Preloader
8 - standard-quality-control-collage-concept

Kebangkitan Value-driven Consumers dan Bagaimana Memenangkan Hati Mereka

Resesi ekonomi yang mulai melanda negeri ini tak ayal mengakibatkan perubahan drastis pada berbagai sektor. Salah satunya adalah perubahan dari segi purchasing behavior, yang pastinya dapat memberikan dampak signifikan terhadap bisnis. Salah satunya adalah kebangkitan dari value-driven consumers atau pembeli yang menitikberatkan keputusan pembelian dengan mempertimbangkan nilai atau value.

Nilai yang dimaksud tentunya tidak hanya sebatas nominal harga, melainkan lebih fokus pada kualitas, inovasi, pengalaman penggunaan, dan lain-lain. Untuk menarik value-driven consumers, seringkali satu jenis strategi pemasaran saja tidak cukup. Lalu, bagaimana strategi yang tepat? Cari tahu di dalam ulasan artikel berikut ini.

Komunikasikan Nilai dari Produk yang Anda Tawarkan 

Salah satu karakteristik umum yang dimiliki value-driven customers adalah mereka tidak hanya terpaku pada apa yang dijanjikan oleh brand pada produk yang ditawarkan. Consumer ini justru sangat gigih dalam mencari informasi mengenai produk yang jelas dan relevan, serta memiliki perhatian khusus terhadap nilai yang dijunjung tinggi oleh brand. Agar membuat produk Anda nampak lebih menonjol dan menarik di mata jenis consumer ini, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda komunikasikan: 

1. Fokus pada Manfaat Produk

Untuk menarik minat value-driven consumers, fokuslah dengan memaparkan manfaat yang bisa mereka dapatkan dari menggunakan produk Anda. Jelaskan bagaimana produk tersebut bisa menjadi solusi dari masalah yang sedang mereka hadapi, atau bagaimana ia dapat meningkatkan taraf hidup sang konsumen. Gunakan bahasa penuh empati yang menandakan bahwa Anda benar-benar paham dan peduli dengan kekhawatiran yang dirasakan oleh consumer, serta ingin meringankan perasaan tersebut dengan produk berkualitas yang ditawarkan.

2. Storytelling Kisah di Balik Berdirinya Brand

Value-driven consumers tidak hanya fokus pada manfaat yang diberikan oleh produk dari sebuah brand. Mereka juga akan lebih tertarik membeli dari brand yang membangun koneksi yang kuat dengan para pelanggannya. Salah satu cara membangun koneksi tersebut adalah dengan membagikan narasi menarik mengenai kisah di balik berdirinya brand Anda. Sampaikan pula visi-misi yang membawa brand tersebut bisa sampai di titik sejauh ini. Persamaan visi dan misi brand yang beresonansi dengan nilai yang dimiliki konsumen dapat menjadi poin lebih yang menambah value di mata mereka. 

Menarget Segmen Pelanggan yang Sesuai

Walaupun value-based consumers mengedepankan value yang dimiliki dari sebuah produk atau brand, masing-masing tentunya memiliki prioritas nilai yang berbeda. Di sinilah membangun segmentasi konsumen dapat membantu Anda menjangkau target consumer yang selaras dengan nilai yang brand tawarkan. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset mendalam untuk mengidentifikasi nilai yang dicari oleh konsumen. Misalnya, apakah mereka mengedepankan nilai keberlanjutan, inovasi, atau pengalaman pengguna yang tidak didapatkan pada brand lainnya. 

Selanjutnya, terapkan strategi pemasaran personalisasi yang menawarkan nilai yang dicari oleh masing-masing segmen. Rekomendasi produk atau layanan yang Anda tawarkan haruslah relevan dengan hal yang mereka cari atau butuhkan. Strategi pemasaran ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa Anda benar-benar peduil dengan kebutuhan dari calon konsumen. 

Jangan lupa untuk membuka ruang bagi calon konsumen agar dapat berinteraksi dengan brand Anda. Salah satunya adalah dengan mendirikan forum dimana konsumen bisa saling berinteraksi dan membentuk komunitas demi memperkuat brand loyalty.

Tawarkan Pengalaman Bernilai yang Diperoleh dari Produk Anda

Value-based consumers tentunya tidak hanya fokus pada manfaat yang diberikan dari produk yang brand Anda tawarkan. Kualitas dan ketahanan produk, serta kualitas pelayanan dari Customer Service juga akan memberikan efek yang sangat besar pada penilaian mereka. Anda juga bisa memberikan pengalaman belanja yang tak terlupakan dan sangat bernilai dengan memberikan kemudahan, mulai dari fleksibilitas metode pembayaran, pengiriman produk yang cepat dan aman, hingga layanan after-sales yang memuaskan. 

Tunjukkan Bukti atau Validasi Kualitas Produk

Value-based consumers juga memilih brand berdasarkan rasa kepercayaan atau trust. Untuk memenangkan hati mereka, sudah tentu brand wajib menunjukkan bahwa produk atau layanan yang mereka tawarkan benar-benar berkualitas. Hal tersebut bisa dibuktikan melalui testimoni dari consumer yang sudah pernah membeli atau menggunakan jasa Anda. Melampirkan data terbaru dari studi kasus yang relevan atau penghargaan dan sertifikasi dari lembaga yang terpercaya juga dapat membuat produk dan brand Anda memiliki nilai lebih di mata value-brand consumers.  

Jalin Kolaborasi dengan Organisasi yang Relevan

Sebagian besar value-brand consumers juga umumnya memiliki mentalitas consciousness, yang mana mereka memiliki kepedulian lebih terhadap bagaimana suatu brand dapat memberikan dampak bagi lingkungan dan sosial. Anda bisa menunjukkan kepedulian yang sama dengan membangun kolaborasi bersama organisasi yang bergerak di bidang yang relevan dengan niche bisnis Anda. Cara lainnya adalah dengan menjadi sponsor dari kegiatan yang relevan dengan bisnis dan mempromosikan kelestarian lingkungan maupun kepedulian sosial. 

Kesimpulan

Menerapkan strategi yang tepat untuk menarik value-driven consumers memang sangat menantang. Namun, keberhasilan dalam menerapkan strategi ini bisa membuahkan hasil manis, berupa konsumen yang setia. Penggunaan platform media digital dan strategi digital marketing merupakan salah satu sarana dalam memaksimalkan strategi pemasaran yang akan Anda terapkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa bekerjasama dengan creative agency yang terpercaya. IDEOWORKS adalah digital agency Jakarta yang memiliki sepak-terjang teruji dalam hal penyusunan dan penerapan strategi pemasaran digital yang efektif. Agensi digital ini menjadi rekan bisnis yang bisa sangat diandalkan dalam pembuatan digital ads maupun penerapan strategi SEO untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran. Hubungi kontak yang tertera untuk mencari tahu lebih lanjut!

Tags

Further Reading: