Preloader
Lengkap! 10 Tips Jualan untuk Para Online Marketers

Lengkap! 10 Tips Jualan untuk Para Online Marketers

Jika Anda ingin menjadi online marketers yang sukses dan populer di tengah masyarakat, tentu harus memiliki keunggulan produk dan mempelajari digital marketing. Hal itu dikarenakan prospek online marketers digital cukup menggiurkan untuk menggaet calon customer. Apalagi pendistribusian produk atau layanan bisnis melalui digital—yang notabene memiliki pengguna di seluruh dunia (tak terbatas). Jadi, kemungkinan besar produk dapat dikenal pun cukup tinggi mengingat intensitas pengguna social media yang kian masif. Namun, sebelum jauh melangkah menjadi pebisnis tentu wajib mempelajari cara jualan efektif khas para online marketers terbaik.

Meski peluang terbuka lebar untuk siapapun, tidak serta merta kesuksesan menghampiri secara instan. Perlu diingat, proses dan perencanaan yang matang masih menjadi senjata di industri bisnis dunia. Oleh karena itu strategi yang jitu dengan tools marketing yang cukup harus dilakukan secara merata. Belum lagi persaingan bisnis yang kian kompetitif membuat Anda harus lebih produktif dan minor kesalahan. Tapi tenang, setelah membaca artikel ini Anda akan lebih percaya diri akan berbagai tips terbaik jualan dan menjadi online marketers terbaik.

Yuk, kenali 10 tips jualan untuk para online marketers digital marketing paling lengkap di bawah ini.

Buat Copy yang Persuasif

Masalah teknis yang pertama sebagai online marketers mengira deskripsi produk atau copy branding tampak sepele, tetapi pada hakikatnya ini yang membawa produk mendapat perhatian publik. Bicara tentang teknik copy persuasif lebih tepatnya adalah copywriting. Teknik dengan kalimat unik dan menarik yang persuasif tentu mudah menjangkau sisi emosional customer. Dari situ, potensi mendapatkan customer potensial ke halaman check out untuk selesaikan transaksi.

Maksimalkan Promotion (Promo Produk)

Siapa yang tidak suka dengan promosi? Mungkin sebagian customer hanya memanfaatkan aktivitas promosi sebagai brand atau produk untuk membelinya. Faktanya, 91 persen calon customer mengunjungi retail atau produk bisnis karena sebuah promosi yang ditawarkan. Itu salah satu alasan mengapa bisnis Anda perlu menawarkan promo, sebagai cara paling ampuh untuk membuat jualan online menjadi laku. Apalagi sebagai online marketers baru dalam digital marketing, mengambil perhatian calon dengan memaksimalkan promo produk cukup tepat.

Coba Social Media Advertising

Tips online marketers digital berikutnya adalah kegiatan mengiklankan bisnis melalui social media seperti Facebook, YouTube, dan Instagram. Karena sejatinya social media dapat mendatangkan pengaruh yang signifikan terhadap pengunjung toko online Anda. Beriklan di social media atau social media advertising tak hanya meningkatkan exposure dan brand awareness, tetapi membuka kesempatan meningkatkan penjualan.

Social media advertising menyasar hingga kepada calon customer baru yang ingin tahu apa yang mereka butuhkan. Iklan produk ini akan ditampilkan menurut segmentasi pasar yang Anda buat. Dengan kata lain, social media ads menuntun customer mulai dari awareness hingga purchase. Di tahap tersebut, Anda bisa menghadirkan bisnis Anda di tiap customer journey. Dengan begitu, market share Anda akan menjangkau lebih luas.

Kemudian, social media ads juga menawarkan opsi targeting yang lebih advanced. Dimana Anda tak perlu buang-buang waktu mencari customer satu per satu seperti cara konvensional (sales door to door). Keempat opsi targeting yang tersedia dalam social media advertising , yakni Interest Targeting, Connection/Behaviour Targeting, Custom Targeting, dan Lookalike Targeting.

Manfaatkan Key Opinion Leader

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan suara terpercaya atau public figure pada sebuah bisnis. Mengapa? Karena tren bisnis online marketers digital cukup memanfaatkan key opinion leader dari jasa tersebut—dalam hal ini public figura atau selebgram untuk berbicara tentang produk Anda. Bila Anda memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo melalui mereka. Faktanya, cara jualan online marketers terbaik ini terbilang efektif. Key opinion leader marketing bisa menghasilkan 5x lebih dibandingkan paid marketing. Oleh karena itu, 70 persen pebisnis mengaku meningkatkan key opinion leader marketing secara online/digital.

Bangun Leads dengan Email Marketing (Newsletter)

Apa yang jasa online marketers digital ketahui tentang ini? Yap, mereka memiliki kemungkinan 60 – 70 persen untuk dapat menjual produk ke customer lama. Lalu, sisanya memungkinkan untuk bisnis menjual produk ke customer baru. Dengan begitu, hampir 80 persen keuntungan bisnis Anda didapat dari 20 persen customer lama. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda bisa membangun leads.

Caranya?

