Cara Bikin Campaign Viral ala Creative Agency Indonesia

Cara Bikin Campaign Viral ala Creative Agency Indonesia

Creative agency Indonesia pada umumnya menjadi sebuah jasa dan layanan bisnis dalam menerapkan sebuah branding campaign atau iklan yang viral. Tapi, tahukah Anda bila kesuksesan sebuah campaign tidak dapat terjadi secara dadakan? Ada sebuah strategi dari layanan creative agency Indonesia secara proporsional dan terarah. Biasanya konten campaign viral tersebut dinamakan viral marketing. Viral marketing merupakan strategi yang telah menjadi kebiasaan creative digital marketing agency Indonesia mengembangkan teknologi sebagai perantara utama memviralkan sebuah campaign.

Menurut Hubspot, marketing campaign dilakukan ketika ada sesuatu tujuan spesifik yang ingin dicapai pebisnis. Beberapa contoh campaign viral adalah mengenalkan produk baru, meningkatkan brand image, dan mendapatkan feedback dari audiens.

Sedangkan, dalam sebuah campaign bisnis digital yang viral itu bagaikan memancing ikan di lautan. Ibarat bisnis, campaign atau umpan harus dibuat dengan menarik, menggiurkan agar dapat menarik perhatian. Campaign yang bikin penasaran, mampu menciptakan peluang besar untuk rasa ketertarikan secara masif. Tentu ketika berbicara hasil juga berbeda dengan umpan yang biasa Anda lakukan secara otodidak, butuh waktu, tenaga dan uang pastinya. Audiens atau publik akan menangkap reaksi positif dari campaign marketing yang menggugah selera atau perasaan. Itulah yang bisa dilakukan oleh jasa creative agency Indonesia dengan strategi jitu memfasilitasi campaign viral bisnis Anda.

Kenapa Campaign bisa Viral?

Dengan penyebaran yang mudah dan cepat, campaign layanan creative agency Indonesia sering menjadi medium utama melakukan strategi ini. Adapun penilaian terhadap strategi campaign viral itu bisa dalam hitungan detik, lho. Ini buktinya.

Dimana Google memberi kesempatan kepada audiens untuk melewati tayangan iklan video campaign setelah 5 detik. Setelah itu keputusan ada pada penonton atau pengunjung untuk melanjutkan atau melewati iklan tersebut. Jadi, sebuah campaign viral bisa dijalankan oleh creative digital marketing agency Indonesia hanya dibekali waktu sesingkat itu. Selain Google, ada juga platform social media seperti Instagram—memiliki durasi waktu lebih fleksibel kepada audiens untuk menonton atau melewati iklan lebih cepat. Hal inilah yang patut Anda sadari pentingnya membuat campaign marketing viral. Karena pada dasarnya, membuat kesan pertama audiens ditentukan pada bagian awal dari campaign itu sendiri!

Dari sini pentingya jasa creative agency Indonesia menciptakan cara membuat campaign viral.

Ada beberapa cara alternatif yang memungkinkan bikin campaign viral dengan keterlibatan pengguna social media digital. Diantaranya;

Menentukan Tujuan Campaign

Cara pertama dalam bikin campaign pasti untuk memiliki tujuan. Dengan menguraikan serangkaian tujuan, jasa creative agency Indonesia dapat menjangkau customer baru, meningkatkan loyalitas, hingga mengenalkan produk terbaru kepada pelanggan. Marketer dapat menentukan tujuan sesuai dengan apa yang sedang Anda butuhkan dalam meningkatkan brand awareness. Dengan menentukan tujuan campaign, bisnis Anda akan semakin membaik dalam membuat pesan dan mengukur keberhasilan campaign viral.

Memahami Tren Campaign

Kewajiban creative digital marketing agency Indonesia memahami tren campaign viral untuk mengetahui kondisi pasar secara luas. Campaign viral menjadi konsumsi masyarakat yang relate dengan kebutuhan bisnis untuk mengetahui brand image di mata publik. Sebab, publik atau audiens selalu mencari informasi baru yang terjadi di sekitar mereka dan dunia. Oleh karena itu, salah satu cara bikin campaign viral yang relevan dengan memanfaatkan tren akan mempermudah meningkatkan bisnis Anda.

