KOL management mungkin istilah yang tidak lagi asing bagi sebagian besar orang, terutama bagi Anda yang menggeluti dunia digital marketing. KOL atau Key Opinion Leader bisa dibilang “berangkat” dari promosi mulut ke mulut atau word of mouth.
Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu alat paling ampuh dalam pemasaran. Bukan rahasia lagi bahwa konsumen lebih cenderung memercayai rekomendasi dari teman dan keluarga mereka daripada dari saluran periklanan tradisional.
Data dari Nielsen menunjukkan bahwa 92% pelanggan lebih mempercayai rekomendasi personal daripada iklan. Sementara untuk generasi milenial, sebanyak 115% orang lebih terpengaruh oleh word of mouth daripada marketing tradisional.
Lalu, apa yang terjadi ketika pelanggan Anda mulai memberi tahu keluarga dan teman mereka tentang produk Anda? Di sinilah Anda memanfaatkan kekuatan manajemen Key Opinion Leader (KOL).
Apa itu KOL Management?
Manajemen KOL merupakan sebuah pendekatan strategis yang melibatkan kegiatan identifikasi dan membangun hubungan dengan individu yang memiliki pengaruh signifikan terhadap opini dan perilaku target audiens.
Orang-orang yang dikenal sebagai KOL atau influencer biasanya adalah seorang blogger, influencer media sosial, pakar di bidang tertentu, atau bahkan selebritas. Brand umumnya bekerja sama dengan KOL untuk meningkatkan kredibilitas, jangkauan, dan pengaruh mereka untuk mempromosikan produk atau layanan dan membangun brand awareness.
Sebagai contoh, sebuah brand tas merilis produk baru. Untuk meningkatkan penjualan tas baru ini, brand bekerja sama dengan seorang influencer yang terkenal di bidang fashion. Influencer itu nantinya akan memberikan opininya mengenai tas tersebut. Opini inilah yang nantinya bisa menjadi patokan atau acuan bagi para followers-nya.
Fungsi KOL Management untuk Perusahaan Anda
Setelah memahami apa itu KOL dan KOL management, mungkin Anda mulai bertanya-tanya apa fungsinya untuk perusahaan Anda. Setidaknya ada tiga fungsi manajemen KOL yang bisa memberikan Anda banyak manfaat jika Anda mempraktikkan strategi ini dengan benar.
1. Mengenali audiens KOL
Salah satu fungsi utama manajemen KOL adalah untuk mengetahui dan mengenali siapa audiens dari key opinion leader yang brand Anda ingin gunakan.
Dengan mengetahui siapa audiensnya, Anda bisa menentukan apakah audiens KOL tersebut sesuai dengan market yang ditargetkan. Jika target audiens kedua belah pihak cocok, maka Anda bisa mengajukan kerja sama. Namun, jika tidak, ada baiknya Anda mencari lagi KOL dengan target audiens yang sesuai dengan tujuan Anda.
2. Mengetahui jumlah pengikut KOL
Fungsi lainnya adalah untuk mengetahui jumlah pengikut atau followers KOL. Meski besarnya jumlah followers tidak menjamin tingginya jumlah engagement rate yang bisa Anda peroleh, banyak atau tidaknya followers dapat memengaruhi brand awareness.
Jika tujuan Anda menggunakan KOL adalah untuk meningkatkan brand awareness, maka KOL dengan followers yang tinggi bisa meningkatkan peluang peningkatan tersebut. Dengan melakukan KOL management, Anda juga tidak hanya bisa mengetahui jumlah followers. Secara tidak langsung, Anda dapat mengidentifikasi akun kosong (ghost account) yang jadi followers di media sosial KOL.
3. Mengetahui engagement rate KOL
Elemen tak kalah penting yang perlu diperhatikan ketika me-manage KOL adalah engagement rate. Inilah fungsi manajemen KOL yang ketiga.
Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan KOL sebagai salah satu strategi marketing, Anda harus fokus pada konten yang diunggah. Maka dari itu, penting bagi setiap brand untuk mengetahui tingkat engagement pengikut KOL yang ingin diajak kerja sama. Key opinion leader yang layak untuk Anda pertimbangkan adalah mereka yang memiliki metrik engagement rate yang tinggi.
Manfaat Menggunakan KOL Management agency
Meski sudah tidak asing, mungkin masih banyak brand yang belum pernah menggunakan KOL sebagai salah satu strategi marketing. Ada pula yang tidak memiliki sumber daya dan keahlian yang cukup untuk menjalankan KOL management. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan KOL management agency.
KOL management agency, sesuai namanya, menyediakan jasa KOL management untuk berbagai perusahaan. KOL management agency memiliki keahlian dan pengalaman untuk membantu berbagai perusahaan mengidentifikasi KOL yang tepat sesuai dengan tujuan brand. Tak hanya itu, jasa KOL management juga mampu membantu brand membuat kampanye yang sesuai dengan followers KOL tersebut.
Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan KOL management agency, yaitu:
1. Meningkatkan brand awareness
Seperti yang sudah sempat dibahas pada poin sebelumnya, salah satu fungsi manajemen KOL adalah untuk mengetahui jumlah followers KOL. Semakin banyak pengikutnya, maka semakin besar pula kemungkinan brand Anda dikenal lebih banyak orang.
Jasa KOL management bisa membantu Anda mencari KOL yang sesuai untuk tujuan tersebut. Tidak hanya mencari KOL dengan angka followers yang tinggi, tetapi juga yang audiensnya sesuai dengan target market Anda.
2. Memperluas target audiens
Salah satu tujuan marketing yang paling umum adalah untuk meningkatkan jangkauan target audiens. Hal ini biasanya membutuhkan biaya yang sangat besar jika Anda masih menggunakan strategi tradisional. Namun, agensi KOL management bisa dengan mudah mengidentifikasi target demografis tertentu dan menjangkau lebih banyak prospek pelanggan.
Tentunya, hal ini membuat Anda bisa menghemat biaya marketing, tetapi tetap mendapatkan hasil yang optimal.
3. Meningkatkan kredibilitas brand
Jasa KOL management juga bisa meningkatkan kredibilitas brand Anda. Dengan melakukan manajemen KOL yang baik dan profesional, KOL akan lebih berhati-hati dalam melakukan kampanye marketing.
Sebab, bisa dibilang, mereka menjadi “wajah” dari brand yang bekerja sama dengan mereka. Sehingga sudah menjadi hal yang mendasar untuk mereka menjaga nama baik perusahaan. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kredibilitas brand Anda di mata pengikut mereka.
Tantangan dalam KOL Management
Ada banyak tantangan dalam manajemen KOL. Salah satu yang utama adalah kurangnya teknologi yang dirancang khusus untuk manajemen KOL. Tanpa platform khusus, tim terpaksa menggunakan banyak sistem yang tidak terintegrasi, sehingga berisiko mengakibatkan proses manajemen yang lambat dan mahal.
Inilah mengapa banyak perusahaan yang akhirnya memercayakan manajemen KOL pada agensi. Sebab, agensi memiliki tim profesional yang berpengalaman dalam bidang ini yang bisa menjadi bantuan besar untuk brand dalam mengelola KOL.
KOL management bisa menjadi strategi yang menguntungkan jika Anda mampu memanfaatkannya dengan efektif dan efisien. Namun, manajemen KOL bukanlah hal yang mudah. Diperlukan sumber daya dan keahlian untuk bisa menjalankan strategi ini dengan baik.
Jika bisnis Anda memiliki kebutuhan untuk menjalankan strategi KOL, konsultasikan saja dengan IDEOWORKS. Tim berpengalaman di IDEOWORKS dapat membantu Anda untuk mencapai berbagai tujuan bisnis lewat manajemen KOL yang efisien.