Dengan strategi email marketing (newsletter) untuk terjadwal mengirimkan update serta promosi melalui email kepada all customers. Untuk membuat newsletter terlihat menarik, Anda perlu menciptakan lead generation landing page—dengan kata lain proses ini digunakan untuk mengumpulkan data customer. Kemudian, tambahkan sedikit pemanis seperti promosi dan produk terbaru dengan konten eksklusif—katakanlah akses premium untuk promo dan diskon. Tanpa disadari, hal itu menjadi perhatian yang cukup menjangkau customer masif untuk segera bertindak lebih jauh.

Produktif Berjualan Online

Aktifkan semua platform digital marketing untuk berjualan online. Sebagai online marketers digital Anda dituntut untuk terus produktif di berbagai channel media marketing untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Dari social media misalnya, gerbang pertama ini lebih cepat untuk customer mengenal bisnis, mereka akan tertarik untuk lebih engage. Pernyataan itu bukan tanpa alasan. Faktanya, sebanyak 95 persen pengguna social media berkisar 18 -34 tahun mengikuti akun social media bisnis. Sementara 93 persen users menjadikan social media sebagai cara berkomunikasi dengan brand bisnis.

Ciptakan Strategi dengan Content Marketing

Selain produktif berjualan secara online, Anda juga butuh strategi content marketing yang menghasilkan konten menarik, relevan, penting, bermanfaat, dan jangka panjang. Semakin relevan dan bermanfaat, konten yang Anda buat akan semakin besar ditemukan oleh calon customer via search engine. Cara mengeksekusi strategi content marketing, Anda perlu menimbang blog dalam web toko online Anda.

Blog merupakan bisnis investasi jangka panjang. Melalui blog, Anda bisa memberikan informasi, edukasi hingga promosi dengan sisi friendly bisnis. Selain itu Anda dapat mengakuisisi hubungan dengan calon customer, mengumpulkan data, dan meningkatkan reputasi bisnis digital. Teknisnya, blog dapat menjadi tempat untuk semua informasi produk Anda, serta lebih mudah diakses oleh calon customer. Untuk itu, tentukan prinsip-prinsip SEO dalam blog. Karena salah satu istilah “Content is The King” adalah dengan memenuhi strategi SEO.

Coba memahami Google Analytics

Data merupakan hal yang penting dalam bisnis online marketers digital. Itulah mengapa Peter Sondergaard mengatakan bahwa data adalah minyak di abad 21, lalu analytics menjadi mesin pembakarnya. Untuk memahami hal ini Anda dituntut untuk mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis. Terutama soal penjualan yang berhubungan dengan upaya promosi, salah satu tools yang dapat Anda pelajari adalah Google Analytics.

Melalui Google Analytics, Anda dapat memantau performa website secara keseluruhan dan maksimal. Bukan hanya itu saja, Google Analytics juga bisa melakukan tracking data secara khusus dan efisien. Bahkan, Anda bisa mengetahui performa website kompetitor secara general dengan kata kunci populer, faktor menyebabkan user meninggalkan web, hingga mengetahui waktu yang tepat mengirimkan email.

Create Website Online Bisnis

Meski cukup rumit ketika Anda memulai create website online, ada banyak hal teknis yang perlu dilakukan sebelum bisa go online. Namun, itu terbayar lunas ketika membantu bisnis online marketers digital membangun brand. Dengan kata lain, membuat website online menjadi cara terbaik untuk meningkatkan citra jualan bisnis online Anda.

Tak cuma itu, melalui toko online, semua aspek bisnis bisa Anda kendalikan. Pertama adalah data penjualan, dengan mudah Anda mengetahui tren penjualan dari waktu ke waktu, demografi, serta model produk yang disukai customer. Kedua adalah data online calon customer. Melalui data inilah, Anda bisa memaksimalkan retargeting.

Memahami Unique Selling Points

Memiliki unique selling points (nilai jual produk) menjadi hal utama yang dapat Anda berikan kepada bisnis online. Perbedaan unique selling points dengan kelebihan produk tentu terjadi pada identitas bisnis Anda dengan kompetitor. Untuk itu, Anda perlu memahami kebutuhan customer soal produk maupun pelayanannya. Supaya lebih menarik dan tepat dalam membuat unique selling points, berikut contoh yang dimiliki produk kelas dunia:

Domino’s Pizza – Pizza gratis tidak sampai dalam 30 menit.

Starbucks – Berbagai pilihan minuman kopi berkualitas premium

TOMS Shoes – Memberikan sepasang sepatu untuk anak tidak mampu

Nah, poin-poin di atas cukup untuk Anda memahami nilai jual produk yang bakal disesuaikan oleh bisnis online Anda. Ketika belum bisa memahami secara tepat, tentu Anda tak perlu khawatir, karena jasa online marketers terbaik bisa menjadi opsi menciptakan tips jualan digital.

Yuk, lengkapi 10 cara jualan online marketers digital bersama IDEOWORKS. Sebagai jasa online marketers terbaik, IDEOWORKS siap membantu bisnis online Anda mencapai target dengan cara yang jitu. Dengan tim digital marketing terbaik, IDEOWORKS membantu bisnis Anda meningkatkan benefit bisnis online dengan strategi paling kreatif demi perkembangan brand dan bisnis online mendekati 100%.

Let’s talk about your brand