan public relations (PR). Sekadar informasi, PR merupakan salah satu media dalam integrated marketing communication (IMC).

Integrated marketing communication, menurut Philip Kotler dan Amstrong, adalah konsep perusahaan untuk mengoordinasikan berbagai saluran komunikasi guna mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan konsumen. Best integrated marketing campaigns dapat diartikan sebagai sebuah konsep strategi dalam membentuk komunikasi antara brand dengan pelanggan melalui berbagai macam saluran pemasaran, salah satunya PR dan media relations.

Media relations menjadi penting di masa pandemi ini. Sebab, media memegang peranan utama sebagai jembatan untuk mengomunikasikan kondisi perusahaan kepada publik. Selain itu juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa brand atau korporasi hadir berkontribusi di masa-masa sulit. Media massa juga menjadi sarana untuk membangun citra positif lembaga atau korporasi di tengah banyaknya berita bohong atau hoaks.

Berdasarkan hasil riset Kompas Gramedia Media Research dalam mengidentifikasi situasi saat pandemi Covid-19, masyarakat bingung antara informasi dan misinformasi. Sebesar 80% masyarakat mendapatkan informasi menggunakan media sosial, 51% mendapatkan informasi menggunakan aplikasi chat, dan 72% percaya konten berita yang diproduksi media kredibel.

Saat ini setiap orang yang mendapatkan informasi ataupun misinformasi, akan mengonfirmasi ke media mainstream karena dianggap sebagai sumber informasi yang dapat dipercaya.

Namun, pembatasan sosial mengakibatkan ruang gerak media relations menjadi terbatas. Amplifikasi konten juga tidak bisa sebanyak sebelum pandemi.

Baca Juga  5 Strategi Optimasi Untuk Memenangkan Peringkat Website di Google

Apalagi saat ini pebisnis atau pemilik brand disibukkan dengan pemulihan usaha yang terdampak pagebluk. Di tengah kondisi ini, menyerahkan urusan media relations kepada ahlinya, yaitu integrated marketing agency menjadi opsi yang tepat.  Integrated marketing agency akan membantu menyusun konsep strategi dalam membentuk komunikasi antara brand dengan pelanggan melalui berbagai macam saluran pemasaran.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top