Baca Juga  Masih Ragu Kerja Sama dengan Social Media Agency Indonesia? Baca Ini!

Pemikiran Out of the Box

Layanan creative agency Indonesia bisa membantu bisnis Anda memikirkan campaign out of the box. Topik satu ini masih sangat relevan di masyarakat, meski sudah banyak digunakan pebisnis besar yang membuat campaign terkait pandemi covid-19. Namun, marketer akan mencari solusi pembeda terhadap campaign brand Anda secara mendalam. Apalagi setelah melalui riset dan observasi tren branding campaign sebelumnya, marketer telah memiliki data dan fakta dilapangan yang siap untuk menjalankan campaign lebih tepat sasaran, unik dan mudah diingat audiens.

Menentukan Target Customer

Ketika menentukan target customer, marketer dan pebisnis harus melakukan segmentasi berdasarkan kategori campaign yang dibuat, yakni:

  • Demografis (termasuk jenis kelamin, usia, pendidikan, pendapatan) – Dari pengelompokkan ini Anda mengetahui apakan campaign brand sesuai dengan klasifikasi atau tidak.
  • Geografis (termasuk lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi, wilayah) – Segmentasi ini bertujuan mengetahui kebutuhan target di setiap wilayah yang berbeda-beda, kemudian dicocokkan dengan karakter brand bisnis.
  • Psikologi – Dalam segmentasi ini, marketer akan membagi target market berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian hingga lifestyle. Segmentasi psikografis ini didasarkan pada teori bahwa pilihan yang dibuat saat membeli produk adalah cerminan dari preferensi gaya hidup mereka.

Pendistribusian Channel

Setiap ingin mendistribusikan campaign marketing, jasa creative agency Indonesia dapat memaksimalkan semua akses channel platform dengan spesifikasi yang tepat. Hal ini merupakan tips dari The Balance Small Business, sebuah pertimbangan dalam target marketing campaign bisnis Anda. Distribusi channel yang biasa digunakan berupa Facebook, Instagram, TikTok, bahkan media massa.

Dalam memutuskan pendistribusian mana yang sesuai campaign, marketer akan survei media yang sering dikunjungi oleh target audiens. Selain itu, channel media tersebut memiliki traffic yang tinggi, sesuai dengan tujuan campaign viral yang Anda inginkan. Campaign yang dilakukan creative digital agency Indonesia biasanya menggunakan tren channel media digital untuk menargetkan customer secara ulang dan menyeluruh.

Bikin Acara Kreatif

Cara bikin campaign viral yang terakhir ala creative digital agency Indonesia adalah membuat event marketing khusus yang mengedepankan produk kepada audiens/peserta. Event ini bukan hanya mengenalkan produk Anda secara langsung, tetapi dapat membangun hubungan langsung dengan mereka secara eksklusif. Dimana Anda bisa berinteraksi, berdiskusi, dan meminta feedback oleh audiens ketika event berlangsung. Dari sanalah, akan tercipta kedekatan emosional mengenai kebutuhan mereka untuk mendukung marketing campaign bisnis Anda. Semakin banyak yang mendapatkan solusi atas apa yang mereka butuhkan, bukan tidak mungkin brand Anda menjaring eksposur secara masif serta viral di berbagai media.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk bikin campaign viral dari cara creative agency Indonesia? Yuk, lebih dekat untuk mempersiapkan campaign viral bareng jasa creative agency Indonesia, IDEOWORKS. IDEOWORKS dapat menjadi partner creative digital agency Indonesia untuk campaign bisnis Anda. Dengan tim profesional dalam creative campaign marketing, tentu IDEOWORKS dapat membantu Anda memanfaatkan campaign brand viral dengan strategi yang efektif. Tunggu apa lagi, hubungi IDEOWORKS sekarang!

References:

https://blog.hubspot.com/marketing/marketing-campaigns



Let’s talk about your brand

    Add comment: