Preloader
Peran Digital Creative Agency dalam Menjalankan Sebuah Campaign

Peran Digital Creative Agency dalam Menjalankan Sebuah Campaign

Setiap peran digital creative agency maupun digital creative marketing agency Jakarta memiliki peranan penting dalam menjalankan sebuah campaign. Selain memiliki tim profesional yang siap mendistribusikan digital campaign sukses, layanan digital creative agency handal dalam strategi menciptakan merek atau brand yang mengarah ke loyalitas pelanggan. Campaign digital di era modern ini lebih relevan untuk menjangkau generasi milenial dan Z. Sebelum Anda menyewa jasa digital creative agency Jakarta dalam menjalankan sebuah campaign, ketahui lebih dahulu tujuan bisnis yang ingin dicapai. Misalnya, memastikan setiap peran tim campaign marketing, seperti copywriting, social media strategist, social media specialist, marketing strategist, dan lainnya. Hal ini untuk menunjang peran campaign Anda selaras dengan tujuan bisnis agar tidak ada hambatan yang berarti.

Salah satu contoh campaign mendunia milik Apple dan Tesla. Dimana keduanya mampu menciptakan campaign produk terbaru dengan inovasi kreatif sesuai kebutuhan penggunanya. Terkait penciptaan campaign produk ini, peran digital creative agency pun dapat melakukan inovasi pada produk atau brand yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Tujuan mereka akan menemukan produk atau brand menjadi solusi yang dihadapi customer, hingga masuk ke tahap otomatisasi. Tahap campaign ini bertujuan membuat pembeli melakukan repeat order terhadap produk Anda.

Bagaimana Marketer menjalankan Digital Campaign?

Layanan digital creative agency memiliki tujuan dan cara yang restruktur dalam menjalankan digital campaign bisnis Anda. Meskipun setiap bisnis memiliki strategi digital campaign yang berbeda, tetapi pada dasarnya, semua bentuk digital campaign memiliki dasar yang sama. Ada berbagai penawaran jasa digital creative agency untuk keperluan campaign dengan strategi yang out of the box. Beberapa spesialis layanan digital creative agency menyediakan, seperti:

  • Selalu melakukan riset dan analisis
  • Memiliki layanan strategi, mulai dari strategi advertising, strategi branding, strategi konten kreatif marketing, hingg social media campaign.
  • Layanan content creation, yakni dalam pembuatan konten, penulisan blog dan artikel, copywriting, perencanaan dan penerbitan konten, visualisasi data, hingga create ebook. Selain itu tersedia video tutorial, infografis, video animasi, desain visual, fotografi, hingga pengembangan web.
  • Layanan komunikasi, seperti media buying dan media planning, kerja sama dalam pembuatan konten bersponsor, marketing influencer, content planning, dan lain-lain.

Sedangkan dalam menjalankan layanan digital creative agency melalui brand campaign, membuat pelanggan lebih tertarik membeli produk menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan kepada Anda mengenai jasa digital creative agency Jakarta menjalankan sebuah campaign yang dapat membuahkan hasil untuk meningkatkan bisnis yang Anda jalankan.

Menentukan Tujuan Campaign

Campaign diawali dengan merancang strategi digital campaign oleh tim marketer dan Anda sebagai pebisnis. Secara umum, pastinya Anda ingin memiliki bisnis digital campaign untuk meningkatkan brand awareness. Tetapi, di sini Anda harus lebih spesifik dalam menetapkan tujuan dari pelaksanaan digital campaign. Apabila tujuan terlalu general atau umum, maka hal itu juga berimbas pada hasil analisa pasar yang tidak stabil dan sulit menentukan tolak ukur.

Tujuan layanan digital creative agency memberikan pemahaman untuk perkembangan bisnis Anda lebih spesifik dan terukur. Mereka akan menjalankan sebuah tujuan berdasarkan keinginan bisnis dengan pengukuran data yang jelas. Marketer juga telah membuat serangkaian tujuan dengan rumus SMART Goal yang efektif, sebagai berikut;

  • Specific: Mencapai tujuan yang dapat dijelaskan secara spesifik dan terperinci
  • Measurable: Mencapai tujuan yang dapat diukur dengan validasi data
  • Achievable: Mencapai tujuan yang dapat direalisasikan
  • Relevant: Mencapai tujuan dengan visi dan misi bisnis
  • Time-Bound: Mencapai tujuan dengan memiliki batas waktu agar dapat melakukan evaluasi

Riset dan Analisa target Audiens

Peran marketer setelah menentukan tujuan mengeksekusi campaign branding dapat melakukan riset dan analisis. Anda akan berdiskusi dengan tim untuk menentukan segmentasi pasar mulai dari segmentasi demografi, psikologi, hingga geografi. Dalam menentukan target pasar dengan ketiga segmentasi tersebut biasa disebut sebagai identifikasi persona buyer. Mungkin bagi Anda sulit melakukan identifikasi persona buyer ketika menyusun dan melaksanakan kegiatan campaign. Tetapi dengan tim marketer yang tepat dapat melakukannya dengan tepat.

Dengan mengidentifikasi persona buyer, brand bisnis akan dengan mudah dalam sebuah campaign atau strategi marketing dengan menyasar target yang tepat sasaran. Sebaliknya, ketika bisnis hanya melakukan marketing strategy kepada target pasar general, akan memakan banyak waktu, tenaga, dan uang dengan sia-sia.

Memilih Platform Digital yang Sesuai

Setelah melakukan riset, marketer akan memulai menjalankan campaign promotion bisnis melalui internet. Dalam memilih platform digital tentunya dapat disesuaikan dengan produk atau jasa yang ditawarkan setiap target market bisnis. Beberapa platform digital yang populer digunakan oleh para marketer dunia saat ini untuk menjalankan campaign adalah Facebook, Instagram, YouTube, Website, LinkedIn, hingga TikTok. Sedangkan untuk pemilihan platform digital bisnis Anda harus disesuaikan dengan melakukan klasifikasi target pasar menjadi 2, yaitu B2B (Business-to-Business) dan B2C (Business-to-Customer).

Kedua klasifikasi tersebut dapat mempengaruhi platform digital yang tepat untuk menjalankan campaign bisnis. Karena setiap platform memiliki user dengan karakteristik yang berbeda-beda. Peran marketer inilah yang dapat memilah dan memposisikan platform mana yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Memastikan Strategi Digital Campaign yang Tepat

Kemudian di fase ini, marketer mulai menyusun strategi menjalankan campaign. Strategi yang dirancang pastinya secara proporsional dan efektif agar campaign yang dijalankan dapat membuahkan hasil. Dalam memastikan strategi campaign, marketer memerlukan seluruh data yang telah diperoleh dari analisis dan riset sebelumnya, target market, hingga platform digital yang telah dipilih untuk menjalankan campaign.

Memaksimalkan Ads untuk Jangkauan lebih luas

Selanjutnya, marketer bisa memaksimalkan ads untuk menjangkau audiens lebih luas. Peran digital creative marketing ini tentunya dapat memaksimalkan ads dalam platform yang telah dipilih sebelumnya. Memanfaatkan fitur ads tentu dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Meski banyak pebisnis masih berpikir bahwa ads tidak begitu penting. Namun, dalam menjalankan campaign, ads sangat membantu meningkatkan brand awareness agar audiens di luar target pasar Anda dapat ikut terjangkau.

Memanfaatkan Analysis Tools Campaign

Setelah mengaktifkan strategi campaign hingga memaksimalkan ads, tools analysis dapat digunakan digital creative marketing agency untuk menganalisa performa digital campaign. Dengan memanfaatkan analytic tools tersebut, Anda dapat mengukur seberapa masif audiens yang tertarik melihat konten campaign bisnis. Selain itu, melalui analytic tools, Anda dapat melihat apa saja interaksi yang mereka lakukan terhadap campaign bisnis di berbagai platform digital. Terakhir, keuntungan menggunakan analytic tools adalah memudahkan dalam melakukan evaluasi campaign.

Demikin peran digital creative agency dalam menjalankan campaign bisnis yang dapat Anda pertimbangkan untuk memaksimalkan target market. Konsultasikan segera campaign bisnis Anda dengan ahlinya, yaitu IDEOWORKS. Sebagai digital creative agency Jakarta, IDEOWORKS siap menjadi partner campaign bisnis Anda. IDEOWORKS akan membantu Anda merumuskan berbagai ide kreatif demi menjalankan branding campaign creative. Pendekatan strategis profesional tim IDEOWORKS dapat membantu campaign Anda mencapai tujuan dengan langkah kesuksesan mendekati 100%.

Let’s talk about your brand