Pernah melihat iklan-iklan unik di berbagai media? Nah, pihak yang bekerja di balik iklan tersebut adalah creative campaign agency. Mereka bertugas membuat promosi untuk sebuah brand di berbagai media, yang disebut juga dengan istilah media mix.
Media mix kerap menjadi salah satu strategi utama di balik perencanaan dan eksekusi creative campaign oleh banyak agency. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang media mix dan keterkaitannya dengan creative campaign, mari baca artikel ini sampai habis!
Sebelumnya, apa itu creative campaign?
Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya creative campaign. Secara sederhana, creative campaign merupakan sebuah kampanye yang memanfaatkan media kreatif untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu, biasanya untuk membeli produk.
Selain untuk meningkatkan penjualan, strategi marketing ini juga biasa digunakan untuk membuat sebuah brand dikenal oleh para calon pelanggannya. Ada beberapa jenis kampanye kreatif yang lazim dilakukan oleh sebuah brand, umumnya seperti berikut ini.
- Kampanye iklan — berbagai iklan menarik yang sering Anda lihat merupakan salah satu bentuk kampanye kreatif dari sebuah brand.
- Kampanye media sosial — bentuk postingan yang dilakukan tidak selalu mengandung unsur promosi. Brand bisa juga melakukan promosi secara organik menggunakan postingan yang kreatif dan menarik.
- Kampanye event — brand bisa melakukan event-event tertentu untuk mengajak para konsumen atau masyarakat umum agar lebih mengenal produk milik mereka dan membelinya.
Lalu, apa itu creative campaign agency?
Nah, sebelumnya kita sudah sempat menyinggung peran dari sebuah creative campaign agency. Sekarang, kita akan membahasnya secara lebih mendalam. Ketika membuat suatu kampanye kreatif, tentu diperlukan orang-orang yang kreatif dan ahli dalam mempromosikan sebuah produk. Namun, tidak semua brand memiliki sumber daya yang mumpuni untuk melakukannya.
Jangan salah, sebuah creative campaign bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu, diperlukan pihak yang bisa meng-handle ini dengan baik. Nah, creative campaign agency adalah jawabannya.
Beberapa agensi marketing yang berpengalaman seperti IDEOWORKS, misalnya, sudah teruji keahliannya di lapangan dalam mempromosikan sebuah brand dengan cara yang kreatif. Menggunakan jasa creative marketing agency seperti ini jauh lebih efektif dibanding harus melakukan percobaan strategi yang memakan waktu dan biaya tinggi tanpa kesuksesan yang jelas.
Mengenal strategi media mix dari creative campaign agency
Dalam menjalankan creative campaign, salah satu strategi yang kerap dilakukan oleh agency adalah media mix. Secara sederhana, media mix bisa didefinisikan sebagai penggunaan berbagai saluran untuk mencapai tujuan pemasaran suatu brand.
Alih-alih berfokus pada satu tempat saja seperti media sosial, YouTube, atau mesin pencari, strategi marketing media mix akan melakukan semuanya. Cara seperti ini sangat ampuh untuk mencapai tujuan marketing sekaligus meningkatkan pendapatan sebuah brand.
Tujuan strategi media mix
Selain untuk meningkatkan penjualan, strategi media mix juga bisa Anda gunakan untuk mencapai beberapa tujuan lain seperti berikut ini:
- Meningkatkan awareness suatu produk atau merek;
- Mengoptimalkan seluruh saluran penjualan dalam waktu yang singkat;
- Mendapatkan wawasan mendalam terkait tren pemasaran di masa mendatang;
- Menekan biaya marketing;
- Mendapatkan wawasan untuk membuat budgeting yang lebih sesuai.
Tujuan-tujuan di atas tentu tidak bisa didapat dengan cara yang sembarangan. Diperlukan creative campaign agency yang berpengalaman seperti IDEOWORKS untuk bisa mencapai semua tujuannya.
Contoh penerapan media mix
Salah satu brand yang paling kencang dalam menerapkan strategi media mix adalah Tokopedia. Siapa yang tak kenal dengan e-commerce berwarna hijau ini? Di banyak tempat, kita bisa menemukan logo atau promosi milik Tokopedia. Mulai dari billboard, media sosial, blog, mesin pencari, dan lain sebagainya sudah digarap dengan baik oleh Tokopedia.
Hasil yang didapat bukan hanya brand menjadi dikenal masyarakat luas. Menurut data iPrice, Tokopedia pada kuartal pertama 2022 berhasil menjadi e-commerce paling populer dengan 157,2 juta kunjungan.
Melihat kesuksesan yang mampu diberikan oleh strategi media mix, sudah saatnya brand Anda pun menerapkan strategi serupa. Tak perlu repot melakukannya sendiri, Anda bisa menyerahkan kebutuhan ini kepada promotional marketing agency Jakarta yang berpengalaman dan tepercaya seperti IDEOWORKS.
Dengan pengalaman hampir satu dekade di dunia marketing, IDEOWORKS sebagai promotional digital marketing agency memiliki portofolio dan pengalaman yang mumpuni untuk membantu Anda dalam menerapkan strategi marketing media mix. Sudah ada 3000 klien yang mempercayakan strategi promosinya kepada IDW, termasuk Tokopedia yang telah disebutkan di atas.
Tertarik untuk menerapkan strategi media mix pada brand Anda? Hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga!