Articles

26 Juni 2020

Cara Temukan Hashtag yang Work untuk Bisnis di Sosial Media

Ada berbagai unsur penting penunjang suksesnya konten di sosial media, dan salah satunya karena hashtag (tagar). Tagar adalah kata atau frasa yang muncul setelah tanda pagar atau tanda pound (#) dan digunakan pada platform media sosial untuk mengelompokkan pesan yang terkait dengan topik yang sama.

Jika merunut ke belakang, hashtag ini dimulai di Twitter, tetapi kemudian banyak platform sosial lainnya mengikuti. Situs media sosial yang saat ini menggunakan hashtag sangat luas: Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest, YouTube, dan Tumblr.

“Hashtag adalah cara sederhana untuk meningkatkan traffic Anda dan target spesifik online komunitas,” tulis Hootsuite (platform pengelola dan penjadwalan untuk sosial media).

Menemukan Hashtag Terbaik

Untuk menemukan hashtag yang khusus untuk brand Anda, industri Anda, dan audiens Anda, Anda harus melakukan sedikit riset.

1. Pantau influencer dan pesaing

Mulailah dengan melakukan analisis kompetitif di media sosial. Kumpulkan informasi tentang pesaing Anda dan influencer yang relevan dalam niche brand Anda.

Catat hashtag mana yang paling sering mereka gunakan dan berapa banyak hashtag yang mereka gunakan di masing-masing posting. Ini akan membantu Anda mempelajari bagaimana pesaing Anda terlibat dengan audiens target bersama Anda dan kata kunci mana yang cenderung mereka gunakan.

2. Gunakan Hashtag Tools

Beruntung sekali, ada alat di luar sana yang bisa membantu merampingkan pencarian hashtag dengan mengumpulkan data penggunaan, berbagi metrik popularitas dan memberi Anda kesempatan untuk mengeksplorasi arti dari tagar tertentu. Coba tools hashtag berikut ini:

- Hashtags.org: Alat analisis hashtag yang memungkinkan Anda mencari hashtag, menjelajahi hashtag yang sedang tren dan populer, serta menemukan definisi untuk opsi populer.

- Hashtagify.me: Mesin pencarian hashtag yang menganalisis efektivitas sehingga Anda dapat menemukan hashtag terbaik untuk menjangkau audiens Anda.

What the Trend: Alat untuk mengeksplorasi apa yang sedang tren di Twitter dan mengapa tren.

3. Analisis hashtag mana yang berhasil pada posting sebelumnya

Lacak hashtag mana yang telah Anda gunakan pada posting sebelumnya. Analisis posting mana yang paling populer, lalu lihat apakah ada tren dengan hashtag yang Anda gunakan. Jika Anda melihat beberapa postingan terpopuler Anda selalu mengandung beberapa hashtag yang sama, pastikan untuk memasukkannya di postingan Anda ke depan.

4. Ketahui dan gunakan hashtag mana yang sedang tren

Mungkin Anda pernah mendengar orang berbicara tentang apa yang "sedang tren". Terkadang, ini mengacu pada hashtag yang saat ini populer atau yang paling banyak dibicarakan saat ini. Seringkali, hashtag berpusat pada topik berita utama dunia. Saat Anda melihat tren yang terkait dengan bisnis Anda, cobalah terlibat di dalamnya dengan menggunakan tag.

Dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dalam pembaruan konten, Anda dapat membuat pesan Anda dilihat oleh audiens yang jauh lebih besar. Semakin banyak orang dapat melihat pembaruan Anda, bukan hanya penggemar dan pengikut Anda saja. Selain itu, tagar tren adalah cara terbaik untuk meningkatkan visibilitas merek.

Hashtag untuk beberapa saluran pemasaran sosial media

Hashtag memberikan lebih banyak paparan pada brand Anda sehingga Anda dapat menyebarkan berita tentang produk Anda ke khalayak luas. Selain itu, ketika Anda menggunakannya berkali-kali di saluran yang berbeda, orang akan dengan mudah mengingat tagar Anda.

Twitter

Menurut data dari Buddy Media, Tweet dengan hashtag mendapat keterlibatan dua kali lebih banyak daripada Tweet tanpa hashtag. Dan yang diperlukan hanyalah satu atau dua hashtag yang sederhana.

Penelitian Buddy Media juga menunjukkan bahwa volume hashtag mengandung pemantauan: satu atau dua hashtag tampaknya adalah maksimum. Saat Anda menggunakan lebih dari dua tagar, keterlibatan Anda turun rata-rata 17 persen

Tips:

- Jika Anda membuat hashtag baru, lakukan riset terlebih dahulu. Pastikan itu belum digunakan.

Facebook

Facebook menerima adanya hashtag, tetapi itu dapat membuat konten Facebook Anda terlihat terang-terangan seperti promosi. Anda bisa gunakan 2 tagar di Facebook, satu tagar populer dan satu tagar khusus untuk merek Anda.

Tips:

- Karena begitu banyak profil pengguna bersifat pribadi di Facebook, ingatlah bahwa lebih sulit bagi merek untuk melacak bagaimana pengguna berinteraksi dengan hashtag yang Anda buat.

- Pantau hashtag merek Anda dan lihat profil publik mana yang bergabung dalam percakapan dengan menggunakan URL facebook.com/hashtag/_____. Sertakan kata kunci yang ingin dicari di bagian akhir.

Instagram

Instagram memungkinkan hingga 30 hashtag, namun interaksi paling tinggi pada posting Instagram dengan 11 hashtag. Jangan memusingkan jumlah hashtag Instagram Anda.

Tips:

- Pertimbangkan memposting hashtag Anda di kolom komentar pertama posting sehingga pengikut dapat fokus pada keterangan besar yang Anda tulis.

- Dengan akun Bisnis Instagram, Anda dapat mengakses Instagram Insights. Kemudian Anda dapat melihat berapa banyak tayangan yang diperoleh profil Anda dari hashtag.

Youtube

Anda bisa gunakan dua atau tiga hashtag untuk hasil yang optimal. Ingatlah jangan gunakan lebih dari 15 hashtag. YouTube akan mengabaikan semua hashtag, dan mungkin bahkan menandai konten Anda sebagai perilaku spam.

Tips:

- Hashtag memiliki hyperlink dalam judul dan deskripsi, sehingga pengikut dapat menemukan konten lain dengan hashtag yang sama dengan mengklik salah satu.

- Jika Anda tidak memasukkan hashtag dalam judul, tiga hashtag pertama dalam deskripsi akan ditampilkan di atas judul video Anda.

LinkedIn

Tidak ada batasan penggunaan hashtag. Tetapi disarankan untuk membatasi maksimum 5. Jika tidak, algoritma LinkedIn dapat menandai posting Anda sebagai spam.

Tips:

- LinkedIn adalah platform profesional. Tetap menggunakan hashtag yang profesional juga.

- Ikuti hashtag di LinkedIn untuk melihat postingan terbaru yang menyertakan hashtag itu.

Pinterest

Jejaring sosial ini tidak secara aktif mendorong hashtag, meskipun beberapa ahli percaya mereka dapat membantu konten Anda meningkat dalam hasil pencarian. Gunakan hemat paling tidak 2 hashtag.

Tips:

- Pikirkan Pinterest sebagai mesin pencari. Gunakan tagar yang dapat dicari, spesifik dan yang mengandung kata kunci yang relevan. Jangan gunakan lebih dari 20 tagar dalam deskripsi Pin.

Penggunaan hashtag salah satu pendukung yang membantu postingan promosi bisnis Anda di sosial media bisa menghasilkan. Agar posting promosi menjadi lebih efektif, dan biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat, Advertising agency IDEOWORKS bisa membantu digital marketing bisnis Anda agar bisa mencapai target yang diinginkan.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150