Preloader
Kupas Tuntas Definisi Digital Marketer Sekaligus Perannya dalam Bisnis

Kupas Tuntas Definisi Digital Marketer Sekaligus Perannya dalam Bisnis

Digital marketer adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang berkecimpung di bidang digital marketing atau pemasaran digital. Saat ini, digital marketing merupakan industri yang sedang berkembang pesat karena makin banyak bisnis yang memanfaatkan saluran online untuk menjangkau konsumen mereka. Ada banyak cara untuk memulai digital marketing dan menerapkan keterampilan Anda ke bidang yang bergerak cepat ini. Artikel kali ini akan membahas tentang digital marketer sekaligus perannya dalam bisnis.

Siapakah digital marketer itu?

Secara garis besar, jasa digital marketer adalah individu yang bertanggung jawab dalam strategi pemasaran agar dapat menghasilkan prospek sekaligus membangun kesadaran merek (brand awareness) melalui saluran digital. Adapun yang dimaksud dengan saluran digital di sini di antaranya adalah website perusahaan, media sosial, mesin pencari, email pemasaran, hingga iklan online.

Di luar itu, seorang digital marketer juga berhubungan dengan analitik terukur untuk mengidentifikasi kelemahan strategi marketing perusahaan dan menemukan cara untuk meningkatkan kinerja di seluruh saluran digital. Dalam menjalankan perannya, digital marketer dapat bertanggung jawab atas semua aspek strategi atau hanya fokus pada satu aspek saja.

Tugas seorang digital marketer

Lalu, apa saja tugas dari seorang digital marketer? Digital marketer adalah sebuah posisi dengan tanggung jawab yang luas. Maka, tak mengherankan jika kemudian muncul spesialisasi-spesialisasi khusus. Misalnya, spesialisasi SEM atau manajemen media sosial. Berikut adalah beberapa contoh tugas seorang digital marketer:

Menjalankan strategi SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan suatu strategi digital marketing yang fokus pada performa brand di mesin pencari seperti Google. Sebisa mungkin, brand yang diwakili dapat muncul di halaman teratas hasil pencarian Google. Sebab, hal tersebut akan membuat brand lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Website management

Selain menjalankan strategi SEM, fungsi digital marketer adalah bertanggung jawab dalam hal website management. Website dengan konten yang tidak menarik dan tidak menerapkan SEO kemungkinan besar akan sulit ditemukan oleh konsumen.

Oleh karenanya, seorang digital marketer memiliki kewajiban untuk mengelola website perusahaan. Website management ini mencakup beberapa aspek sekaligus, mulai dari desain, landing page, konten, copywriting, hingga navigasi audiens.

Merencanakan dan menjalankan SEO

Tugas lain dari seorang digital marketer adalah merencanakan dan menjalankan strategi SEO perusahaan. SEO sendiri merupakan sebuah langkah optimasi agar konten pemasaran yang dibuat dapat tampil di halaman teratas hasil pencarian Google. Tanpa SEO, akan sulit bagi perusahaan memperkenalkan brand kepada calon konsumen.

Merancang display advertiser

Display advertiser adalah elemen-elemen yang digunakan oleh perusahaan ketika membuat iklan digital. Bentuk yang paling umum berupa banner produk di websitewebsite besar, seperti portal berita.

Dalam menjalankan tugas ini, digital marketer biasanya menggunakan bantuan tool seperti Google Display Network yang merupakan bagian dari Google Ads. Dengan adanya display advertiser ini, konsumen bisa mengetahui keberadaan brand dan tertarik untuk membeli produknya.

Mendesain strategi sales funneling

Seorang digital marketer juga berhubungan dengan sales funneling atau saluran penjualan. Tanpa saluran penjualan yang jelas, maka perusahaan akan sulit mengonversikan awareness menjadi pembelian. Dalam konteks digital marketing, sales funneling berhubungan erat dengan strategi untuk menarik sebanyak mungkin audiens yang bisa dijadikan prospek bisnis atau leads. Makin banyak leads terkumpul, maka makin besar pula peluang terjadinya transaksi pembelian.

 Dari sini, bisa disimpulkan bahwa tugas digital marketer adalah menjalankan strategi yang berkaitan dengan pemasaran digital. Hal ini bisa mencakup website management, penerapan SEO dan SEM, hingga perancangan strategi sales funneling.  Dengan luasnya cakupan kerja digital marketer, maka tak jarang perusahaan memiliki tim digital marketer dan tidak bergantung pada satu orang saja.

Namun, jika Anda belum memiliki tim digital marketer, tidak perlu khawatir karena sebagai sebuah jasa digital marketer adalah solusi yang dapat Anda manfaatkan. Sebagai integrated digital agency, IDEOWORKS menawarkan jasa digital marketer yang menyeluruh. Anda bahkan bisa menyesuaikan dengan prioritas kebutuhan perusahaan. Kami juga telah berpengalaman dalam menangani proyek digital marketing dari brand-brand ternama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan yang tersedia di IDEOWORKS, silakan klik di sini.

 

Let’s talk about your brand