Memanfaatkan digital marketing yang sedang hangat diperbincangkan oleh pebisnis tentu ada kaitannya dengan penggunaan social media management tools. Dalam penggunaan akun sosial media memang selalu mengalami pembaharuan, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi pebisnis maupun pengguna. Namun, sangat disayangkan pada era digitalisasi ini pemanfaatan social media management masih belum banyak digunakan. Padahal, dalam strategi marketing social media agency sudah banyak menggunakan dan memberi keuntungan mencapai goals.
Dalam aktivitasnya, manfaat social media dalam bisnis yang tepat adalah mengetahui cara social media management tools bekerja. Inilah yang diterapkan oleh social media agency. Karena dengan memanfaatkan social media tools dalam digital marketing dapat menjangkau area-area tertentu yang belum tentu dapat dicapai oleh strategi lain. Sehingga kini menjadi fenomena untuk pebisnis terlihat paling terkenal dalam social media handling sekalipun. So, cari tau social media management tools di artikel ini.
Memahami social media tools untuk bisnis
Social media management merupakan penerapan software, social media tools, dan layanan untuk mempermudah pengerjaan konten pada akun social media milik pebisnis (brand). Manfaat penerapan social management biasanya dibuat semenarik mungkin (terstruktur), sehingga dapat mempresentasikan produk bisnis Anda dari yang belum tau, mengetahui, kemudian membelinya. Hal ini sama dengan menarik engagement dari konten social media.
Sedangkan, social media engagement adalah tolak ukur mengenai bagaimana audiens atau calon customer dapat berinteraksi dengan akun dan social media Anda. Istilah ini dapat mencakup berbagai tindakan di semua platform sosial seperti like, comment, DM, reply, share, save, click, dan retweet.
Social media engagement atau keterlibatan biasanya cara paling jenius untuk mengukur konten yang Anda buat dapat menjangkau pelanggan Anda. Biasanya, audiens akan berinteraksi atau melakukan keterlibatan dengan sebuah konten bila mereka merasa relate secara emosional.
Balik lagi ke penggunaan social media management tools untuk mendapatkan engagement biasanya diakses secara berbayar, serta layanan manajemen oleh ahlinya seperti social media agency. Sebelum memaksimalkan social media management tools, biasanya marketer atau pebisnis mempunyai akun media sosial pada platform yang berbeda-beda seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, hingga Youtube. Barulah untuk mempermudah pengelolaan akun tersebut, bisa memanfaatkan social media management tools di bawah ini.
Hootsuite – Memudahkan Jadwal Posting dan Analisa Traffic
Sebagai social media tools, HootSuite merupakan platform paling populer di dunia. Pasti Anda juga pernah menggunakan atau mengenal HootSuite. Manfaat HootSuite dalam maintenance platform social media bisa menjadwalkan setiap postingan, membalas pesan, dan mengetahui serta menganalisa traffic social media. HootSuite memiliki peran penting sebagai alat yang membantu Anda mengelola seluruh akun social media bisnis.
Buffer – Mengelola Jadwal Posting Konten
Berbeda dengan HootSuite, social media tools Buffer memiliki manfaat yang mudah dalam menjadwalkan konten di media social bisnis Anda. Bahkan, dalam mengelola Buffer, Anda bisa lakukan sampai satu Minggu kedepan tanpa takut postingan terlewatkan. Tools ini sangat cocok untuk Anda yang tak memiliki banyak waktu untuk terus menerus melakukan update konten.
Tweepi – Mengelola Akun Twitter Bisnis
Layanan Tweepi sangat berguna untuk mengelola akun media sosial Twitter untuk bisnis Anda. Manfaat Tweepi bisa meningkatkan jumlah follower dan mengelola follower tersebut dengan mudah. Selain itu kelebihan Tweepi pada Twitter adalah melakukan otomatisasi follow back atau unfollow.
SocialOomph – Melacak Keywords Konten
Social media management tools satu ini bisa meningkatkan performa media sosial bisnis Anda. Beberapa manfaat paling super dari Socialoomph adalah melacak kata kunci (keywords), auto follow, dan berbagai layanan lainnya.
Social Bro – Menyajikan Data dan Analisa Komprehensif
Layanan web yang menyajikan data dan analisa komprehensif dari Social Bro gak perlu diragukan lagi. Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan, pendapatan atau menganalisa promosi dari berbagai ide di akun Twitter. Manfaat lain Social Bro, dapat menjadwalkan kampanye marketing secara mudah yang melibatkan followers yang relevan dengan bisnis Anda.
Crowdbooster – Memudahkan Kampanye Bisnis Efektif
Salah satu platform analisis social media management yang dapat membantu bisnis Anda dalam melihat tingkat efektivitas kampanye bisnis di social media melalui berbagai dasbor yang intuitif. Dalam penggunaan Crowdbooster, biasanya marketer telah menyiapkan kampanye digital marketing via Social Bro. Selain itu, manfaat Crowdbooster dapat merekomendasikan cara menjangkau audiens, dan meningkatkan kinerja media social dengan fitur penjadwalan dan otomatis konten.
BuzzSumo – Analisa Data Tren Bisnis
BuzzSumo merupakan social media multifungsi yang memiliki tampilan dasbor analisis konten dengan data terkait topik bisnis yang sedang tren di social media. Manfaat BuzzSumo, dapat melakukan analisis data dari rentang waktu tertentu, mulai dari 12 jam sebelumnya hingga beberapa bulan sebelumnya. Sehingga, Anda bisa melihat topik apa saja yang relevan dengan produk untuk meningkatkan daya tarik bisnis Anda.
Nah, itulah social media management tools yang bisa Anda gunakan dalam bisnis agar dapat meningkatkan traffic penjualan. Setelah mengetahui, memilah dan memahami, sebagai marketer bisnis tentu dapat mengetahui manfaat social media management tools dengan maksimal untuk bisnis, seperti;
Meningkatkan Penjualan
Saat mempelajari social management tools di atas, Anda sekaligus belajar mengenai pengaruhnya terhadap digital marketing. Hal ini berkaitan dengan analisa, penjadwalan, hingga kampanye yang Anda lakukan bisa menyesuaikan kebutuhan audiens melalui tools tersebut. Sehingga menarik minat konsumen untuk membeli produk Anda.
Berbagi Informasi secara detail dan transparan
Selain menjadi alat untuk pengelolaan bisnis, peran social media management tools dapat menjadi sarana berbagi informasi dan berita secara detail dan transparan. Semisal, Anda sedang kampanye promosi barang tertentu kepada pelanggan atau mengadakan kuis berhadiah di berbagai platform social media. Bukan hanya traffic, tetapi social media engagement adalah hal tepat untuk ini.
Meningkatkan Brand Awareness
Dengan kemampuan skrining tools yang Anda terapkan, bikin konten berkualitas secara berkala dengan jadwal yang tepat, bukan tidak mungkin produk mencuri perhatian. Sebagai dampak yang dihasilkan, meningkatkan brand awareness customer terhadap brand atau produk Anda. Ketika sudah meningkatkan brand awareness, customer lebih banyak melihat, berbelanja, hingga menjadi berlangganan akan terwujud.
Membuat Brand Terkenal
Manfaat selanjutnya dalam menerapkan social media management tools dapat membuat brand atau produk terkenal luas. Karena dalam konteks-nya, peran digital marketing memiliki target pasar secara luas untuk mengenalkan brand Anda. Apalagi bila Anda mengelola social media management bersama social media agency yang ahli, sangat paten membuat bisnis Anda meroket.
Memaksimalkan Brand Personality
Selain untuk promosi produk, pembuatan dan pengelolaan bisnis, social media management tools juga bermanfaat untuk memaksimalkan jati diri (brand personality) bisnis Anda. Inilah mengapa Anda perlu sedikit memahami social media management tools ketika memulai bisnis, agar dapat menunjukkan brand personality kepada khalayak secara konsisten.
Saat ini Ideoworks.id memiliki tim social media strategist yang dapat membantu bisnis Anda dalam pengelolaan social media management tools mencapai kesempurnaan. Ideoworks.id sangat direkomendasikan sebagai social media agency Jakarta yang dapat menyusun strategi berdasarkan riset dan analisis, sehingga mendorong produk Anda semakin populer.
Reference :
https://marketingonline.id/social-media-management-software/