Preloader
homepage-6-slide-2

Digital Marketing Skills yang Wajib Brand Anda Kuasai

Tidak sembarang tim marketing, bisa membuat strategi pemasaran yang baik, bahkan sampai berhasil memasarkan produk. Mereka wajib untuk menguasai digital marketing skills, demi bisa mengembangkan brand bisnis Anda. Digital marketing skill bisa didapatkan dari pengalaman, jam terbang, seminar, hingga course berbayar. Pasalnya, beberapa keterampilan dari digital marketing skills ini, juga bisa datang dari jiwa-jiwa kreatif seseorang, dan juga dari teori yang bersifat teknis. Terlebih, saat ini ada banyak strategi dan media digital marketing skills yang harus dipahami, dan bagaimana cara menyesuaikannya dengan brand produk yang ingin dipasarkan. Seorang digital marketer juga tidak hanya memiliki tugas untuk meningkatkan nilai penjualan, tapi juga harus memiliki tugas untuk branding, hubungan pelanggan, promosi, dan lainnya. 

Nah, jika perusahaan Anda sedang ingin memulai untuk melakukan strategi pemasaran, maka kami menyarankan untuk menyerahkan tugas tersebut ke tim yang memiliki keterampilan digital marketing.Digital marketing skills juga wajib dimiliki oleh tim branding and digital marketing agency. Pasalnya, tugas mereka memang hanya fokus untuk membantu mengembangkan brand produk sebuah perusahaan. Terlebih, branding and digital marketing agency juga menggunakan berbagai strategi, untuk membantu klien mereka. Salah satunya dengan digital marketing agency ads, atau iklan. Sehingga menghasilkan traffic yang bisa lebih baik ketimbang traffic dari insight organik. Tidak hanya hardskill, tim digital marketing juga harus memiliki soft skill yang mumpuni, untuk bisa mengelola kegiatan pemasaran. Kira-kira hard skill dan soft skill apa yang digital marketer wajib miliki secara umum?  

5 Digital Marketing Skill Yang Wajib Dikuasai

1.Copywriting 

Skill digital marketing pertama yang penting saat ini adalah kemampuan copywriting. Dilansir dari laman linkedin, pasalnya seorang digital marketer harus mampu menarik perhatian dan minat khalayak, menggunakan pilihan kata-kata yang ‘relate’ dengan kehidupan target audiens melalui skill copywriting.Di balik kata-kata ‘emas’ yang singkat, padat dan jelas, terdapat juga konten atau isu yang tepat dan berkualitas. Tentunya, skill ini tidak mudah untuk dilakukan oleh semua orang, karena dalam setiap tindakannya harus melibatkan banyak hal dan tentunya harus terampil. Copywriting bisa digunakan di berbagai channel digital marketing, seperti iklan di media sosial, email, blog, skrip video dan lainnya. Semakin persuasif kata-kata, maka semakin tinggi tingkat ketertarikan audiens untuk membaca.

2. SEO (Search Engine Optimization) atau Optimasi Mesin Pencari 

Saat ini, SEO mungkin menjadi salah satu skill digital marketing, yang masih awam. Namun, skill SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari ini, sangat berpengaruh besar bagi proses pemasaran digital. Hal tersebut karena, saat ini banyak orang yang melakukan pencarian informasi melalui mesin pencari seperti Google. Di sinilah strategi pemasaran menggunakan sistem SEO sangat penting untuk dipraktikkan. Dengan SEO, kita bisa mengetahui hal apa yang sedang banyak dicari. Skill digital marketing yang satu ini, menjadi salah satu skill wajib untuk menjadi seorang digital marketer profesional. 

3. Media Sosial Creative

Skill digital marketing yang selanjutnya adalah media sosial creative. Di mana sosial media termasuk dalam salah satu channel marketing yang penting saat ini. Di era digital, banyak orang yang memilih untuk mencari informasi lewat media sosial, ketimbang di media konvensional seperti di televisi.Pengguna aktif bulanan media sosial di dunia, bisa mencapai 3 miliar pengguna, dan Facebook, menjadi salah satu media sosial dengan jarang terbesar di dunia. Sehingga, Facebook menjadi channel atau platform media sosial yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, kini setiap perusahaan akan menuntut kamu sebagai digital marketer, untuk menggunakan media sosial untuk mendapatkan peluang pemasaran yang bagus. Meski bukan menjadi channel utama dalam mendapatkan goals penjualan, namun media sosial bisa menjangkau calon pelanggan yang sangat berpotensial. Yang mana cakupan target pelanggan, menyesuaikan dengan konten.

4. Rasa ingin tahu 

Skill digital marketing yang terlihat sepele adalah kemampuan beradaptasi dengan hal baru, serta rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Ada banyak hal dan komponen untuk memahami digital marketing salah satunya soft skill yang satu ini. Tidak hanya soal bisa menulis, kreatif, paham media sosial hingga SEO, tapi masih ada banyak lagi, hal lainnya yang perlu diasah. Namun, tidak semua orang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan memilih untuk stuck di satu komponen saja. Pasalnya, ketika kamu sebagai seorang karyawan memiliki keinginan belajar yang lebih banyak, maka kamu bisa lebih memahami banyak hal lagi tentang aspek pemasaran digital. Contohnya seperti advertising, analitik, research, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan banyak hal secara bersamaan, dan hal tersebut bisa membuat kamu lebih baik, dalam melakukan peran apapun, di posisi digital marketing. 

5. Ulet dan Kreatif  

Skill digital marketing yang masuk ke dalam soft skill yang tak kalah penting dan banyak yang membutuhkan adalah keuletan dan kreativitas. Pasalnya, ulet dan kreatif hanya ada pada orang-orang tertentu, yang bisa melihat sesuatu dari nilai dan rasa.Selain itu, digital marketing juga mengacu pada target dan pencapaian yang sudah ditetapkan, sehingga tiap prosesnya akan selalu ada strategi baru. Nah, untuk kamu yang tidak mudah menyerah dan selalu memiliki pemikiran yang fresh alias kreatif, sangat cocok untuk menjadi digital marketing. Setiap harinya, kamu bisa mengajukan banyak ide, meski beberapa diantara sering ditolak. Perlunya kemampuan analisa, sehingga kamu harus untuk mencari hal-hal baru yang bisa membuat sebuah konten pemasaran menjadi menarik. 

Bergabung Bersama IDEOWORKS untuk Tingkatkan Brand Anda

Bagaimana? Perusahaan Anda sudah memiliki tim digital marketing yang punya deretan skill atau keahlian di atas? Untuk tujuan mengembangkan brand, rajin saja tidak cukup. Jika Anda sudah memiliki produk atau sedang ingin mengembangkan produk, namun terhalang dengan keahlian tim yang kurang mumpuni, maka bisa bergabung bersama IDEOWORKS sebagai agensi digital marketing terbaik di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar brand Anda bisa lebih dikenal. Pasalnya, IDEOWORKS bisa menjadi salah satu bisnis digital advertising sekaligus creative agency yang memiliki banyak layanan pemasaran dan periklanan. Jangan khawatir tim IDEOWORKS tidak bisa melakukan apa-apa, karena segala digital marketing skill sudah dimiliki dan akan memberikan layanan berupa strategi digital marketing skill yang lebih profesional dan berpengalaman. Dengan begitu, mereka bisa mengembangkan brand atau produk Anda, sekaligus meningkatkan penjualan. 

IDEOWORKS juga memiliki top digital marketing services khusus, untuk menjalankan proses pemasaran dan periklanan, yakni mulai dari Communicate (menyampaikan pesan), Amplify (memperkuat branding), Socialize (mensosialisasikan produk (promosi)), Analyze (menganalisa). Agar kegiatan pemasaran dan promosi bisa sesuai dengan visi dan misi perusahaan Anda, maka Anda bisa serahkan semua ke agensi digital marketing IDEOWORKS, sebagai agensi digital marketing terbaik di Jakarta. Dengan top digital marketing services yang dimiliki IDEOWORKS Anda bisa memilih sendiri, layanan mana yang dibutuhkan. Bahkan, Anda bisa atur sendiri jenis layanan sesuai anggaran perusahaan Anda, agar lebih efisien.

Let’s talk about your brand