Preloader
Social Media Campaign

Ketahui Kelebihan Berkolaborasi dengan Micro Influencer untuk Social Media Campaign

Di Amerika Serikat, influencer marketing diprediksi akan bernilai $15 miliar atau setara dengan lebih dari Rp 215 triliun. Ini adalah jumlah yang sangat besar. Walaupun bermitra dengan selebriti terkenal sudah bukan hal yang jarang dilihat di berbagai brand, micro influencer menawarkan trade-off yang sangat menggiurkan bagi brand yang ingin memperluas jangkauan mereka. Brand-brand besar sekarang terlihat lebih banyak menggunakan micro influencer 3x lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan macro influencer. Tak jarang juga kita melihat berbagai micro influencer yang menggunakan #ad dengan follower sebanyak 1K-20K. Itu adalah wilayah micro influencer. Jadi mengapa influencer yang memiliki jumlah follower 1.000 hingga 10.000 lebih disukai daripada macro influencer yang memiliki jutaan follower? Apa manfaatnya menggunakan micro influencer?

Kelebihan Menggunakan Micro Influencer

Tak dapat dipungkiri, IDEOWORKS.id percaya bahwa micro influencer adalah influencer teratas yang dapat dipilih oleh sebagian besar influencer campaign. Berkolaborasi dengan micro influencer memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri yang dapat menjadi pilihan tepat bagi brand yang sedang berkembang maupun brand yang sudah besar.

1. Biaya yang Lebih Murah

Ketika berbicara mengenai influencer marketing, ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan tentu datang dengan variasi harga. Beberapa influencer dapat beradaptasi dan mengubah tariff mereka tergantung dari channel, sementara yang lain akan menaikkan biaya mereka saat jumlah follower mereka meningkat. Berkolaborasi dengan micro influencer atau bahkan nano influencer dengan jumlah follower 1.000 – 10.000 seringkali lebih hemat biaya daripada bekerja dengan macro influencer dan selebriti.

2. Mudah Diajak Bekerja Sama

Karena banyak micro influencer yang berfokus pada pertumbuhan follower dan kolaborasi mereka, micro influencer bersedia untuk bekerja dengan lebih banyak brand atau produk ketika macro influencer akan lebih selektif dengan partnership mereka. Ini menjadikan mereka lebih mudah untuk diajak berdiskusi dan melakukan penyesuaian terhadap apa yang Anda inginkan, tentunya dengan pertimbangan yang sesuai.[nextpage title=” “]

3. Higher Engagement

Sebagai pemilik brand, hal terakhir yang Anda inginkan adalah memiliki follower yang hanya lewat saja. Demi menghindari hal itu, Anda dapat membuat ruang interaktif di mana orang dapat mengobrol, mengajukan pertanyaan, berkomentar, berbagi pendapat, dan banyak lagi. Micro influencer dapat membantu dalam hal ini. Ini karena secara umum, mereka memiliki social media follower yang terkoneksi dengan baik. Ada beberapa faktor mengapa micro influencer dapat menggandakan engagement rate dibandingkan dengan macro influencer. Mereka memiliki pengetahuan tentang bidang minat khusus mereka sehingga lebih sering melakukan percakapan digital. Mereka juga mengerti market dan niche mereka, dan memungkinkan mereka mengejar kolaborasi dengan brand yang dapat menarik follower. Micro Influencer juga memiliki waktu lebih banyak dibanding selebriti yang memiliki jutaan follower, dan ini berdampak pada higher engagement karena membantu memelihara komunitas dengan membalas komentar-komentar yang masuk.

4. Authentic Engagement

Salah satu aspek terpenting dalam bekerja dengan micro influencer untuk social media campaign adalah keterlibatan otentik. Berkolaborasi dengan micro influencer memungkinkan Anda untuk berekspektasi follower mereka dan influencer lain dalam komunitas tersebut untuk terlibat dalam interaksi yang meaningful sebagai tambahan dari general engagement. Ketika konten beresonansi dengan viewer, konten itu akan di-share melalui medium lain di dalam dan luar platform seperti email, blog post, dan social media platform lainya. Ini akan membantu memperluas jangkauan post serta produk dan brand Anda.

Social media campaign pada dasarnya adalah bagaimana Anda menggunakan social media platform yang digunakan oleh hampir semua orang, dan mengubahnya menjadi salah satu sumber pencarian sales dan customer untuk brand Anda. Salah satu caranya adalah menggunakan micro influencers sebagai orang-orang yang dapat menarik customer dan menghasilkan sales untuk Anda.

Nah, jika Anda merasa bingung mengenai social media campaign menggunakan micro influencer ini, atau merasa kesulitan memilih yang tepat untuk brand Anda, IDEOWORKS.id dapat membantu Anda. IDEOWORKS.id sebagai sebuah agency yang menjalankan social media campaign tentunya dapat mengakomodasi kebutuhan social media campaign Anda dan menghubungkan Anda ke micro influencer yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Jadi jangan tunggu lagi, segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand