Pemasaran menjadi salah satu ujung tombak bagi perkembangan suatu bisnis. Seberapa unggul sebuah produk, tanpa adanya pemasaran maka kesuksesan akan sulit diraih. Terlebih, di era serba internet ini upaya promosi kian luas dengan adanya strategi digital marketing. Adalah tugas creative agency untuk mewujudkan strategi tersebut.
Digital marketing telah menjadi salah satu strategi yang digencarkan banyak perusahaan untuk mencapai kesadaran merek (brand awareness). Revolusi industri 4.0 pun semakin membuat sarana promosi digital menjadi keniscayaan.
Heidrick & Struggles (2009) menyebutkan digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung. Namun, strategi creative agency Jakarta ini memiliki efek yang sangat berpengaruh.
Sebagai salah satu teknik dalam dunia pemasaran, advertising agency Jakarta akan memanfaatkan berbagai macam media yang hanya bisa diakses melalui koneksi dan jaringan internet. Sebut saja sosial media, website, blog, search engine, dan lain sebagainya.
Perkembangan teknologi juga membuat fitur-fitur penunjang digital marketing kian mumpuni. Strategi untuk menyasar pembeli dan meningkatkan penjualan pun menjadi semakin luas. Lalu, seberapa penting tugas creative agency Jakarta dalam digital marketing untuk membentuk brand awareness audiens?
Pertama, dengan digital marketing yang tepat, brand awareness pun akan tercapai. Hal ini tidak hanya mengundang konsumen untuk membeli produk untuk pertama kalinya, tetapi juga terus membeli produk secara berulang-ulang.
Pelanggan akan semakin percaya dengan produk dan pada akhirnya akan menyampaikan testimoni positif ke orang lain. Pada akhirnya, jangkauan pasar pun semakin luas. Karenanya, brand awareness menjadi alat ukur kinerja sebuah merek.
Brand awareness juga menambah nilai bagi sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Investasi dengan membangun brand awareness bisa membantu bisnis untuk bertahan atau bahkan semakin maju. Disinilah, tugas creative agency Jakarta sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan mencapai target brand awareness.
Lantas, bagaimana mewujudkan brand awareness untuk menyasar audiens yang tepat?
Membuat Akun Bisnis di Media Sosial
Media sosial saat ini tak bisa lepas dari digital marketing dan menjadi bagian penting dari pemasaran sebuah merek. Medsos juga menjadi sarana interaksi langsung dengan para konsumen.
Dengan begitu, maka brand experience produk yang sesuai dengan keinginan konsumen juga bisa terwujud. Konsumen pun bisa menjadi bagian dari narasi yang sesuai dengan karakteristik produk. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk itu sendiri.
Cara digital marketing ini lebih ampuh ketimbang pemasaran dengan cara konvensional. Pasalnya, reaksi maupun respon konsumen dapat langsung terlihat di media sosial. Namun, yang perlu diperhatikan adalah membuat akun bisnis di media sosial senantiasa aktif dalam berinteraksi dengan audiens. Dengan bantuan design agency Jakarta misalnya, interaksi ini pun bisa terbangun dengan cepat.
Menyusun Content Marketing
Konten sebagai sarana pemasaran perlu disusun secara menarik, relevan, dan memiliki nilai. Tujuannya, memberikan pengetahuan dasar mengenai sebuah merek pada sasaran konsumen tertentu. Isinya berupa informasi yang menekankan citra dan pesan dari bisnis perusahaan.
Untuk memulai content marketing langkah pertamanya adalah membuat strategi yang jelas. Cerita harus disusun secara terpadu untuk menggambarkan brand secara rinci. Salah satu saluran yang bisa digunakan untuk content marketing ini adalah blog dan website bisnis.
Blog bisa menjadi tempat pertama yang dikunjungi audiens yang tertarik mempelajari bidang yang terkait perusahaan. Untuk menarik audiens, penulisan Blog juga bisa melibatkan ahli dalam bidang penulisan. Cara lainnya, yakni dengan membuat konten tutorial dan forum questions and answers (Q&A).
[nextpage title=” “]
Memproduksi Konten Video Marketing
Creative agency Jakarta seringkali menggunakan video marketing sebagai salah satu cara untuk mencapai calon pembeli secara lebih luas. Perusahaan juga bisa menggunakan fitur siaran langsung (live) di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Youtube.
Kedua, video bisa berupa iklan yang biasa muncul di kanal media sosial seperti Youtube. Produksi video harus dibuat secara menarik, eye cacthcing, kasual, dan tentu saja informatif untuk menarik perhatian calon konsumen.
Namun, pastikan segmentasi audiens terlebih dahulu sebelum memproduksi sebuah video. Galilah terlebih dahulu data konsumen atau riset market tujuan. Kemudian sesuaikan bahasa dan ketertarikan calon konsumen dengan video yang akan dibuat.
Libatkan Influencer untuk Promosi
Influencer marketing menjadi strategi yang jamak dilakukan di era digital. Peran pemengaruh ini bisa dilakukan dengan mempromosikan sebuah produk melalui media sosial. Baik itu Instagram, Youtube, Facebook, Twitter, blog, dan lain-lain.
Influencer ini memiliki kriteria yakni mempunyai banyak followers di social media. Sosoknya juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka seperti blogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya.
Para influencer biasanya sangat disukai dan dipercaya oleh followers mereka sehingga apa yang mereka sampaikan dan lakukan bisa mempengaruhi followers untuk mencoba dan membeli sebuah produk.
Memberikan Sponsorship dan Merchandise
Selain mengadakan event, perusahaan juga bisa menjadi sponsor untuk sebuah event. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk menjaring target audiens dan meningkatkan brand awareness. Karenanya, pastikan perusahaan memilih event yang sesuai dengan target audiens dan memiliki prinsip yang sama dengan bisnis perusahaan.
Terakhir, perusahaan juga bisa membagikan merchandise dengan nama perusahaan dan detail kontak kepada konsumen. Hal ini juga dilakukan sebagai tanda terima kasih bagi para konsumen. Bentuknya bisa berupa pulpen, power bank, jam dinding, gelas atau mug, dan lain-lain.
Orang-orang pun biasanya merasa senang jika mereka menerima merchandise yang unik dan personal. Pilih barang yang berhubungan dengan bisnis perusahaan namun bisa dipakai dalam keseharian konsumen.
Kini perusahaan tak perlu repot melakukan berbagai cara tersebut untuk mencapai target brand awareness. Dengan bantuan creative agency atau agensi kreatif di Indonesia, promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara yang out of the box.
Jika anda membutuhkan jasa tersebut, maka kami IDEOWORKS adalah partner yang tepat. Sebagai digital agency Jakarta, kami siap memberikan pelayanan utama terkait proses kreatif ataupun strategis untuk membantu perusahaan Anda mencapai hasil yang membanggakan.***