Layanan Google PPC atau kerap disingkat pay-per-click adalah salah satu bagian paling krusial di dunia digital marketing. Secara fungsi dasarnya sendiri, Google PCC adalah metode marketing yang berfokus utama pada search engine. Untuk lebih jelasnya soal layanan aplikasi Google PCC, pertama-pertama, kita mulai dulu dari
pengertiannya ya.
Oke, layanan Google PCC adalah ketika seorang marketer atau advertiser, mencoba menayangkan dan mengoptimasi iklan bisnis melalui mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing, hingga Yahoo. Karena bahasan artikel ini berfokus di layanan Google PCC, maka kita fokus di Google ya. Simpelnya, ketika orang yang berselancar di mesin pencari Google mengklik iklan dari produk atau bisnis yang diiklankan, pihak pengiklan akan membayarkan sejumlah uang kepada Google, karena di konteks ini, layanan yang dimaksud adalah Google PCC. Jadi logika simpelnya adalah, PPC merupakan sebuah metode marketing di mana kamu membayar pelanggan untuk datang ke website tempat bisnis kamu
beroperasi untuk melakukan transaksi.
Setelah paham tentang pengertiannya, kita lanjut ke cara kerja dari Google PCC ya. Yang pertama, ketika kamu sering mengetik sesuatu di Google dan menemukan tulisan bertuliskan “Ad” di hasil pencariannya, itu adalah lokasi untuk iklan yang tersedia di dalam search engine results page atau kita singkat SERP. Di SERP inilah, umumnya ada pelelangan untuk menentukan iklan dari siapa yang berhak mendapatkan tempat untuk iklan tersebut. SERP sendiri, sederhananya adalah seluruh tampilan halaman yang kamu
lihat ketika sedang mencari sesuatu di Google, misalnya. Jadi misal, kamu mencari dengan kata kunci “rumah makan paling enak di Jakarta” pada search engine, setiap halaman yang memberikan hasil pencarian itu disebut SERP.
Nah, di dalam SERP inilah, spot-spot untuk beriklan biasanya dilelangkan. Dan di sini, beberapa faktor juga jadi pertimbangan. Pertama, tentu saja faktor kualitas dari iklan tersebut. Kedua, faktor penawaran yang diberikan oleh advertiser atau pengiklan untuk mendapatkan spot iklan di SERP itu. Penawaran ini sendiri bentuknya melalui sistem lelang, di mana itu dimulai ketika ada pengguna yang melakukan pencarian di mesin pencari menggunakan kata kunci atau keyword tertentu.
Katakanlah, ada kata kunci “rumah makan paling enak di Jakarta” dan kebetulan kamu punya resto di ibu kota, kamu bisa meminta kepada advertiser untuk memberi penawaran guna mengiklankan konten promosi bisnis resto kamu agar tampil di SERP pada kata kunci terkait. Nah, salah satu platform yang kemudian digunakan untuk menjalankan metode PPC tadi adalah Google Ads atau ya disebut juga layanan Google PCC. Karena tentunya ini cukup rumit bagi awam atau pemula di dunia bisnis, jasa Google PCC sendiri sudah ada di bentuk layanan digital agency yang ada di Indonesia, salah satunya di Ideoworks.
Nah selanjutnya, kamu perlu tahu apa saja aspek penting dalam layanan aplikasi Google PCC.
Yang pertama, tentu saja keyword atau kata kunci. Ini aspek paling pokok dan paling utama. Cara kerja PPC sejatinya berfokus pada pelelangan keyword yang ditargetkan kepada audiens. Keyword sendiri ditentukan berdasarkan query atau pencarian yang dituliskan pelanggan atau audiens di mesin pencari, dalam konteks ini, berarti di Google. Jadi, seorang marketer dari digital agency yang nantinya kamu ajak kerja sama, harus benar-benar mampu menentukan keyword yang sekiranya relevan dan sesuai dengan konten yang ditawarkan oleh bisnis atau website kamu.
Aspek kedua, adalah beriklan alias ads. Iklan ini yang nantinya akan ditampilkan di SERP. Iklan ini akan dilihat oleh audiens jika kamu memenangkan lelang untuk spot iklan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Biasanya, iklan ini berupa headline atau judul teks, link URL, serta deskripsi yang menjelaskan isi dari konten website yang akan dituju audiens.
Aspek ketiga, bujet keuangan kamu. Layanan Google PCC tidak bisa berjalan optimal jika tidak ada bujetnya. Kamu harus merogoh kocek untuk menyediakan budget guna mengiklankan konten website bisnis kamu di SERP. Dan besaran bujet ini sangat bergantung sekali dengan seberapa siap kamu keluar uang untuk memenangkan lelang spot di SERP dalam marketing Google PCC.
Aspek penting terakhir adalah konversi. Ujung dari semua strategi marketing adalah konversi, bukan? Konversi ini sendiri bisa berupa audiens yang memilih berlangganan newsletter, audiens yang langsung menghubungi divisi penjualan atau tim sales, hingga audiens yang langsung bertransaksi melakukan pembelian produk atau jasa yang diiklankan di Google PCC. Meski terkesan mahal, layanan Google PCC memang relatif disukai banyak perusahaan karena mampu mendapatkan hasil yang cepat. Sebab, manfaat utama marketing PPC adalah mendatangkan traffic dan pelanggan dalam waktu sangat cepat. Sebab kamu tahu sendiri, frekuensi orang melakukan pencarian di Google tiap harinya sangat besar sehingga kemungkinan orang melakukan konversi dan usaha atau bisnis kamu mendapatkan keuntungan makin cepat pula meningkat.
Selain itu, Google PCC juga hanya perlu membayar biaya iklan per klik saja. Jelas ini lebih hemat ya secara finansial dibandingkan dengan marketing model pay-per-view. Meski per klik itu mungkin tak melulu berujung konversi ke sales, tapi setidaknya satu klik itu berperan penting meningkatkan brand awareness kepada produk atau bisnis kamu. Dan yang paling krusial, aplikasi Google PCC ini juga bikin kamu bisa lebih terfokus menentukan target pasar atau sasaran produk/bisnis kamu. Melalui layanan Google PCC, kamu bisa menargetkan banyak hal mulai dari kata kunci hingga lokasi. Jadi, iklan yang hadir di SERP nantinya bisa muncul di saat yang tepat dan kepada target pasar yang pas pula.
Meski di atas kertas terkesan rumit dan mahal karena memakai bujet, kamu tak perlu khawatir. Jasa Google PCC dari digital agency kini kian menjamur dan bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Salah satunya layanan Google PCC dari Ideoworks, sebab dengan bantuan digital agency, kamu bisa menemukan partner dan tim strategis yang bisa mengoptimalkan bisnis kamu dan mengiklankannya secara maksimal di aplikasi Google PCC.
Refrence:
https://www.datamaya.com/blog/mengenal-apa-itu-iklan-ppc-google-adwords/