Preloader
Corporate Management Strategy Solution Branding Concept

Tren Digital Marketing Tahun 2025 yang Wajib Diketahui Pemilik Brand Konsumen

Salah satu tantangan yang dihadapi pemilik brand adalah selalu update pengetahuan mengenai tren pemasaran yang efektif setiap tahun. Salah satunya adalah strategi digital marketing yang berkembang dengan sangat pesat dan dinamis. Mengetahui dan mempelajari 2025 trends dapat membantu Anda mengoptimalkan usaha pemasaran. Berikut adalah prediksi tren digital marketing di tahun 2025.

Prediksi Tren Digital Marketing 2025

Berikut ini adalah prediksi 2025 trends terkait digital marketing yang diperkirakan akan mendominasi strategi pemasaran digital di berbagai industri

1. Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML)

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning yang semakin pesat nampaknya akan membawa ranah pemasaran digital ke tahap yang lebih tinggi lagi. Bahkan, bukan tidak mungkin jika kedua teknologi modern tersebut akan membantu pemilik bisnis dalam hal segmentasi konsumen hingga pembuatan konten yang dipersonalisasi. 

Perkembangan teknologi AI yang semakin intuitif dan bahkan bisa memberikan respons interaksi yang menyerupai percakapan dengan manusia membuat pemilik bisnis dapat menggunakannya untuk melakukan tugas-tugas rutin, seperti layanan pelanggan berbasis AI atau untuk mengirimkan email marketing otomatis dan pemeliharaan prospek. Dengan demikian, tim internal Anda bisa lebih fokus dalam melakukan tugas-tugas yang bersifat strategis.

2. Fitur Voice Search dan Voice Commerce

Sejak kemunculan teknologi voice command seperti Siri pada iPhone dan Alexa milik Amazon, teknologi pencarian berdasarkan suara atau voice search diperkirakan akan semakin booming di tahun 2025 ini. Fitur pencarian melalui perintah suara dinilai banyak pihak sangat praktis dibandingkan jika mereka harus memasukkan kata kunci secara manual pada kolom pencarian. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa kelak konsumen juga bisa berbelanja dengan menggunakan perintah suara (voice commerce).

Lalu, bagaimana brand bisa memanfaatkan teknologi ini sebagai peluang? Yang pasti, pemasaran menggunakan kata kunci utama mungkin sudah kurang relevan. Karena, alih-alih memasukkan kata kunci singkat seperti “tempat ngopi terbaik di Jakarta”, calon konsumen akan menggunakan kata kunci suara yang lebih detail, seperti “dimana tempat ngopi terbaik terdekat dari lokasiku?”. Dengan kata lain, fokuslah pada penggunaan kata kunci turunan atau longtail keyword dengan penggunaan bahasa sealami mungkin. 

3. Kebangkitan Fitur Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) pada awalnya memang diperuntukkan untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif untuk penikmat game. Namun, teknologi futuristik ini nampaknya juga akan mulai merambah ke dunia retail. Beberapa major brand seperti IKEA dan Sephora sudah mulai mengimplementasikan teknologi AR untuk memberikan pengalaman belanja yang baru dan lebih menyenangkan. 

Apakah Anda tertarik untuk mengikuti jejak kedua brand tersebut dengan mengimplementasikan teknologi AR dan VR? Hal yang perlu dilakukan adalah memilih investasi platform AR atau VR yang relevan dengan bisnis Anda. Semakin cepat Anda mengimplementasikan teknologi ini, maka peluang engagement dari konsumen pun akan semakin besar, dan membuat brand Anda tampil beda dibandingkan brand kompetitor lainnya.

4. Tren Konten Video 

Terlepas dari derasnya perkembangan teknologi, pemasaran digital menggunakan konten video nampaknya akan tetap menduduki peringkat teratas. Audience masa kini memang lebih menggemari konten video singkat yang bisa dinikmati di sela-sela aktivitas. Brand bisa memanfaatkan tren ini dengan menciptakan video untuk menarik engagement melalui video pendek atau livestreaming

Fitur-fitur interaktif seperti kolom chat untuk sesi tanya jawab juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan engagement penonton video Anda. Jangan lupa untuk memantau dan menganalisis data metrik untuk mengetahui konten seperti apa yang paling digemari oleh konsumen.

5. Terapkan Pendekatan Personalisasi

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan strategi digital marketing adalah konsumen cenderung menggemari content marketing yang dipersonalisasi dan mampu menjawab kebutuhan mereka. Diperkirakan di tahun 2025 ini, brand dapat semakin mengembangkan pemasaran dengan sentuhan personalisasi ini ke taraf yang lebih tinggi dan memungkinkan munculnya konten-konten rekomendasi yang sudah dihiperpersonalisasi. 

Penggunaan platform yang menawarkan konten-konten dinamis seperti Hubspot bisa menjadi pilihan bagi brand yang hendak menyambut tren pemasaran digital ini. Pada platform tersebut Anda bisa membuat konten pemasaran yang mencerminkan preferensi pengunjung situs serta mengirimkan pesan yang relevan dan mengena bagi masing-masing audiens. 

Selain itu, buatlah konten yang mampu mengakomodasi berbagai tahap langkah pengunjung, mulai dari tahap ketertarikan terhadap produk yang pada akhirnya menuntun mereka untuk membeli produ tersebut. 

6. Social Commerce & Shoppable Content

Perkembangan penggunaan social media yang semakin intens tidak hanya membuatnya sebagai platform untuk saling terhubung dengan teman-teman atau keluarga jauh. Beberapa platform media sosial seperti Facebook, Threads dan Tiktok juga lambat-laun mengembangkan fitur yang memudahkan aktivitas jual-beli. Sehingga, konsumen bisa membeli produk yang mereka inginkan atau butuhkan di dalam satu platform yang sama dengan proses yang seamless. Lalu, bagaimana brand Anda sebaiknya memanfaatkan tren satu ini?

Untuk memaksimalkan tren social commerce, langkah pertama yang perlu brand lakukan adalah membuat shoppable content yang mampu menarik perhatian audiens. Buatlah konten se-engaging mungkin yang membuat audiens sasaran Anda tertarik untuk mengunjungi atau membagikan konten tersebut. 

Gunakan platform social media seperti Facebook, Tiktok, atau Instagram untuk memberikan kemudahan aksi pembelian, yang nantinya akan membuat conversion rate meningkat. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer atau memanfaatkan fitur konten yang dibuat user lain (user-generated content).

Kesimpulan

Memeluk kemajuan marketing technology dan tahu cara tepat menggunakannya demi meningkatkan keberhasilan target pemasaran adalah skill yang wajib dimiliki setiap pemilik brand. Pengetahuan mengenai tren digital marketing terbaru dapat membantu memudahkan Anda dalam bernavigasi dan menemukan strategi tepat untuk kebutuhan pemasaran.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran digital Anda, bekerjasamalah dengan IDEOWORKS. Digital agency Jakarta ini memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni dalam menyusun berbagai strategi pemasaran yang efektif dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing brand. Tak hanya itu, Anda bahkan juga bisa menggunakan layanan pembuatan digital ads untuk platform Google dan Facebook untuk meningkatkan performa strategi pemasaran digital. Yuk, hubungi IDEOWORKS sekarang juga.

Tags

Further Reading: