Perkembangannya yang semakin pesat menjadikan media sosial tempat ideal untuk melakukan berbagai kampanye marketing. Basis pengguna yang sangat besar, disertai demografi penggunanya yang beragam, membuat media sosial bisa dimanfaatkan oleh bisnis jenis apa pun; termasuk bisnis milik Anda.
Namun, mengingat para pesaing Anda juga melakukan hal sama, Anda pun perlu strategi social media marketing (SMM) yang tidak main-main. Sayangnya, tidak semua brand mampu melakukan hal tersebut sendiri. Diperlukan sumber daya profesional untuk mengelola kampanye SMM secara optimal. Oleh karena itu, biasanya jasa integrated media agency dipilih sebagai solusi yang lebih praktis.
Dengan pengalaman dan sumber daya yang mumpuni, integrated media agency seperti IDEOWORKS dapat memenuhi berbagai kebutuhan SMM Anda dengan maksimal. Penasaran bagaimana strategi SMM yang biasa dilakukan oleh integrated media agency marketing? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Apa itu integrated media agency?
Sebelum membahas lebih jauh soal SMM, sudahkah Anda tahu apa itu integrated media agency? Integrated media agency adalah sebuah agensi yang mampu menyediakan berbagai kebutuhan konten untuk channel marketing. Umumnya, terdapat beberapa kombinasi kebutuhan, tergantung tujuan dan medianya.
Misalnya, untuk melakukan social media marketing, Anda memerlukan seorang desainer konten dan copywriter. Lalu, jika Anda ingin melakukan SEO marketing, maka diperlukan content writer dan SEO specialist, dan masih banyak lagi. Nah, jasa integrated media agency seperti IDEOWORKS akan menyediakan semuanya dalam satu atap dan satu tempat. Kampanye marketing Anda pun jadi lebih menyeluruh dan maksimal.
Bisakah integrated media agency menangani SMM?
Tentu saja! Sebuah integrated media agency mempunyai sumber daya manusia, alat, kemampuan, dan juga pengalaman yang mumpuni untuk mengelola SMM secara optimal.
Anda bisa lebih hemat waktu sekaligus biaya karena tidak memerlukan banyak percobaan untuk mendapatkan racikan strategi yang tepat dalam melakukan kampanye marketing di media sosial. Penasaran apa saja strategi yang biasa digunakan integrated media agency untuk mengoptimalkan social media marketing? Baca poin di bawah ini!
Tips menerapkan strategi SMM
Jika Anda masih ragu untuk menggunakan jasa integrated media digital agency atau ingin mencoba menggarap social media marketing sendiri, silakan ikuti beberapa tips di bawah ini agar hasilnya lebih maksimal.
-
Sesuaikan dengan selera audiens
Karena memiliki demografi pengguna yang sangat beragam, untuk membuat social media marketing Anda lebih optimal, maka konten yang dibuat harus sesuai dengan selera target audiens. Jika konten yang ditampilkan sesuai dengan selera audiens, maka tidak sulit untuk menarik perhatian mereka kepada brand yang Anda miliki.
-
Ciptakan persona brand
Meski harus menyesuaikan diri dengan selera audiens, jangan biarkan brand Anda tampil biasa-biasa saja seperti pengguna media sosial lainnya. Sebelum menggarap SMM dengan serius, ciptakan dulu persona brand Anda.
Ciptakan karakter, gaya bahasa, gaya visual, dan lain sebagainya yang bisa mencirikan bahwa brand Anda memang unik. Dengan begitu, brand sekaligus produk-produk yang Anda jual akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh audiens.
-
Konsisten dengan brand image
Nah, setelah persona brand Anda terbangun dengan baik, maka sekarang adalah saat untuk mempertahankannya. Perlu ditekankan bahwa persona brand yang Anda bangun di awal sebisa mungkin harus dipertahankan agar audiens tidak kebingungan. Perubahan brand image di tengah jalan bisa membuat audiens bertanya-tanya dan tidak lagi tertarik dengan brand Anda.
-
Lakukan riset kompetitor
Salah satu kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari SMM adalah kemampuannya untuk “mengintip” kompetitor secara organik. Dengan berkunjung ke media sosial kompetitor, Anda bisa langsung mempelajari bagaimana karakter brand kompetitor, gaya bahasa, gaya visual, dan lain sebagainya dengan sangat mudah. Riset kompetitor penting untuk dilakukan sehingga Anda tahu bagaimana minat pasar yang Anda garap tersebut.
-
Buat konten yang menarik
Setiap hari, ada jutaan konten yang diunggah di media sosial. Apa artinya postingan milik brand Anda jika terlihat sama atau biasa-biasa saja? Karenanya, untuk menarik perhatian audiens, ciptakan konten yang original, profesional, dan menarik. Selain bisa mendatangkan engagement besar, konten yang menarik juga akan membangun kepercayaan dan memperkuat citra brand Anda di benak para audiens.
-
Susun jadwal posting yang teratur
Supaya audiens bisa terus tertarik dengan konten-konten yang Anda miliki, rutinlah posting konten menarik setiap hari. Supaya tidak terputus, jangan langsung unggah semua ide konten Anda dalam satu hari. Buatlah jadwal posting yang teratur atau Anda juga bisa membuat jadwal untuk setiap kategori postingan.
-
Jangan lupa melakukan evaluasi
Baik menggunakan tools tambahan maupun melakukannya secara alami, biasanya setiap media sosial memberikan insight terkait postingan kepada para penggunanya. Melalui insight tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi apa saja yang bisa ditingkatkan untuk menghasilkan performa SMM yang lebih maksimal.
Nah, itu dia strategi SMM yang bisa Anda sontek dari integrated media agency. Mengingat ada banyak elemen yang harus diperhatikan, tentunya butuh banyak waktu, tenaga, dan sumber daya untuk mengeksekusi SMM secara optimal. Karenanya, Anda bisa mengandalkan professional integrated media agency Jakarta yang berpengalaman seperti IDEOWORKS.
IDEOWORKS telah membantu ribuan klien menangani kebutuhan marketing mereka, termasuk marketing di media sosial. Langsung saja klik di sini untuk terhubung dengan tim IDEOWORKS!