Salah satu strategi marketing yang saat ini diterapkan oleh hampir seluruh perusahaan adalah digital marketing. Ini adalah strategi pemasaran secara online yang dinilai efektif untuk menyasar berbagai target market dengan lebih tepat sasaran.
Untuk menjalankan digital marketing, Anda bisa mempercayakannya pada berbagai jasa digital marketing atau digital marketing agency. Namun, sebelum itu, mari kenalan dulu dengan digital marketing dan apa saja strategi yang efektif untuk bisnis Anda.
Mengenal apa itu digital marketing
Digital marketing merupakan kegiatan promosi produk atau jasa secara digital dengan memanfaatkan berbagai jenis media digital dan jaringan internet, misalnya media sosial, website, dan lain sebagainya.
Pernah melihat foto dengan tulisan “Sponsored” di Instagram? Atau melihat banner iklan ketika membuka website tertentu? Itu adalah sebagian dari bentuk digital marketing. Laporan strata pada Juli 2022 menunjukkan bahwa pengguna internet di dunia sudah mencapai, 5.03 miliar pengguna. Ini menunjukkan banyaknya orang yang bisa mengakses internet. Dengan pengguna internet sebanyak itu, tak heran jika banyak perusahaan memanfaatkan digital marketing untuk memanfaatkan produk atau jasanya.
Peran digital marketing agency bagi bisnis
Menjalankan digital marketing tidak harus dilakukan sendiri, tetapi juga bisa menggunakan jasa digital marketing. Menggunakan digital marketing agency memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan para profesional di bidang digital marketing, sehingga Anda akan diberikan berbagai strategi yang paling efektif untuk bisnis Anda. Strategi yang disusun oleh agency tentunya akan disesuaikan dengan model bisnis dan target audiens Anda. Dengan begitu, penerapannya pun akan lebih efektif dan tepat sasaran.
Selain memberikan rencana strategi pemasaran, digital marketing agency juga berperan dalam mengelola media digital yang dimiliki perusahaan. Misalnya, jika perusahaan Anda memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk, maka tim digital marketing agency yang bekerja sama dengan Anda akan mengelola media sosial tersebut dan memastikan setiap konten berjalan dengan baik.
Anda akan mengetahui bagaimana efektivitas strategi yang dijalankan melalui laporan bulanan yang diberikan oleh digital marketing agency. Biasanya, laporan tersebut berisi engagement, traffic situs atau media sosial, hasil penjualan, dan segala kegiatan yang berkaitan dengan pemasaran digital. Ini merupakan upaya digital marketing agency untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan ketika Anda memutuskan untuk bekerja sama.
5 Strategi digital marketing yang efektif untuk bisnis
Ada beberapa strategi digital marketing yang sering dilakukan oleh digital marketing agency. Biasanya, agensi akan menyesuaikan strategi-strategi ini dengan kebutuhan dan target perusahaan agar penerapannya bisa dilakukan secara efektif.
1. Content marketing
Seperti namanya, content marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai jenis konten. Digital marketing agency akan merencanakan, membuat, dan mengunggah konten tersebut di media sosial perusahaan. Umumnya, jenis konten yang di-posting adalah konten yang “membujuk” audiens agar membeli atau menggunakan produk tertentu. Konten juga bisa bertujuan untuk meningkatkan hubungan perusahaan dengan konsumennya.
2. Email marketing
Email juga sering kali digunakan sebagai media promosi oleh digital marketing agency dan merupakan teknik promosi di mana perusahaan mengirimkan email kepada pelanggan atau subscriber. Agar pelanggan mau membuka email, penting sekali untuk menyusun email yang menarik sehingga pelanggan terpancing untuk membukanya dan mengeklik promosi dalam email tersebut.
3. Cloud marketing
Masih asing dengan istilah cloud marketing? Ini adalah teknik pemasaran secara digital yang disesuaikan atau dipersonalisasi sesuai dengan target pasar dan terintegrasi untuk meningkatkan pengalaman pembeli. Menerapkan cloud marketing berarti membawa seluruh aset perusahaan dan sumber daya ke dalam dunia online untuk memaksimalkan integrasi.
Salah satu contoh cloud marketing adalah mengintegrasikan digital marketing dengan tools e-Commerce. Ini adalah cara efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan berbelanja di toko online.
4. Augmented reality marketing
Fokus dari strategi digital marketing satu ini adalah menarik pelanggan dengan memberikan pengalaman unik menggunakan teknologi augmented reality. Teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk melihat elemen tertentu dengan kamera.
Contohnya, sebuah brand kosmetik menggunakan teknologi augmented reality pada aplikasinya untuk memastikan pelanggan bisa melihat produk kosmetik yang cocok untuk wajahnya. Dengan begitu, pelanggan bisa mencoba produk incarannya secara virtual sebelum memutuskan untuk membeli.
5. Call-to-action marketing
Strategi satu ini selalu dilakukan oleh digital marketing agency ketika mengunggah sebuah konten. Call-to-Action (CTA) marketing merupakan teknik pemasaran yang menggunakan pernyataan yang sengaja dirancang untuk mengajak atau memancing respon stertentu dari target pasar. Pernyataan tersebut bisa bermacam-macam, misalnya “Tonton video ini!” untuk memancing target pasar menonton video tertentu, atau “Kunjungi website untuk mendapat informasi selengkapnya!” untuk mengajak target pasar membuka website tertentu.
Itu dia penjelasan mengenai digital marketing, peran penting digital marketing agency untuk bisnis, serta strategi yang efektif untuk dijalankan. Jika Anda berminat menggunakan jasa digital marketing, jangan ragu untuk bekerja sama dengan IDEOWORKS, penyedia jasa digital marketing profesional dengan layanan lengkap. IDEOWORKS siap melayani berbagai kebutuhan bisnis dan memberikan layanan yang tepat untuk Anda. Klik di sini untuk terhubung dengan IDEOWORKS!