Bagi pelaku bisnis maupun perusahaan creative digital marketing sama-sama bertujuan dalam menciptakan pemasaran produk yang memiliki tujuan akhir yaitu konsumen. Yap, sebuah produk yang dalam pendistribusian-nya sampai kepada target market yang sesuai akan menghasilkan kesuksesan sebuah produk. Namun, kesuksesan yang bisa didapat tak semerta-merta mudah begitu saja. Dalam kata lain, mengenalkan sebuah produk tentu harus memiliki manajemen pemasaran yang jelas dan konsisten. Dengan kata lain pentingnya peran digital marketing consultant.
Saat ini banyak pengertian digital marketing menurut para ahli yang menyatakan bahwa pemasaran produk telah melahirkan cara jitu dari waktu ke waktu. Tetapi, penulis hanya akan membahas peluang baru di era modern abad 20 yang kemudian melahirkan creative digital marketing melalui perkembangan digital marketing consultant Jakarta.
Nah, biar lebih jelas ketika mendalami istilah digital marketing yang sudah banyak digunakan oleh sebagian besar pelaku usaha. Kini kami kasih info terkini seputar pengertian digital marketing menurut para ahli sejak era digital awal 2000-an.
Menurut Coviello, Milley, dan Marcolin (2001)
Digital marketing sebagai penghubung antar pebisnis dan konsumen
Cakupan atas pengertian berlandaskan teori dari ketiga ahli ini cukup spesifik. Bahwa ketiga-nya menyebut digital marketing merupakan penggunaan internet dan teknologi interaktif lain untuk menciptakan dan menghubungkan komunikasi antara perusahaan dan konsumen spesifik, yaitu membuat dan menghubungkan dialog antara perusahaan dan konsumen yang telah teridentifikasi. Sehingga dapat secara langsung menghubungkan konsumen dan perusahaan berbagi informasi dan berkomunikasi.
Serupa tapi tak sama,
American Marketing Association
Digital marketing sebagai aktivitas yang difasilitasi oleh teknologi
Istilah dari Coviello, Milley, dan Marcolin (2001) tentang pengertian digital marketing hampir menyerupai pendapat American Marketing Association. Asosiasi marketing dari Negeri Paman Sam ini turut memberikan tanggapan soal digital marketing sebagai aktivitas, institusi, dan proses yang difasilitasi oleh teknologi digital untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberi nilai kepada konsumen dan pemangku kepentingan lainnya.
Penulis menyimpulkan kedua pengertian digital marketing menurut para ahli di atas menunjukkan keseriusan peran digital marketing terhadap hubungan kedua pihak antara calon konsumen dengan perusahaan. Keberhasilan mereka dalam menjalin komunikasi tentu saja menjadi kegiatan jual beli produk yang bakal sukses dipasaran.
Urban (2004)
Digital marketing sebagai kegiatan pemasaran menggunakan internet dan teknologi
Ahli pertama yang turut memberikan tanggapan mengenai arti dari digital marketing, yakni Urban (2004). Ia menjelaskan bahwa digital marketing menjadi kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi untuk meningkatkan fungsi yang mulai ditinggalkan seperti pemasaran tradisional. Penjelasan ini pun pernah populer dan dikutip oleh naskah-naskah akademis dari berbagai penjuru negeri yang terbit setelahnya.
Dari pengertian Urban (2004), penulis melihat ada penyebutan bahwa metode pemasaran tradisional kurang optimal bila diterapkan di era modern seperti sekarang ini. Benar sekali, istilah marketing saat ini memang sangat membutuhkan teknologi digital yang lebih maksimal dengan tools maupun strategi pemasarannya. Sudah jelas bila metode tradisional belum memiliki teknik ini. Jadi, jangan pernah menggunakan metode tradisional bila bisnis Anda sedang bersaing.
Sebelum lanjut ke pengertian para ahli berikutnya, penulis ingin mengklasifikasi perbedaan yang dikutip oleh Urban (2004) sejauh ini.
Traditional Marketing | Digital Marketing |
Komunikasi satu arah. Dimana dalam prakteknya mempromosikan produk atau jasa menggunakan iklan saja. | Komunikasi dua arah. Selain pebisnis dapat mengiklankan produk secara masif, konsumen juga dapat memberikan saran maupun kritik secara langsung mengenai produk yang ditawarkan. |
Media yang pernah dan masih digunakan biasanya telepon, surat pos, koran, maupun email. | Sedangkan media yang digunakan hampir menggunakan semua media online menggunakan teknik digital marketing seo specialist untuk mendapatkan interaksi tertinggi dari berbagai pengguna media sosial, website, maupun email. |
Proses pelaksanaan strategi tradisional biasanya hanya melakukan persiapan diskusi, desain yang digunakan, kemudian perilisan. | Sedangkan dari strategi digital masa kini biasanya menggunakan kampanye digital marketing seo specialist, mulai dari pra produksi, promosi hingga maintenance media promosi. |
Kleindl dan Burrow (2005)
Digital marketing sebagai metode interaksi dua pihak
Setelah disampaikan secara general oleh Urban (2004) antara tradisional marketing dan digital marketing, Kleindl dan Burrow (2005) turut menyampaikan pendapatnya mengenai digital marketing. Menurut kedua ahli ini, istilah yang ada dalam digital marketing mengarah kepada perencanaan, pelaksanaan ide, kemudian konsep, promosi, harga sampai distribusi, itu bisa dikatakan sebagai metode interaksi dua pihak.
Penulis mencerna dari pendapat mereka bahwasanya maksud dari pemikiran luar biasa itu mengarah kepada brand atau perusahaan Anda dengan calon konsumen. Atau dengan kata lain menjaga hubungan keduanya demi keuntungan satu sama lain.
Chaffey (2009)
Digital marketing sebagai penghubung antar online ke target market
Kembali kepada pengertian dari ahli lainnya, yaitu Chaffey (2009) yang mendeskripsikan secara sederhana dengan menyebut digital marketing adalah kegiatan mencapai tujuan pemasaran dengan teknologi digital. Kemudian pada tulisan yang terbit tahun 2013, ia kembali menambahkan pengertian digital marketing untuk membantu aktivitas pemasaran guna meningkatkan pengetahuan pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan yang menghubungkan online ke target pasar, baik melalui database, website, email, bahkan digital TV.
Menurut penulis teknologi yang populer saat ini dapat menjadi acuan pengertian Chaffey terhadap media pemasaran digital, mulai dari blog, podcast, feed, story dari media sosial lainnya.
Heidrick & Struggles (2009)
Digital marketing sebagai akses baru dunia periklanan
Selain Chaffey, Heidrick & Struggles (2009) juga mengungkapkan bahwa perkembangan dari digital marketing melalui web, telepon genggam dan perangkat games, menawarkan akses baru bagi dunia advertising. Kegiatan yang dimaksud tersebut memang tidak terlalu masif dalam geliat-nya. Namun, hal tersebut memiliki pengaruh yang dahsyat terhadap hasilnya.
Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)
Digital marketing sebagai branding ke media berbasis web
Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009) menuliskan kegiatan digital marketing sebagai bagian dari branding yang menggunakan beberapa media berbasis web, misalnya email marketing, adwords, media sosial dan blog.
Penulis pun menyimpulkan bahwasanya menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009) media sosial termasuk dalam media digital marketing agency ads. Kemungkinan besar saat ini para pelaku—digital marketer menggunakan media sosial sebagai key promotion paling populer menyerap kebutuhan konsumen.
Siap Gunakan Jasa Digital Marketing Consultant Jakarta?
Buat Anda pelaku usaha di Ibu Kota Jakarta yang baru ingin menggunakan jasa digital marketing, sudah saatnya mempersiapkan layanan dari digital marketing consultant Jakarta demi mensukseskan usahanya. Di artikel ini, Anda sudah mengetahui definisi pengertian digital marketing dari para ahli sekaligus manfaatnya. Di tahap pengertian ini memang menjadi poin awal untuk menemukan banyak trik menarik lainnya untuk menjalankan digital marketing. Masih ada tahapan-tahapan besar yang wajib kamu selami lebih dalam lagi.
Cari digital marketing consultant Jakarta yang profesional dengan beragam latar belakang di dunia advertising, marketing, dan web developing. Di Ideoworks.id, kami memiliki tim yang berpengalaman di dunia communication, marketing, advertising, web developing, SEO, SEM, dan sebagainya.
Yuk, buktikan manfaat dan temukan hasilnya dari sekarang!
Reference:
https://bitlabs.id/blog/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli/
https://beadgrup.com/news/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli/